CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / REGIONAL / All / ... / Bengkulu /
[ COC Regional : Makanan Tradisional ] Teh Talua / Teh Telur Bengkulu
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6ba9b5f0bdb203c647888f/coc-regional--makanan-tradisional--teh-talua---teh-telur-bengkulu

[ COC Regional : Makanan Tradisional ] Teh Talua / Teh Telur Bengkulu

[ COC Regional : Makanan Tradisional ] Teh Talua / Teh Telur Bengkulu
Selain di Padang Sumatera Barat, di jalan-jalan protocol Bengkulu juga sering kita lihat pedagang menjajakan Teh Telur atau Teh Talua, karena berhawa dingin, Bengkulu cocok dengan minuman hangat yang konon dapat menambah stamina.

 

Kata "talua" yang berarti telur ini merupakan minuman kebanggaan khas Minang yang terbuat dari bahan utama yaitu teh dan telur.

 

Teh telur sebagai teman dimalam hari Teh telur seringkali menjadi teman dan sangat cocok diminum saat cuaca dingin atau dimalam hari, minuman ini disajikan secara manual (tangan) dengan cara mengocok kuning telur ayam kampung atau telur bebek.

 

Salah satu penggemar minuman teh telur sebut saja namanya "jiunk" munuturkan bahwa teh telur adalah salah satu minuman favoritnya yang bisa ditemukan diwarung-warung tradisional maupun restoran yang bernuansa tongkrongan.

 [ COC Regional : Makanan Tradisional ] Teh Talua / Teh Telur Bengkulu

Sudah hampir lima tahun saya selalu rutin minum teh telur apalagi di malam libur saya seringkali mengajak atau diajak teman-teman nongkrong sambil berdiskusi, ditemani segelas minuman teh talua atau teh telur pungkas jiunk sambil menyedot minumannya dengan senyuman.

 

Untuk lebih jelasnya teh telur ini mempunyai ciri khas dan uniknya lagi pembuatannya dengan cara tradisional dengan cara mengkocok kuning telur bercampur gula pasir sedikit di dalam gelas memakai lidi daun kelapa berukuran 15 cm selama 15 menit sampai kuning telur itu berbusa kemudian setelah itu diseduh air mendidih disaring dengan teh bubuk.

 

Secara sekilas minuman ini mirip teh dengan teh tarik atau capucino, biasanya ketika minuman ini disajikan, bentuk sajiannya memakai gelas kecil dan dialas dengan piring kecil yang disampingnya diberi potongan jeruk nipis sebagai penambah kesegaran teh telur itu sendiri.

 

Tidak hanya itu, sendok alumunium kecil juga diletakan disamping gelas sebagai teman untuk mengaduk minuman unik ini.

 

Teh telur pada umumnya seringkali dikonsumsi oleh kaum adam, namun bukan berati tidak bisa dinikmati kaum hawa, teh telur bisa dinikmati oleh semua orang baik anak muda, tua, wanita maupun pria, tetapi bagi anda yang mempunyai riwayat penyakit darah tinggi disarankan agar jangan terlalu banyak mengkonsumsi terlalu banyak minuman ini.

 [ COC Regional : Makanan Tradisional ] Teh Talua / Teh Telur Bengkulu

Bagi wisatawan yang datang ke Bengkulu jangan lupa mencoba minuman khas ini, atau bagi masyarakat Bengkulu sendiri dapat memberikan informasi mengenai teh telur ini, mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi pembaca dan tertarik untuk mencoba dan menikmati minuman teh telua atau teh telur minuman miliknya orang Bengkulu. **

 

5 Manfaat Teh Talua Bagi Kesehatan

Teh talua atau dalam Bahasa Indonesia teh telur merupakan minuman khas Sumatera Barat yang sangat digemari dimana-mana. Kombinasi kuning telur dengan teh ini memiliki rasa yang sangat enak dan cocok di lidah semua orang.

Manfaat Teh untuk Diet di Bulan Puasa

Biasanya teh talua dikonsumsi pada malam hari saat sedang dingin, jadi teh talua dapat menghangatkan tubuh. Teh talua biasanya disajikan dengan jeruk nipis untuk menghilangkan rasa amis kuning telur yang hanya dikocok dan ditambahkan teh ini.

