CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Bakal Seru, Tantangan Debat Fadli Zon Soal Keris Diponegoro Disambut Sejarawan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6bd727c342bb67ef1e34f7/bakal-seru-tantangan-debat-fadli-zon-soal-keris-diponegoro-disambut-sejarawan

Bakal Seru, Tantangan Debat Fadli Zon Soal Keris Diponegoro Disambut Sejarawan



Bakal Seru, Tantangan Debat Fadli Zon Soal Keris Diponegoro Disambut Sejarawan
Kompas.com

Kontroversi tentang keaslian keris Pangeran Diponegoro yang dikembalikan pemerintah Belanda kepada Indonesia pada 10 Maret 2020 kemarin masih berlanjut, bahkan kian ‘memanas’.

Hal itu terjadi setelah adanya cuitan Fadli Zon, selaku Ketua Umum Sekretariat Nasional Perkerisan Indonesia (SNKI), yang menantang ‘Debat Terbuka’ kepada sejarawan Bonnie Triyana, perihal keaslian Keris Kiai Naga Siluman tersebut.

Bakal Seru, Tantangan Debat Fadli Zon Soal Keris Diponegoro Disambut Sejarawan
Bombastis.com

Fadli Zon sebagai orang yang ahli di bidang perkerisan, meragukan keabsahan keris tersebut sebagai keris Naga Siluman milik Pangeran Diponegoro. Bahkan ia menuding hasil verifikasi tim riset yang memastikan keris tersebut milik Diponegoro tidak akurat. Karena itu, ia menantang tim tersebut untuk mengadakan debat terbuka, dan disiarkan di televisi.

"Hasil risetnya salah bro @BonnieTriyana. Kalau mau lebih jelas segera buat debat publik soal Keris Naga Siluman Diponegoro ini agar tak menyesatkan sejarah. Saya yakin itu bukan Kyai Naga Siluman Diponegoro. Tim riset harus tanggung jawab hasil riset dong, kan riset pakai uang negara," cuit Fadli Zon.

Cuitan itu tentu saja bikin ‘panas telinga’ anggota tim tersebut, sebab selain dianggap tidak akurat atau salah, juga dinilai memakai uang negara.

Maka Bonnie Triyana yang merupakan salah satu anggota tim yang ditugaskan oleh Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid ke Belanda untuk memverifikasi keris itu langsung memberikan tanggapan.

Intinya, Bonnie menerima tantangan Fadli Zone untuk debat terbuka, dan membantah telah menggunakan uang negara, sebab timnya itu dibiayai oleh pemerintah Belanda.

Bonnie mencuitkan:

"Mungkin @MuseumNasional mau menerima usulan Mpu @fadlizon utk menyelenggarakan diskusi soal keris Pangeran Diponegoro. Kabarnya dlm waktu dekat koleksi Pangeran Diponegoro kan akan dipamerkan di MNI. Sekalian aja acaranya di situ. Fadli Zon itu keliru juga, (bilang) meneliti pakai uang negara. Enggak ada. Meneliti itu dari Volkenkunde, dibiayai sama mereka."
****
Menurut Ane, andai debat ini diadakan juga, maka tujuannya adalah bukan untuk mencari siapa yang benar, menang atau hebat, melainkan semata-mata untuk meluruskan sejarah masa lalu, khususnya tentang keris Diponegoro ini. Karena itu, Bonnie sendiri mengakui urgensi debat tersebut adalah untuk kepentingan sejarah dan dokumentasi.

Dan jika debat harus disiarkan televisi, maka Ane pikir Karni Ilyas dengan Indonesia Layers Club (ILC)nya adalah media yang tepat untuk memformulasikan ajang debatnya.

Maka pihak-pihak yang diundang sebagai narasumber haruslah orang-orang yang berkompeten di bidangnya. Ane yakin acaranya bakal seru banget, jika narasumber yang dihadirkan adalah:


1. Para pakar keris, seperti Fadli Zon sendiri, serta keturunan para Empu (Mpu) yang mumpuni di bidangnya.

2. Para sejarawan dan arkeolog, seperti Peter Carey penulis sejarah Diponegoro, Sri Margana, Bonnie sendiri beserta anggota timnya yang lain.

3. Para antropolog, sosiolog dan budayawan untuk mengkaji budaya dan sosial kemasyarakatan masa lalu.

4. Para ahli metalurgi (ahli peleburan dan unsur-unsur logam), filologi (ahli naskah kuno), dan fisika (ahli analisis perubahan benda).

5. Para keturunan Pangeran Diponegoro sendiri yang tahu tentang keris Diponegoro.

6. Paranormal yang bisa menerawang dan memberikan pandangan gaibnya, seperti Permadi dan Ki Joko Bodo. emoticon-Big Grin

7. Para lawyer dan pihak lainnya yang berkompeten sebagai pembanding.


Maka perpaduan argumen ilmiah, pengalaman dan penerawangan mata batin yang diilmiahkan, akan membuat debat semakin panas dan seru.

