CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / REGIONAL / All / ... / Bengkulu /
[ COC Regional : Makanan Tradisional ] Bolu Kemojo / Kojo Rasa Panda yang Nikmat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6ba6a388b3cb5e9202c6d4/coc-regional--makanan-tradisional--bolu-kemojo---kojo-rasa-panda-yang-nikmat

[ COC Regional : Makanan Tradisional ] Bolu Kemojo / Kojo Rasa Panda yang Nikmat

[ COC Regional : Makanan Tradisional ] Bolu Kemojo / Kojo Rasa Panda yang Nikmat
Pada jajanan pertama ada kue bolu koja. Kuliner berbentuk kue ini secara tampilan dan nama mirip dengan bolu kojo asal Palembang. Bedanya, pada bolu koja khas Bengkulu ditambahkan agar-agar putih agar terasa lebih gurih, sedangkan bolu kojo tidak memakai tambahan agar-agar. Bicara mengenai tekstur dan cita rasa, bolu koja mempunyai tekstur yang begitu lembut seperti brownies dengan cita rasa yang sungguh nikmat.

 

Kelembutan bolu koja yang sangat terasa di lidah merupakan akibat penggunaan agar-agar. Oleh karenanya, kue bolu kojo yang dari Palembang teksturnya lebih legit daripada bolu koja karena tidak menggunakan agar-agar. Kembali membahas tentang bolu koja, makanan khas Bengkulu ini mempunyai warna dominan hijau yang didapat dari penggunaan daun suji dan daun pandan. Sebagian pembuat bolu koja melakukan modifikasi agar menambah daya tarik kue, semisal ditambahkan topping keju atau cokelat meises di atasnya.

 

Provinsi Bengkulu memiliki banyak kuliner khas. Pecinta kuliner nusantara dapat menemukan berbagai macam kuliner tradisional sebagai oleh-oleh.

 

Kuliner nusantara memang sudah mendunia. Tak salah jika Indonesia dijuluki Negara Surga Kuliner. Beragam kuliner nusantara, baik kuliner asli berbagai daerah di nusantara atau pun sedikit percampuran dari berbagai negara di dunia, hingga saat ini masih bertahan.

 

Ditambah, keberadaan kuliner nusantara semakin lama menemukan tempat di hati pecinta kuliner. Kuliner nusantara, tanpa meninggalkan ciri ketradisionalannya, tetap eksis sebagai makanan yang patut disejajarkan dengan kuliner-kuliner modern, yang katanya datang dari dunia barat.

 

Merahputih.com mengajak pecinta kuliner nusantara melihat bagaimana kuliner tradisional mampu mengangkat Indonesia, terutama daerah di mana kuliner itu lahir. Di Bengkulu, kuliner sederhana bernama bolu kemojo mampu mengangkat Bumi Raflesia ini baik dari segi budaya, pariwisata, maupun ekonomi.

 

Bolu kemojo menjadi oleh-oleh wajib kalau pecinta kuliner nusantara berkunjung ke Bengkulu. Jika pecinta kuliner ditanya apa yang dijinjing setelah mengunjungi Bengkulu, jangan lupa bolu kemojo. Bolu ini gak terkenal begitu saja. Rasa yang membuatnya pantas selalu dibawa banyak orang.

 [ COC Regional : Makanan Tradisional ] Bolu Kemojo / Kojo Rasa Panda yang Nikmat

Rasa bolu kemojo manis dengan rasa campuran aroma pandan. Rasa pandan ini yang justru digemari, sebelum akhirnya beberapa rasa lain mulai memberikan variasi agar makanan ini juga diterima oleh pecinta kuliner modern.

 

Bolu kemojo merupaan kuliner tradisinoal Melayu. Di Indonesia, Bengkulu  merupakan salah satu provinsi di Pulau Sumatera yang banyak didiami oleh Suku Melayu. Tak heran bolu kemojo juga ditemukan di beberapa kawasan di luar Bengkulu. Kekhasan rasa juga dipertahankan meski terpisah di beberapa wilayah.

 

Nama bolu kemojo berasal dari bahasa setempat untuk menyebut bunga kamboja. Bentuk bolu kemojo memang seperti bunga kamboja sesuai loyang cetakannya. Kesamaan bentuk ini menjadi ciri khas. Di beberapa tempat, kue berjenis sama disebut bolu kojo.