 

Teh talua terkenal dengan menfaatnya sebagai penambah tanaga. Kamu bisa mengonsumsinya dengan memesan di berbagai rumah makan Minang maupun membuatnya sendiri. Membuat teh talua sendiri di rumah tidak sulit asalkan semua bahan sudah tercukupi.

 [ COC Regional : Makanan Tradisional ] Teh Talua / Teh Telur Bengkulu

manfaat teh talua bagi kesehatan

 

Menambah Tenaga dan Menjaga Kesehatan Mata

1. Menambah Tenaga

 

Teh talua memiliki manfaat yang sangat besar dalam menambah tenaga. Apalagi buat orang-orang yang memiliki banyak aktivitas dan pekerjaan yang berat. Sebelum bekerja kamu dapat minum teh talua untuk meningkatkan kekuatan dan tenaga, serta agar tidak mudah lelah.

 

Selain itu, kandungan teh dan telur juga bisa diminum setelah beraktivitas dan bekerja berat untuk mengembalikan stamina dan energi yang telah habis saat melakukan pekerjaan tersebut. Dengan kemudahan membuatnya dan tidak mengandung bahan kimia, teh talua menjadi alternatif tepat sebagai minuman penambah energi.

 

2. Menjaga Kesehatan Mata

 

Selanjutnya, manfaat teh talua adalah menjaga kesehatan mata. manfaat satu ini mungkin masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Kandungan zat karotenoid pada teh talua memiliki peran untuk menjaga kesehatan mata. berbagai gangguan penglihatan mata bisa diatasi oleh zat karotenoid ini.

 

Bahkan, meminum teh talua juga bisa menurunkan risiko penyakit katarak yang sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kebutaan. Jadi tidak ada salahnya mengonsumsi teh talua secara teratur untuk menjaga mata agar tetap sehat.

 

3. Meningkatkan Stamina Pria

 

Tentunya sudah banyak ornag yang tahu bahwa teh talua dapat meningkatkan stamina pria. Hal ini sudha terlihat dari salah satu bahannya yaiut kuning telur. Kuning telur memiliki lemak yang merupakan sumber tenaga.

 

Teh talua sangat bermanfaat bagi pria dewasa dalam meningkatkan stamina dan keperkasaan dalam hubungan suami-istri. Jadi bagi pria dewasa yang sudah menikah, kamu bisa mengonsumsi teh talua sebelum melakukan hubungan suami-istri.

 

4. Menunda Lapar

 

Manfaat teh talua lainnya adalah dapat menunda lapar. Hal ini terkait dengan bahannya yaitu teh dan telur, serta gula yang di dalamnya menyimpan kalori. Jadi secara tidak langsung, minum teh talua dapat menjaga berat badan agar tetap ideal dan tidak berlebih.

 

Dengan mengonsumsi teh talua, kamu bisa menekan nafsu makan dalam rangka menjaga agar berat badan tetap ideal.

 

5. Memenuhi Kebutuhan Vitamin Tubuh

 

Kuning telur yang ada dalam teh talua memiliki berbagai kandungan vitamin mulai dari vitamin A, D, E dan vitamin K. Berbagai vitamin tersebut masuk ke dalam tubuh dan bekerja ke berbagai bagian yang memerlukannya.

 

Cara Membuat Teh Talua

Sebelum mengetahui manfaatnya, mungkin kamu perlu mengetahui bagaimana cara membuat teh telur. Membuat teh telur memang tidak sulit, kamu cukup menyediakan beberapa bahan seperti teh, telur, gula serta jeruk nipis. Begini langkah-langkahnya:

 

Pisahkan kuning telur ke dalam gelas

Tambahkan gula ke dalam gelas yang telah berisi kuning telur tadi

Kocok kuning telur dan gula sampai berbusa

Tuangkan teh panas

Tambahkan perasan jeruk nipis untuk mengurangi amis dari telur


Sumber  1
Sumber  2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di