CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / REGIONAL / All / ... / Bengkulu /
[ COC Regional : Makanan Tradisional ] Gurihnya Bubur Sekoi khas Bengkulu
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6baf9da2d19517422482db/coc-regional--makanan-tradisional--gurihnya-bubur-sekoi-khas-bengkulu

[ COC Regional : Makanan Tradisional ] Gurihnya Bubur Sekoi khas Bengkulu

[ COC Regional : Makanan Tradisional ] Gurihnya Bubur Sekoi khas Bengkulu
Bengkulu, mendengar namanya tentu kita sudah langsung teringat dengan nama salah satu bunga yang sangat terkenal legendaris yaitu Raflesia Arnoldi. Namun tahukah kamu, selain terkenal dengan bunga tersebut, ternyata daerah ini juga menyimpan banyak sekali hal menarik lainnya. Salah satu hal menarik tersebut yaitu makanan khas Bengkulu yang terkenal begitu beragam dan enak.

 

Nah, bagi kamu yang berencana untuk pergi ke Bengkulu pastikan untuk mencicipi beragam makanan yang dijamin lezat. Tidak hanya makanan tradisional saja, di sana kamu juga menemukan banyak sekali kue atau jajanan yang tidak kalah enak dan nikmat.

Hidangan unik yang hanya dijajakan saat Bulan Ramadhan sering tersaji di kaki lima atau pasar tradisional yang menjual makanan untuk berbuka puasa. Bubur jewawut, hidangan buka puasa kaya gizi khas Bengkulu yang hanya dijajakan saat bulan suci Ramadhan ini dalam bahasa lokal disebut Sekoi.

 

Bubur Sekoi, Hidangan Buka Puasa Kaya Nutrisi Khas Bengkulu

Sekoi atau bubur yang dibuat dari biji jewawut diyakini mengandung berbagai ragam gizi, sehingga cocok untuk dijadikan menu berbuka puasa.

 [ COC Regional : Makanan Tradisional ] Gurihnya Bubur Sekoi khas Bengkulu

Bubur sekoi umumnya hanya dijual saat Bulan Ramadhan karena bubur ini kaya akan vitamin dan sangat baik sebagai menu berbuka puasa.Bubur Sekoi, Hidangan Buka Puasa Kaya Nutrisi Khas Bengkulu.Bubur yang terbuat dari biji jewawut ini cukup diminati oleh masyarakat Kota Bengkulu karena citarasa yang unik serta lezat. Para pedagang kaki lima yang berdagang bubur sekoi rata-rata dapat menjual tak kurang dari 300 porsi bubur jewawut setiap harinya.

 

Menurut beberapa kajian yang dapat dibaca dalam berbagai literatur, jewawut mempunyai kandungan gizi, vitamin, dan nutrisi yang sangat baik bila dibandingkan dengan jagung dan beras.

 

Kandungan nutrisi yang ada di dalam jewawut antara lain karbohidrat 84,2 persen, protein 10,7 persen, lemak 3,3 persen, serat 1,4 persen, Ca 37 mg, Fe 6,2 mg, vitamin C 2,5, vitamin B1 0,48, serta vitamin B2 0,14.

 

Namun, walaupun kaya akan nutrisi, hidangan berbahan baku lokal tersebut kini mulai tersingkir dari jajaran kuliner lokal. Melalui momen Ramadhan ini, hidangan dan sajian yang sebenarnya menjadi bagian dari budaya kuliner masyarakat Bengkulu dapat kembali diperkenalkan dan didorong untuk menjadi sajian kuliner kebanggaan warga Bengkulu.

 [ COC Regional : Makanan Tradisional ] Gurihnya Bubur Sekoi khas Bengkulu

Sebenarnya cita rasa dan kandungan nutrisinya tak kalah bersaing, namun kenyataannya semakin tersisih, sehingga diperlukan upaya-upaya untuk mendorongnya kembali. Padahal menu bergizi untuk berbuka puasa ini sudah ditawarkan dengan harga yang cukup murah dan terjangkau, yaitu hanya sekitar Rp7.000 per porsi.

 

Banyak warga yang menggemari bubur sekoi karena memberikan sensasi rasa yang manis dan enak dari gula aren, sehingga masyarakat membeli sajian khas bergizi dari bahan jewawut ini sebagai hidangan berbuka puasa.

