CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / REGIONAL / All / ... / Bengkulu /
[ COC Regional : Makanan Tradisional ] Lepek Binti Kue Bungkusan Daun
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6baf6b5cf6c4313513b762/coc-regional--makanan-tradisional--lepek-binti-kue-bungkusan-daun

[ COC Regional : Makanan Tradisional ] Lepek Binti Kue Bungkusan Daun


Provinsi Bengkulu yang terletak di bagian barat daya Pulau Sumatera. Memiliki luas 19.788.70 km2 dengan populasi penduduk 1.972.196 jiwa (2010). Memiliki wilayah yang sangat strategis berbatasan langsung dengan lampung yang dekat dengan pulau Jawa sehingga bisa langsung menyeberang. Provinsi bengkulu juga mempunyai pantai-pantai yang terbentang disepanjang pinggir pulau sumatera. Hal tersebut membuat bengkulu menjadi wilayah yang sedikit lebih panas terutama wilayah yang dekat dengan pantai. Tak hanya itu Bengkulu juga dikenal dengan tempat pengasingan Bung Karno sewaktu zaman penjajahan Belanda tahun 1939 hingga 1942. Jadilah ketika Bung Karno diasingkan ke Bengkulu dia tinggal di sebuah rumah yang berada di Anggut Atas yang kini dikenal dengan jalan Soekarno-Hatta. Sekarang rumah tersebut menjadi tempat wisata peninggalan sejarah dimana isi rumah tersebut terdapat perabotan, buku - buku yang pernah dimiliki dan digunakan oleh Soekarno dulu. Selain itu ada juga Benteng Marlborough peninggalan pada zaman Inggris, benteng ini menghadap langsung kearah laut dan memiliki bentuk seperti kura-kura jika dilihat dari atas.  Masih banyak lagi wisata peninggalan sejarah diBengkulu. Tetapi, kali ini saya bukan ingin membahas wisata-wisata yang ada dibengkulu. Saya ingin mengulik sedikit mengenai makanan khas Bengkulu apa aja sih?.

 [ COC Regional : Makanan Tradisional ] Lepek Binti Kue Bungkusan Daun

Lepek binti merupakan salah satu resep kue daerah khas Bengkulu yang akan kita bahas cara membuat dan menyajikannya. Kue lepek binti merupakan penganan yang terbuat dari bahan dasar ketan dengan isian gilingan daging sapi.

 

Kue Lepek binti khas Bengkulu merupakan salah satu resep kue daerah yang akan kita bahas cara membuat dan menyajikannya. Lepek binti merupakan penganan yang terbuat dari bahan dasar ketan dengan isian gilingan daging sapi.

 

Kalau hari-hari biasa, kue-kue tradisional mungkin sangat jarang disajikan tapi di hari Lebaran atau Idul Fitri, banyak kue yang dihidangkan. Mungkin saja, kue tradisional berikut ini bisa menjadi salah satu alternatif dan pilihan untuk keluarga besar di rumah.

 

Semakin banyak variasi, menu kue kejutan, tentu akan semakin menambah semarak suasana. Ingin tahu seperti apa kue yang satu ini? Untuk membuat ini silahkan ikuti cara memasaknya berikut.

 [ COC Regional : Makanan Tradisional ] Lepek Binti Kue Bungkusan Daun

Wow... mendengar isiannya saja sudah tergugah deh. Memang, unik dan membuat penasaran juga mengingat ada kombinasi daging dalam kue tradisional tersebut. Mungkin bisa dijadikan referensi tambahan untuk momen spesial. Benar tidak?

 

Kalau hari-hari biasa, kue-kue tradisional mungkin sangat jarang disajikan tapi di hari Lebaran atau Idul Fitri, banyak kue yang dihidangkan. Mungkin saja, kue tradisional berikut ini bisa menjadi salah satu alternatif dan pilihan untuk keluarga besar di rumah.

 

Semakin banyak variasi, menu kue kejutan, tentu akan semakin menambah semarak suasana. Ingin tahu seperti apa kue yang satu ini? Untuk membuat resep khas Bengkulu ini silahkan ikuti cara memasaknya berikut.

