CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / REGIONAL / All / ... / Bengkulu /
[ COC Regional : Makanan Tradisional ] Gulai kemba’ang Lezat dan Gurih
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6baffb7414f5178660d994/coc-regional--makanan-tradisional--gulai-kembaang-lezat-dan-gurih

[ COC Regional : Makanan Tradisional ] Gulai kemba’ang Lezat dan Gurih

[ COC Regional : Makanan Tradisional ] Gulai kemba’ang Lezat dan Gurih
Gulai Kemba'ang Khas Bengkulu, apakah anda mengenal nama makanan yang satu ini? saya rasa ada yang sudah tahu dan ada juga yang belum; yang sudah tahu tentunya masyarakat Bengkulu karena makanan yang satu ini makanan khas Bengkulu yang sangat digemari. Gulai Kemba'ang terbuat dari iga sapi dengan perpaduan bumbu tradisional pilihan sehingga meghasilkan cita rasa yang tinggi akan kelezatan kuliner yang satu ini.

 

Gulai adalah sebua menu hidangan dengan menggunakan santan sebagai kuahnya. Makanan ini memiliki ciri khas berwarna kuning karena pengaruh sari kunyit. Gulai yang satu ini sangat menggugah selera makan. Rasanya sangat gurih, nikmat dan lezat. Bahan dasarnya adalah daun pakis, iga sapi, santan dan bumbu yang khas. Pakis adalah tanaman berbentuk rumpun, yang biasanya tumbu baik di daerah kering dan lembab dan di bawah lingkungan yang teduh. Kandungan nutrisi pada daun pakis antara lain vitamin A, vitamin C, kalium, vitamin B kompleks, protein, karbohidrat, protein dan kalsium. Padua bumbunya akan menciptakan rasa yang lebih dasyat pada gulai ini.

 

Gulai kemba'ang merupakan salah satu menu spesial yang lazim dibuat pada bulan puasa ataupun lebaran, karena sangat cocok disanta sehabis buka puasa ataupun sahur dan dapat membangkitkan nafsu makan.

 [ COC Regional : Makanan Tradisional ] Gulai kemba’ang Lezat dan Gurih

Masakan tradisional khas daerah Bengkulu lainnya yakni gulai kemba’ang. Hanya saja masakan ini lebih dikenal masyarakat di wilayah Kabupaten Mukomuko, karena banyak versi mengatakan bahwa gulai kemba’ang berasal dari daerah itu. Gulai kemba’ang ini terbuat dari iga sapi dan racikan beberapa jenis bumbu dan memiliki rasa yang gurih. Dikutip dari Surat Kabar Harian Radar Utara, Sekdes Medan Jaya Kecamatan Ipuh Kabupaten Mukomuko, Rasidin mengatakan gulai kemba’ang ini merupakan salah satu masakan khas daerahnya. Gulai Kemba’ang merupakan salah satu menu spesial yang kerap dibuat pada bulan puasa ataupun lebaran. Masakan itu sangat cocok disantap sehabis buka puasa ataupun sahur dan dapat membangkitkan nafsu makan yang menyantapnya.ternyata gulai kemba'ang ada lagunya.

 

Masakan tradisional Bengkulu yang akan kita coba kali ini adalah resep gulai kemba’ang. Gulai yang asli dari daerah Bengkulu ini merupakan menu gulai dengan bahan utama iga sapi. Jadi bagi yang suka dengan masakan seperti ini mari kita coba memasaknya dengan panduan cara memasak yang akan dijelaskan disini.

 [ COC Regional : Makanan Tradisional ] Gulai kemba’ang Lezat dan Gurih

Masakan ini rasanya sangat lezat dan nikmat, maka dari itu saya mengajak anda semua untuk ikut mencoba memasaknya di rumah.

 

Di keluarga saya, olahan dengan bahan dasar iga sapi seperti ini menjadi makanan kesukaan. Bahkan suami saya begitu lahap saat menyantap menu ini. Tentu saja hal pertama yang menjadi alasan adalah karena rasanya yang mantap.

 

Rasa dari gulai ini memang begitu kental dan khas bumbu yang digunakan. Daging pada iga sapi terasa begitu lembut dan bumbunya begitu meresap. Makanya, saya sering menyajikan gulai dengan resep gulai kemba'ang tersebut.