Kuliner unik menyambut bulan suci Ramadhan kerap dijajakan di kaki lima atau pusat penjualan makanan berbuka puasa, salah satunya bubur dari biji jewawut yang dalam bahasa lokal Bengkulu disebut sekoi yang mengandung bermacam-macam gizi, cocok dijadikan menu berbuka puasa.

 

“Bubur sekoi hanya kami jual saat Ramadhan karena bubur ini kaya vitamin dan sangat bagus untuk menu berbuka puasa,” kata Bagus, pedagang kuliner berbuka puasa di Bengkulu, Minggu.

 

Ia mengatakan bubur biji jewawut cukup diminati masyarakat Kota Bengkulu karena rasanya yang unik dan lezat. Setiap hari tidak kurang dari 300 porsi terjual.

 

Berdasarkan sejumlah studi yang ditemukan dalam literatur, kata Bagus, sekoi memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik dibanding jagung dan beras.

 

Kandungan gizi yang terkandung dalam sekoi meliputi karbohidrat 84,2 persen, protein 10,7 persen, lemak 3,3 persen, serat 1,4 persen, Ca 37 mg, Fe 6,2 mg, vitamin C 2,5, vitamin B1 0,48, dan vitamin B2 0,14.

 

Bagus menambahkan meski kaya vitamin, makanan berbahan baku lokal tersebut mulai tersingkir dari jajaran kuliner lokal.

 

Lewat momen Ramadhan kata dia, menu-menu yang sebelumnya akrab dengan perut masyarakat Bengkulu kembali diperkenalkan.

 

“Padahal sisi rasa dan kandungan gizinya tidak kalah bersaing tapi semakin ditinggalkan, karena itu kita gali kembali,” kata pemilik kedai kopi Sle yang berjualan di tepi Pantai Panjang ini.

 

Menu berbuka puasa tersebut juga dijual dengan harga yang cukup murah dan terjangkau yakni Rp7.000 per porsi.

 

Medi, seorang pembeli mengatakan, bubur sekoi memiliki rasa yang enak dan manis dari gula aren sehingga ia kerap membeli penganan berbuka puasa tersebut di Kedai Sle.

 

Bubur Sekoi adalah sejenis bubur manis yang berbahan dasar sekoi yakni jewawut yang sudah ditumbuk sampai halus dan dibuang kulitnya. Konon katanya sekoi ini bisa menyembuhkan sembelit dan melancarkan pencernaan. Bubur Sekoi  yang nikmat ini cocok sekali di coba bagi sobat kuliner yang mempunyai hobi memasak dan membuat masakan untuk hidangan sehat bagi keluarga. Bubur sekoi ini cocok sekali dinikmati saat anda dan keluarga sedang santai bersama sambil nonton tv dirumah. untuk anda wagra asli Kalimantan pasti sudah sering sekali menikmati masakan bubur sekoi ini ya. Sedangkan bagi anda yang berada di luar pulau Kalimantan dan ingin menikmati bubur sekoi ini dirumah, kami akan membagikan resep nya kepada anda. cara membuatnya sih mudah banget, asalkan anda mengikuti semua langkah-langkah yang ada pada resep ini. Tapi sebelum anda membuat bubur sekoi ini, siapkan dulu bahan-bahannya ya. Kalau semua bahan yang dibutuhkan sudah lengkap. Baru deh mulai membuat bubur sekoi ini dengan menyimak resep bubur sekoi yang manis sekali di bawah ini.

 

Bahan Bubur Sekoi :

 

2 lembar daun pandan

1 gelas sekoi

1 gelas gula merah diiris halus, atau tergantung selera anda

1 gelas santan cair

1 gelas santan kental

1 potong jahe yang dimemarkan.

½ kg ubi jalar, potong kecil-kecil

½ sendok teh garam

Anda pasti suka:  Resep Kue Dodongkal Manis dan Enak

Cara membuat Bubur Sekoi :

 

Setelah sekoi dibersihkan dan ubi direbus dengan air secukupnya sampai empuk, tambahkan gula merah dan santan cair. Aduk-aduk terus hingga menjadi bubur dan mengental.

Santan kental direbus tersendiri, tambahkan sedikit garam hingga mendidih.

 

 

Hidangkan bubur sekoi dengan menuangkan santan kental di atasnya.

Hidangkan bubur sekoi ini selagi masih hangat.

 

Nah, mudah sekali kan untuk membuat masakan bubur sekoi ini…? Selamat mencoba resep ini dirumah ya. Semoga bubur sekoi ini menjadi hidangan favorit anda dan keluarga tercinta dirumah.


Sumber 1
Sumber 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di