CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / REGIONAL / All / ... / Bengkulu /
[ COC Regional : Makanan Tradisional ] Kue Siput Bengkulu Wajib Jadi Oleh Oleh
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6ba6279a972e207378e722/coc-regional--makanan-tradisional--kue-siput-bengkulu-wajib-jadi-oleh-oleh

[ COC Regional : Makanan Tradisional ] Kue Siput Bengkulu Wajib Jadi Oleh Oleh

[ COC Regional : Makanan Tradisional ] Kue Siput Bengkulu Wajib Jadi Oleh Oleh
Selain mempunyai  pantai-pantai yang terbentang disepanjang pinggir pulau sumatera. Hal tersebut membuat bengkulu menjadi wilayah yang sedikit lebih panas terutama wilayah yang dekat dengan pantai. Tak hanya itu Bengkulu juga dikenal dengan tempat pengasingan Bung Karno sewaktu zaman penjajahan Belanda tahun 1939 hingga 1942. Jadilah ketika Bung Karno diasingkan ke Bengkulu dia tinggal di sebuah rumah yang berada di Anggut Atas yang kini dikenal dengan jalan Soekarno-Hatta. Sekarang rumah tersebut menjadi tempat wisata peninggalan sejarah dimana isi rumah tersebut terdapat perabotan, buku - buku yang pernah dimiliki dan digunakan oleh Soekarno dulu. Selain itu ada juga Benteng Marlborough peninggalan pada zaman Inggris, benteng ini menghadap langsung kearah laut dan memiliki bentuk seperti kura-kura jika dilihat dari atas.  Masih banyak lagi wisata peninggalan sejarah diBengkulu. Tetapi, kali ini saya bukan ingin membahas wisata-wisata yang ada dibengkulu. Saya ingin mengulik sedikit mengenai makanan khas Bengkulu apa aja sih?.

 [ COC Regional : Makanan Tradisional ] Kue Siput Bengkulu Wajib Jadi Oleh Oleh

Camilan khas Bengkulu ini memang pantas dinamakan kue siput karena bentuknya yang seperti siput. Banyak sekali orang yang menggemari kue ini, biasanya selalu hadir pada saat Hari Raya di rumah-rumah warga. Kue siput terbuat dari tepung dengan isi kacang yang digulung seperti siput. Rasanya sangat renyah, ada yang asin da nada juga yang manis. Berikut ini bahan dan cara membuatnya.

 

Bahan-bahan :

 

1 kg tepung terigu

 

1 scahet mentega/margarin 200 gr

 

2 gelas air

 

Kacang tanah untuk isi

Cara membuat :

1. Campurkan terigu dan mentega. Uleni kemudian tambahkan air sedikit demi sedikit sehingga adonan kalis. Giling tipis adonan, lalu potong-potong ukuran sekitar 1,5 cm x 2 cm. Jangan lupa taburkan tepung di bawah adonan agar tidak lengket satu sama lain ketika digulung.

2. Gulung kacang agar terselimuti adonan. Kacang tanahnya agak ditekan sedikit agar tidak mudah lepas saat digoreng.

3. Jika sudah semuanya, baru kita siap menggoreng. Atau lebih baik jika dikerjakan oleh dua orang. Yang satu menggulung dan yang satu lagi menggoreng. Panaskan minyak, kemudian masukkan sekitar 3-4 sdm gula pasir ke dalam minyak.

4. Aduk-aduk lalu masukkanlah adonan kue yang sudah digulung dengan kacang. Aduk aduk terus agar gula menempel rata pada kue. Pada saat menggoreng akan terdengar letusan-letusan kecil seperti ketika kita sedang menggoreng kacang.

5. Kalau dirasa sudah masak angkat. Tiriskan sebentar. Lalu cepat pisah-pisahkan kue yang berbalut gula tersebut. Kalau terlalu lama didinginkan, mereka akan menyatu karena lapisan gulanya lengket satu sama lain.

6. Kue Siap dihidangkan.

 [ COC Regional : Makanan Tradisional ] Kue Siput Bengkulu Wajib Jadi Oleh Oleh

MANFAAT YANG TERKANDUNG

 

A. Manfaat Kacang

 

Manfaat Kacang Tanah buat Kesehatan.

 

Di samping menjadi makanan bagi otak, ada jauh lebih penting manfaat kesehatan yang dapat di tawarkan kacang.

