CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / REGIONAL / All / ... / Bekasi /
[COC Regional: Makanan Tradisional] 3 Makanan Asli Bekasi, Cobain Kuy...
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6bb1d8facb9550ef148c31/coc-regional-makanan-tradisional-3-makanan-asli-bekasi-cobain-kuy

[COC Regional: Makanan Tradisional] 3 Makanan Asli Bekasi, Cobain Kuy...

Karena satu rumpun, meski secara teritori Bekasi masuk wilayah provinsi Jawa Barat, Bekasi dan Jakarta memiliki banyak sekali kesamaan. Dari bahasa, kebudayaan, adat istiadat, dan makanan tradisional. Suku asli Bekasi juga disebut dengan Betawi. Sama seperti Jakarta. Bedanya, kadang kalau Bekasi pake embel-embel "Betawi Bekasi". Sama lah kayak Tangerang yang disebut dengan "Bekasi Tangerang" emoticon-Big Grin

Anyway, membahas makanan tradisional Bekasi, kurang lebih juga sama dengan makanan tradisional Jakarta. Dan saya coba sajikan 3 Makanan Tradisional Khas Bekasi sebagai berikut. Kok cuma 3? Ini udah jam 11 malam! Waktu saya cuma sejam nih sebelum deadline emoticon-Bingung

satu:
BIR PLETOK



Source: Youtube/Kokiku TV


Bir yang satu ini, pabriknya gak akan didemo oleh mereka sampai berjilid-jilid karena dianggap haram dan memabukkan. Bir yang satu ini merupakan minuman penyegar yang dibuat dari campuran beberapa rempah, yaitu jahe, daun pandan wangi, serai, dan kulit kayu secang. Kulit kayu secang inilah yang membuat bir pletok berwarna merah.

Minum bir ini akan membuat badan hangat loh. Dan gak bikin mabok pastinya emoticon-Big Grin Konon, bir ini berkhasiat untuk memperlancar peredaran darah.

Dahulu di jaman penjajahan Belanda, orang Betawi sering melihat orang Belanda meminum wine dalam acara perayaan. Namun karena wine memabukkan dan dilarang agama, maka masyarakat Betawi membuat bir yang tidak memabukkan karena mengandung alkohol. Terbuat dari rempah-rempah. Dan diberi nama "Bir Pletok". Nama 'Pletok' sendiri mirip dengan suara orang Belanda saat membuka wine.

dua:
KUE RANGI



Source: Youtube/Masak.TV


Kue rangi, atau juga disebut sagu rangi, adalah salah satu kue tradisional Betawi. Kue ini terbuat dari campuran tepung kanji dengan kelapa parut yang dipanggang dengan cetakan khusus di atas tungku kecil. Kue rangi disajikan dengan olesan gula merah yang dikentalkan dengan sedikit tepung kanji.

tiga:
DODOL BETAWI



Source: Youtube/KONTAN TV


Dodol Betawi adalah jenis dodol khas suku Betawi. Dodol betawi ini berwarna hitam kecoklatan dengan variasi rasa rasa yang lebih sedikit daripada dodol dari daerah yang lain. Rasa dodol betawi hanya terdiri dari ketan putih, ketan hitam dan durian. Proses pembuatan dodol betawi sangat rumit. Karena rumitnya pembuatannya ini pula yang kini sudah jarang yang masih memproduksinya.

Dodol Betawi biasanya disajikan pada saat pesta, bulan suci Ramadhan, Hari Raya Idul Fitri, Hari Raya Idul Adha, dan hari besar keagamaan yang lainnya.

Sekian dulu ya. Sekedar meramaikan.

emoticon-Ngacir2

[COC Regional: Makanan Tradisional] 3 Makanan Asli Bekasi, Cobain Kuy...
Reserved


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di