 

A. Bahan Membuat Lepek Binti

Bahan yang digunakan untuk membuat lepek binti ini yaitu ketan dan juga daging sapi giling. Bahan-bahan selengkapnya yaitu:

200 gram tepung ketan yang baru

75 ml santan kental

150 gram daging giling sapi

3 butir bawang merah

2 siung bawang putih

100 ml santan kental

2 sdt ketumbar bubuk

½ sdt garam atau secukupnya

lengkuas, memarkan

daun salam

daun pisang secukupnya untuk membungkus

 

Beda-beda tipis ya dengan kue lepet yang lain? Ya, sekarang kita sudah tahu bahan-bahan yang digunakan. Waktunya untuk menyiapkan semua bahan tersebut. Tidak ada yang sulit bukan untuk disiapkan? Mungkin daging sapi ya yang agak mahal, tapi tidak apa-apa, kan nanti sesuai dengan hasilnya.

 

B. Cara Membuat Lepek Binti Bengkulu

Tidak berbeda jauh dengan saat kita membuat menu pancah daging, resep lepek binti ini juga tidak sulit untuk dibuat. Untuk yang berminat mencoba masakan kue ini mari ikuti langkah cara membuatnya di bawah ini:

Haluskan bawang merah dan bawang putih.

Campurkan bersama daging giling, santan, lengkuas, daun salam, ketumbar dan garam.

Didihkan dan masak hingga santan mengering.

Campurkan tepung ketan bersama santan dan garam sambil uleni hingga lepas dari wadah & terasa licin di tangan.

Ambil setiap 1 sdm campuran tepung, pipihkan & isi dengan ½ sdt campuran bahan-bahan halus, bentuk bulat dan bungkus dengan daun pisang, demikian seterusnya.

Lalu kukus hingga matang kira-kira 25 menit

Kue Lepek Binti Khas Bengkulu dan Cara Membuat

 

Kalau sudah siap, sajian sedap ini dapat kita nikmati dengan pendamping kopi atau teh di pagi atau sore hari. Semoga pembahasan "Kue Lepek Binti" ini menambah inspirasi memasak kita semua, selamat mencoba.

 

Kota Bengkulu-Beragam macam jajanan pasar  yang dapat dinikmati, namun jajanan tradisional memiliki ciri khas tersendiri bagi penikmatnya. Seperti jajanan yang satu ini namanya lepek binti.  Lepek binti  tergolong kue basah, dengan berbalut daun pisang muda citarasanya tentu gurih, kenyal, asin.

 

Pembuatan lepek binti cukup mudah lo d’zoners pertama siapkan daging sapi giling, santan, lengkuas, daun salam dan bumbu halus berupa bawang merah dan putih,, ketumbar, garam, gula pasir  caranya aduk rata bahan isi dan bumbu halus. Masak sampai matang dan kering.

 

Kemudian siapkan bahan untuk kulit berupa tepung ketan, garam, santan. Ambil adonan kulit kemudian  pipihkan lalu beri isian bentuk bulat dan bungkus dengan daun pisang. Bahan ini kemudian di kukus 15 menit.

 

Diungkapkan ELi (42) jajanan khas Bengkulu ini sudah dimodernisasi dengan mengganti isian dengan citarasa yang manis berupa parutan kelapa muda dan gula aren. Hal ini dilakukan karena untuk kebutuhan komersil dengan harga jual terjangkau sebagai jajanan pasar.

 

” lepek binti dengan menggunakan kelapa muda yang sudah di parut dan diberi  gula merah lebih murah untuk dijual  dibanding dengan isian daging” ujarnya.

 

Jajanan lepek binti ini akan banyak dijumpai jika bulan ramadhan tiba karena hampir semua pedagang yang menjual jajanan pasar akan menyajikan kue basah ini di lapak dagangannya.

 

Nah bagi d’zoners yang penasaran dengan citarasa lepek binti jajanan ini bisa dijadikan kudapan pendamping minum teh atau kopi sembari santai dirumah.


Sumber 1
Sumber 2
profile-picture
chisaa memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di