 

Juga dikenal sebagai kacang tanah, kacang tanah, bersama dengan kacang-kacangan adalah anggota dari keluarga kacang-kacangan yang merupakan sumber protein terbaik di kerajaan tanaman. Kacang dapat ditemukan di berbagai produk. Mereka dapat dimakan asin, kering dibakar, direbus dan bahkan mentah. Mereka dapat ditemukan dalam kacang gula, selai kacang dan permen dan merupakan bahan utama dalam dicampur kacang. Beyond menjadi makanan bagi otak, ada jauh lebih penting manfaat kesehatan yang menyenangkan ini dapat menawarkan makanan ringan.

 

1. Membantu Meningkatkan Kesuburan

 

Kacang mengandung baik jumlah asam folat. Mengulangi penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang memiliki asupan harian 400 mikrogram asam folat sebelum dan selama awal kehamilan mengurangi risiko memiliki bayi lahir dengan cacat tabung saraf yang serius hingga 70%.

 

2. Bantu dalam Peraturan Gula Darah

 

Seperempat cangkir kacang dapat memasok tubuh dengan 35% dari nilai yang dibutuhkan sehari-hari mangan, mineral yang berperan dalam metabolisme lemak dan karbohidrat, penyerapan kalsium, dan regulasi gula darah.

 

3. Membantu Mencegah Batu empedu

Mungkin mengejutkan bahwa kacang dapat membantu mencegah batu empedu. Tapi 20 tahun penelitian telah menunjukkan bahwa makan 1 ons kacang, kacang atau selai kacang seminggu menurunkan risiko batu empedu berkembang sebesar 25%.

 

4. Membantu Fight Depresi

 

Kacang tanah merupakan sumber yang baik triptofan, suatu asam amino esensial yang penting untuk produksi serotonin, salah satu bahan kimia otak kunci yang terlibat dalam regulasi suasana hati. Ketika depresi terjadi, penurunan jumlah serotonin dapat dilepaskan dari sel-sel saraf di otak. Triptofan dapat meningkatkan efek antidepresan serotonin itu bila ada peningkatan jumlah serotonin dalam darah.

 [ COC Regional : Makanan Tradisional ] Kue Siput Bengkulu Wajib Jadi Oleh Oleh

5. Memori meningkatkan Power

 

Apakah Anda tahu apa yang dapat ditemukan dalam kacang yang memberi mereka “makanan otak” tag? Hal ini disebabkan mereka vitamin B3 atau niasin konten yang banyak manfaat kesehatan termasuk fungsi otak normal dan meningkatkan kekuatan memori.

 

6. Membantu Tingkat Kolesterol Rendah

 

Gizi yang sama kacang yang memberikan kekuatan meningkatkan memori mereka juga membantu menurunkan dan mengontrol kadar kolesterol. Ditambahkan ke yang isinya tembaga mereka yang membantu dalam mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

 

7. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

 

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kacang-kacangan secara teratur terkait dengan penurunan risiko penyakit jantung. Kacang kaya hati-ramah lemak tak jenuh tunggal dan antioksidan seperti asam oleat. Meraih segenggam kacang tanah dan kacang lainnya setidaknya empat kali seminggu untuk mengurangi risiko kardiovaskular dan penyakit jantung koroner.

 

8. Melindungi Terhadap Umur terkait Penurunan Kognitif Peserta penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang memiliki asupan yang paling kaya niasin makanan seperti kacang adalah 70% lebih cenderung memiliki penyakit Alzheimer dikembangkan.

 

9. Kanker Perlindungan

 

Suatu bentuk Fitosterol yang disebut beta-sitoserol (SIT) ditemukan dalam konsentrasi tinggi di beberapa pabrik minyak, biji-bijian, dan polong-polongan termasuk kacang. Pitosterol tidak hanya melindungi terhadap penyakit jantung dengan menghalangi penyerapan kolesterol, mereka juga melindungi terhadap kanker dengan menghambat pertumbuhan tumor.

 

10. Risiko Menurunkan Berat Badan

 

Surprise! Makan kacang-kacangan secara teratur dikaitkan dengan risiko menurunkan berat badan. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang makan kacang setidaknya dua kali seminggu sangat kecil kemungkinannya untuk mendapatkan berat badan daripada mereka yang hampir tidak pernah makan mereka.
Sumber 1

Sumber 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di