 

Bahn dan juga bumbu masak yang digunakan tidak begitu sulit untuk disiapkan. Bahan utama hanya terdiri dari iga sapi dan campuran berbagai bumbu rempah. Untuk bumbu halusnya juga menggnakan bumbu rempah khas Indonesia seperti misalnya bawang, lengkuas, kunyit dan juga jahe. Untuk memasak makanan ini juga tidak sulit.

 [ COC Regional : Makanan Tradisional ] Gulai kemba’ang Lezat dan Gurih

Pertama kita tinggal siapkan bahan dan bumbunya, kemudian iga direbus terlebih dahulu. Setelah itu bumbu halus ditumis dan bahan dimasukkan lalu dimasak sampai matang. Pokoknya tidak sulit, bahkan untuk yang sedang belajar memasak sekalipun.

 

A. Bahan dan bumbu Gulai Kemba’ang

Seperti yang sudah saya sebutkan, bahan utama gulai spesial ini adalah iga sapi. Bahan lain tentunya berupa bahan bumbu rempah yang akan membuat masakan daerah ini menjadi istimewa. Bahan-bahan tersebut yaitu sebagai berikut:

 

Bahan dasar

500 gram iga sapi, dipotong-potong

2 lembar daun salam

400 ml santan dari 1/2 butir kelapa

1 ikat (200 gram) daun pakis, disiangi

5 lembar (100 gram) daun talas, direbus, diiris kasar

2 sendok teh garam

3 buah asam kandis

3/4 sendok teh gula pasir

100 gram kelapa parut, disangrai, dihaluskan

2 sendok makan minyak untuk menumis

Bahan bumbu halus

8 butir bawang merah

4 siung bawang putih

4 buah cabai merah

2 cm lengkuas

2 cm kunyit

2 cm jahe

3/4 sendok teh ketumbar

 

Dalam membuat masakan ini kita juga menggunakan kelapa parut yang sudah disangrai. Selain itu ada juga daun talas yang direbus, asam kandis dan juga santan. Secara umum bahan dan bumbu tidak sulit untuk disiapkan.

 

Jadi jika ingin belajar memasaknya tidak perlu takut. Terlebih lagi jika menggunakan panduan yang ada pada resep gulai kemba'ang yang di bahas disini.

 

 

Setelah siap dengan semua bahan dan bumbu maka kita bisa memasaknya menggunakan langkah-langkah yang akan diterangkan di bagian bawah. Yang terpenting, dalam membuat makanan ini sebaiknya diperhatikan benar penggunaan bahan iga sapi-nya. Pastikan iga sapi yang dimasak benar-benar masih segar dan kualitasnya baik.

 

B. Cara Membuat Gulai Kemba’ang

Gulai yang merupakan masakan spesial Bengkulu ini dapat kita buat dengan cara yang tidak sulit alias mudah. Cara membuat gulai kemba’ang ini yaitu seperti dijelaskan di bawah ini:

 

Rebus iga sapi dengan 800 ml air sampai empuk. Saring 600 ml air kaldunya. Didihkan lagi

Panaskan minyak. Tumis bumbu halus dan daun salam sampai harum. Tuang ke rebusan iga.

Tuang santan. Masak sampai mendidih dan matang.

Masukkan daun pakis, daun talas, garam, asam kandis, gula pasir, dan kelapa sangrai.

Masak sampai matang.

Angkat dan hidangkan untuk 5 porsi

 

Tidak sulit bukan untuk membuat makanan ini? Gulai Kemba’ang yang merupakan Masakan Tradisional Bengkulu ini memang banyak sekali digemari dan sudah banyak juga yang mencoba menu khas daerah Bengkulu tersebut.

 

Enakkk, untuk anda di rumah yang penasaran akan rasa Gulai Kemba'ang Khas Bengkulu bisa langsung mempraktekkan resep yang saya tulis ini, karena saya rasa membuat gulai tersebut tidaklah sulit bahkan lebih menyenangkan jika membuatnya sesuai dengan resep diatas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semuanya, selamat mencoba dan terima kasih


Sumber


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di