CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / REGIONAL / All / ... / Karesidenan Madiun /
[COC Regional : Lokasi Wisata] Keren nya Telaga Sarangan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6ba78f88b3cb490e5653c0/coc-regional--lokasi-wisata-keren-nya-telaga-sarangan

[COC Regional : Lokasi Wisata] Keren nya Telaga Sarangan

Indonesia sebagai negara tropis yang terdiri dari banyak pulau dan pegunungan. Membuat negara ini tidak pernah kehabisan potensi wisata.

Kreatifitas warga setempat pun cukup mendukung untuk membuat banyak tempat-tempat yang memang sudah bagus menjadi lebih menarik.



Maka tak heran jika saat ini sudah semakin banyak turis mancanegara yang datang ke Indonesia. Karena itu sebagai Warga Negara Indonesia, tentu akan lebih baik jika kita memilih berlibur keliling Indonesia.

Ketimbang harus ke luar negeri. Hitung-hitung untuk menambah pemasukan negara demi menuju Indonesia yang lebih sejahtera.

Salah satu tempat menarik rekomendasi kami adalah wisata Telaga Sarangan yang menawarkan sensasi dingin khas pegunungan.

Bisa dibayangkan bagaimana menyenangkannya menghabiskan waktu libur dengan berselimut udara dingin sambil menyaksikan pemandangan yang indah.

Tentu terasa sangat romantis, apalagi jika mengunjungi Telaga Sarangan ini bersama pasangan kekasih. Agar Anda tidak penasaran, simaklah ulasan singkat kami mengenai Telaga Sarangan di bawah ini.

Daftar Isi
Wisata Alam Telaga Sarangan Magetan
wisata telaga sarangan
foto dari @magetanbanget
Telaga Sarangan merupakan sebuah telaga alami yang terletak di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Telaga yang sering disebut sebagai telaga pasir ini memiliki luas kira-kira 30 hektar dengan kedalaman mencapai 28 meter.

Suhu udara di wisata alam Telaga Sarangan Magetan ini mencapai 20 hingga 15 derajat celcius. Sehingga bagi Anda yang terbiasa tinggal di daerah yang panas, boleh berlibur di Telaga Magetan ini untuk merasakan pengalaman berbeda.

Lokasi yang benar-benar tepat untuk Anda kunjungi saat ingin melarikan diri sejenak dari ruwetnya kehidupan di kota.

Selain mendapat sensasi dingin layaknya daerah pegunungan. Di Objek Wisata Telaga Sarangan ini Anda juga akan memperoleh pemandangan yang sangat menakjubkan.

Baca Juga: 20 Tempat Nongkrong di Jogja Terbaru Harga Murah

Suasana Telaga Sarangan

image via Otonomi.co.id
Sebagai telaga yang berlokasi di pegunungan, begitu tiba di sana Anda akan menyaksikan rimbunnya pepohonan yang menambah syahdu suasana. Ditambah lagi air telaga yang sangat jernih sehingga memantulkan bayang-bayang pegunungan tersebut yang membuat siapa saja merasa takjub.

Tentu saja suasana hening dan udara dingin yang terdapat di Telaga Sarangan ini sulit untuk dirasakan ketika berada di perkotaan. Maka tak heran jika tempat ini selalu sukses menarik minat ratusan ribu pengunjung dalam setiap tahunnya.

Misteri Telaga Sarangan
misteri telaga sarangan
foto dari @savann99
Ternyata di balik keindahan wisata Telaga Sarangan terdapat sebuah misteri yang dipercaya oleh masyaraka setempat. Konon awal mula terbentuknya telaga yang saat ini menjadi objek wisata andalan Kabupaten Magetan ini terbentuk melalui cara yang gaib.

Kisah tersebut bermula dari dua orang yang bernama Kyai Pasir dan Nyai Pasir yang telah bertahun-tahun menikah. Namun belum dikaruniai keturunan.

Demi mewujudkan keinginannya untuk mendapatkan anak, Kyai dan Nyai Pasir ini pun pergi bersemedi. Dan memohon pertolongan kepada Sang Hyang Widhi.

Ternyata semedi mereka dikabulkan oleh Sang Hyang Widhi dan lahirlah seorang anak laki-laki yang diberi nama Joko Lelung. Setelah mendapatkan keturunan, Kyai dan Nyai Pasir pun bekerja siang dan malam untuk mencukupi kebutuhan hidup.

Setiap hari mereka ke ladang untuk bercocok tanam dan sesekali pergi ke hutan untuk berburu. Lama kelamaan kedua pasangan ini merasa kelelahan dan mulai tidak kuat hidup susah terus menerus.

Akhirnya Kyai dan Nyai Pasir pun melakukan semedi dan memohon pertolongan kepada Sang Hyang Widhi. Agar diberi kesehatan dan umur yang panjang.

Lagi-lagi berkat kegigihan mereka Sang Hyang Widhi pun mengabulkan permohonan dari Kyai dan Nyai Pasir tersebut. Namun kali ini Sang Hyang Widhi memberi syarat kepada mereka. Yaitu untuk menemukan dan memakan telur di dekat ladang agar keinginannya terwujud.

Setelah berhasil menemukan telur, Kyai dan Nyai Pasir bergegas pulang ke rumah dan memasaknya hingga matang. Kemudian mereka berdua membagi telur tersebut dan langsung menyantapnya demi mewujudkan keinginan mereka, kemudian mereka berangkat ke ladang.

Masih Mengenai Misteri Telaga Sarangan

image via sewa ELF
Sesampainya di ladang tiba-tiba saja tubuh Kyai dan Nyai Pasir terasa gatal yang teramat sanga. Hingga menimbulkan luka di sekujur tubuh mereka. Lama kelamaan mereka berdua berubah wujud menjadi ular naga yang sangat besar.

Setelah menjadi naga mereka berdua menggeliat di atas pasir sehingga menimbulkan cekungan yang mengeluarkan air yang sangat deras. Saking derasnya air tersebut pun memenuhi cekungan yang mereka buat tadi.

Mengetahui kesaktian yang mereka miliki, kedua pasangan tersebut berencana untuk membuat cekungan yang besar dan menenggelamkan Gunung Lawu.

Namun niat jahat Kyai dan Nyai Pasir diketahui oleh Joko Lelung, putra mereka sendiri. Akhirnya Joko Lelung pun melakukan semedi dan memohon kepada Sang Hyang Widhi agar menyadarkan kedua orang tuanya.

Semedi Joko Lelung pun diterima oleh Sang Hyang Widhi dan saat orang tuanya tengah beguling-guling timbul kesadaran mereka agar berhenti. Akhirnya niat mereka untuk menenggelamkan Gunung Lawu pun diurungkan, namun hingga kini kedua pasangan tersebut menghilang begitu saja.

Konon hingga saat ini telaga tersebut dijaga oleh dua ekor naga yang merupakan perwujudan dari Kyai dan Nyai Pasir. Sedangkan pulau kecil yang terletak di telaga ini dijaga oleh orang suci yang mengendarai seekor harimau putih.

Di dalam pulau tersebut terdapat 3 makam orang sakti, yaitu Syech Mundur, Nyai Ramping, dan Joko Lelono. Namun penunggu dan sosok misterius yang terdapat di Telaga Sarangan tersebut tidak pernah menganggu maupun menampakkan diri.

Demikianlah misteri Telaga Sarangan yang dipercaya oleh masyarakat sekitar hingga saat ini.

[COC Regional : Lokasi Wisata] Keren nya Telaga Sarangan

sumber : https://mytrip123.com/wisata-alam-telaga-sarangan/


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di