 

Bolu kemojo didapat di kawasan perkotaan di Bengkulu. Kawasan perkotaan telah banyak menyediakan toko oleh-oleh bolu kemojo. Selain itu, pecinta kuliner nusantara dapat menemukan dengan mudah bolu kemojo di kawasan-kawasan wisata.

 

Kuliner tradisional tak bisa tergantikan sebagai oleh-oleh khas suatu daerah. Jika pecinta kuliner nusantara jalan-jalan ke Bengkulu, kuliner khas Melayu ini patut dicari.

 

Untuk peroses pembuatanya sangat mudah sekali, anda hanya harus mengikuti resep yang ada disini,

 

Bahan-bahan pembuatan bolu kojo

 

8 butir telur ayam

2 gelas sedang tepung terigu lembut

2 gelas gula pasir putih

1 set santan kental siap saji

1 gelas air perasan daun suji

1 gelas air perasan pandan

Mentega secukupnya

Loyang

Cara Membuat kue Bolu Kojo Lembut

 

Mulai kocok telur ayam dengan ditambahkan gula pasir aduk hingga merata

Tuangkan air perasan daun suji, daun pandan dan santan kental kedalam adonan telur tadi, aduk kembali

Campurkan tepung terigu kedalam adonan dengan perlahan sambil di aduk-aduk hingga tercampur semua bahanya

Olesi loyang yang sudah disiapkan dengan mentega, kemudian tuangkan adonan kue kedalam loyang tersebut, kukus hingga kue matang dan harum, biasanya kue agak berubah warna lebih kehijau kecoklatan.

Angkat loyang yang sekiranya sudah matang, kemudian ulangi lagi pengukusan kue sampai adonan habis

Kue bolu kojo yang lembut dan harum siap dihidangkan

Untuk penyajian yang lebih spesial anda boleh menghiasi kue tersebut dengan berbagai toping yang anda sukai, misalkan dengan parutan keju lembut diatasnya atau tambahan buah-buahan segar yang menggoda. Itulah Resep Cara Membuat Bolu Kojo Lembut  yang bisa anda kreasikan sendiri, jadi anda tidak usah bingung agar bisa mencicipi hidangan yang satu ini, anda tinggal mencobanya dirumah, sehingga nantinya keluargapun dapat menikmati kelezatan kue khas sumatra selatan ini.

 [ COC Regional : Makanan Tradisional ] Bolu Kemojo / Kojo Rasa Panda yang Nikmat

Daerah Bengkulu yang terletak di bagian barat daya Pulau Sumatera. Memiliki luas 19.788.70 km2 dengan populasi penduduk 1.972.196 jiwa (2010). Memiliki wilayah yang sangat strategis berbatasan langsung dengan lampung yang dekat dengan pulau Jawa sehingga bisa langsung menyeberang. Provinsi bengkulu juga mempunyai pantai-pantai yang terbentang disepanjang pinggir pulau sumatera. Hal tersebut membuat bengkulu menjadi wilayah yang sedikit lebih panas terutama wilayah yang dekat dengan pantai. Tak hanya itu Bengkulu juga dikenal dengan tempat pengasingan Bung Karno sewaktu zaman penjajahan Belanda tahun 1939 hingga 1942. Jadilah ketika Bung Karno diasingkan ke Bengkulu dia tinggal di sebuah rumah yang berada di Anggut Atas yang kini dikenal dengan jalan Soekarno-Hatta. Sekarang rumah tersebut menjadi tempat wisata peninggalan sejarah dimana isi rumah tersebut terdapat perabotan, buku - buku yang pernah dimiliki dan digunakan oleh Soekarno dulu. Selain itu ada juga Benteng Marlborough peninggalan pada zaman Inggris, benteng ini menghadap langsung kearah laut dan memiliki bentuk seperti kura-kura jika dilihat dari atas.  Masih banyak lagi wisata peninggalan sejarah diBengkulu. Tetapi, kali ini saya bukan ingin membahas wisata-wisata yang ada dibengkulu. Saya ingin mengulik sedikit mengenai makanan khas Bengkulu apa aja sih?.

 Sumber 1

Sumber 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di