Nah, jika debat itu dapat direalisasikan dan bisa menghasilkan kesimpulan yang disepakati semua pihak yang terlibat, Ane yakin kontroversi keaslian Keris Diponegoro ini akan berakhir, dan sejarah harus dicatat ulang atau direvisi jika hasilnya menunjukkan hal yang berbeda dari yang selama ini kita amini dari keris Diponegoro Naga Siluman itu.(*)
***
Ref 1, Ref 2. #510
profile-picture
profile-picture
agritronika dan antomulyo memberi reputasi
Diubah oleh Aboeyy
Reserved
Kalo melihat itu keris milik P Diponegoro bisa jadi, tapi kalo yg dimaksud itu keris naga siluman itu yg musti dipertanyakan
Fadli Zon enih tau segala-galanya yak... Mungkin sampek batas umurnya sendiri...
emoticon-Matabelo

Pikir dia, "Masih lama enih Gue meninggalnya, jadi mulut Gue dipakek aja sembarangan buat nyakitin perasaan orang!!!"
emoticon-Cape d...

NB: Dan ramalannya salah!!! Fadli Zon meninggal dalam hitungan 10... 9... 8... 7... 6... 5...
profile-picture
bangsu memberi reputasi
Diubah oleh adolfsbasthian
ane baru tau si jon pakar keris
Karni Ilyas? Auto skip lah. Ntar yg di undang Rocky Gerung lagi. Mbak Ira aja moderatornya. Lebih tegas.
cuma jago adu debat, prak
bukannya Ki Joko Bodo udah pensiun ya gan?

emoticon-Bingung
Quote:


Setuju gan, karena Nogo Siluman itu nama Dhapur keris. ornamen naga pada bagian sorsorannya tidak utuh terbentuk sampai badan wilahan. Beda dengan Nogo Sosro yang berornamen naga terlihat jelas dari sorsoran sampai dng badan wilahan emoticon-Cool
profile-picture
antomulyo memberi reputasi
Diubah oleh m0buh41
Quote:


Dia kolektor gan, kemungkinan punya pemahaman soal keria. kalau dia kolektor sejati pasti mempelajari semua aspek philosophy sampai dengan eksosentri dari barang yg dikoleksi, apalagi itu adalah produk budaya yg usianya ratusan atau bahkan ribuan tahun
Quote:


Nah emang itu yg didebat FZ, menurut FZ melihat ciri2 keris yg diserahkan Belanda, itu bukan jenis naga siluman. Sedangkan dlm dokumen sejarah disebutkan keris yg disita belanda waktu dulu adalah jenis naga siluman,
Quote:


Terima kasih gan pencerahannya emoticon-Salaman
Menang Fadli Zon, berani taruhan.. emoticon-Big Grin

Sebab Keris yg dikembalikan itu kategori Keris Naga Raja, bukan Keris Naga Siluman..emoticon-Big Grin

Niatan Raja Belanda mengembalikan ke Pemerintah Indonesia itu hanya sebagai basa-basi permintaan maaf saja, dia juga nggak paham mengenai keris..emoticon-Big Grin
Tidak salah juga.. emoticon-Big Grin
Debat keris di ILC??
Narasumbernya pasti tetap rocky gemblung sama ridwan saidi
emoticon-Ngakak
profile-picture
uray24 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
keris

Bakal Seru, Tantangan Debat Fadli Zon Soal Keris Diponegoro Disambut Sejarawan
gw beberapa kali ketemu & berdiskusi dengan para pakar, mpu & ahli pamor keris (Bokap kolektor). Semua orang nya kalem2. ngomong nya selalu sopan. Rendah diri & gak ada yg mulut nya comel. berdasarkan itu, gw ragu kalo si zonk ini seorang pakar perkerisan. Kalo cuma sekedar kolektor tanpa memahami trah pamor dan gendam pusaka masa berani bilang pakar sih ?
coba disantet dulu, mempan gak.
mpu faldi zon akhirnya turun tangan juga...
mampus lu pade emoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwk
profile-picture
uray24 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Wkwk bener sih apa kata Bonnie Triyana, disini yang dicari bukan yg bener bukan mana yg hebat.
Tapi pelurusan sejarahnya.
Emang Fadli Zon lulusan sejarah juga, atau cuma ahli keris yg ahli ahlian.
Quote:

Nah belio juga wajib diundang sbg narasumber tuh. :?

Quote:


Rasanya Fz ini cuma ahli tentang ilmu jenis2 keris, karena beliau byk punya koleksi keris tua
profile-picture
uray24 memberi reputasi
Quote:


Embah ane juga koleksi banyak keris gan, apakah beliau bisa dikatakan ahli keris juga
emoticon-Ngakak
Quote:


Ya kalo belio mengerti seluk beluk keris, sejarahnya, nama2nya, macam2nya, ciri2 dan karakternya, dll. emoticon-Big Grin


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di