CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / REGIONAL / All / ... / Bengkulu /
[ COC Regional : Makanan Tradisional ] Kue Kembang Goyang, Kriuk Kriuk Renyah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6ba489b8408875e2530c61/coc-regional--makanan-tradisional--kue-kembang-goyang-kriuk-kriuk-renyah

[ COC Regional : Makanan Tradisional ] Kue Kembang Goyang, Kriuk Kriuk Renyah

[ COC Regional : Makanan Tradisional ] Kue Kembang Goyang, Kriuk Kriuk Renyah
Kue kembang goyang Dibuat dari tepung beras.Kue kering ini disebut Kembang Goyang karena ketika akan digoreng cetakan digoyang-goyangkan di atas minyak panas.Seiring perkembangan, kue ini pun mengalami penambahan varian rasa. Beberapa tetes essens frambozen, essenspandan, dan biji wijen sebagai variasi rasa hingga penambahan warna membuat penampilan kembang goyang terlihat begitu menarik.Sebagai kue yang dihidangkan di toples bening, kembang goyang sangat cantik jika ditata dengan apik.Sesuai namanya, kue kembang goyang bentuknya menyerupai bunga atau kembang yang sedang mekar.Kembang goyang sendiri merupakan nama sejenis perhiasaan yang dipasangkan di rambut atau sanggul konde dan dapat bergerak-gerak/bergoyang karena memiliki pegas yang biasa dipakai oleh pengantin-pengantin Jawa.

Kue Kembang goyang menjadi suguhan khas masyarakat betawi dan biasa disajikan pada saat hari raya Idul Fitri dan acara-acara hajatan.Kue Kembang goyang juga menjadi salah satu kue tradisional nusantara yang disajikan untuk tamu yang bersilaturahmi karena memiliki rasa yang renyah dan gurih.Kue kembang goyang juga dikenal dengan nama kue kembang loyangatau kue loyang di Sumatera.Sementara bagi masyarakat Bali, khususnya pemeluk agama Hindu, biasanya memakai kue kembang goyang ini sebagai salah satu isi sesajian di hari raya keagamaan, seperti hari raya Nyepi.

 [ COC Regional : Makanan Tradisional ] Kue Kembang Goyang, Kriuk Kriuk Renyah

Bagi kebanyakan orang Jawa yang masih mempertahankan tradisi menyajikan makanan tradisional, seperti misalnya lebaran dan pernikahan, kemungkinan masih sering membuat camilan bernama kembang goyang.

 

Ternyata, kembang goyang adalah kue tradisional asal Betwai, seperti dilansir dari Wikipedia, meskipun ternyata banyak juga daerah Jawa yang juga membuat camilan ini sebagai camilan tradisional seperti misalnya daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah.

 

Kembang goyang sendiri mendapatkan namanya karena bentuknya yang seperti bunga dan digoreng dengan cara digoyangkan dari cetakannya di dalam minyak panas hingga terlepas dan digoreng matang merata. Terbuat dari tepung beras, namun bagaimana camilan ini bisa muncul?

 

Kue renyah ini ternyata terinspirasi dari perhiasan yang dijadikan hiasan sanggul atau konde para pengantin Jawa. Karena bunga yang dipasang di sanggul itu bergerak-gerak atau bergoyang, maka terlihat cantik. Dalam perkembangannya, kembang goyang dibuat dengan berbagai warna dan berbagai varian bentuk cetakan.

 

Umumnya kembang goyang disajikan sebagai kudapan menyambut para tamu yang berkunjung. Namun untuk beberapa daerah, bukan hanya punya sebutan berbeda tapi juga ada tujuan yang berbeda. Misalnya di Bali, bagi pemeluk agama Hindu, kembang goyang dijadikan salah satu sesaji untuk gari raya keagamaan seperti Nyepi.

 [ COC Regional : Makanan Tradisional ] Kue Kembang Goyang, Kriuk Kriuk Renyah

Wah, ternyata seperti itu sejarah manis kembang goyang yang renyah dan jadi kudapan tradisional di berbagai daerah.

 

Lalu bagaimana dengan makanan khas Bengkulu?.Makanan satu ini bernama kembang goyang merupakan salah satu nama cemilan yang berbahan dasar tepung beras dan santan kelapa. Cemilan ini menjadi primadona ketika sedang berlangsungnya upacara pernikahan adat. Berbentuk seperti bunga dan cara membuatnya dengan cara digoreng. Sajian kuliner ini memiliki rasa tawar dan ada yang manis, namun ada juga yang mempunyai rasa gurih ketika dicoba.

 

Cara-cara Membuat Kembang Goyang yang Harus Diperhatikan

Proses pembuatan kue kembang goyang sebenarnya cukup mudah dan membutuhkan durasi yang tak terlalu lama. Namun, untuk mendapatkan kue yang matang dan terbentuk dengan sempurna, ternyata terdapat beberapa tips yang harus Anda ketahui dan ikuti. Ingin tahu tips-tips lengkapnya? Anda bisa mengetahuinya pada penjelasan berikut.

 

● Pakailah 3 Jenis Tepung dan Santan untuk Mencairkan Adonan

Untuk membuat kembang goyang yang renyah, Anda harus mencampurkan tepung beras, tepung terigu dan tepung tapioka sebagai bahan dasar adonan. Selain itu, gunakan santan sebagai pelarut adonan dan jika Anda sudah menggunakan santan, Anda tidak perlu menambahkan air, pada adonan.

 

● Pastikan Minyak Benar-benar Panas

Perhatikan minyak goreng sudah benar-benar panas saat Anda akan memasukkan adonan. Jika panas minyak sudah pas, adonan akan lepas dengan mudah dari cetakan. Bahkan Anda hanya perlu menggoyang perlahan saja, maka adonan bisa lepas dengan sendirinya.

 

● Masukkan Cetakan ke Dalam Minyak Sebelum Menggoreng

Cetakan memiliki peranan penting dalam proses pembuatan kue kembang goyang. Jika Anda khawatir adonan akan lengket dan terus menempel pada cetakan saat digoreng dalam minyak, ternyata terdapat sebuah cara untuk mengantisipasinya. Anda hanya perlu mencelupkan cetakan ke dalam minyak panas terlebih dahulu sebelum memasukkannya dalam adonan. Dengan cara ini, adonan akan dengan mudah dapat terlepas dari cetakan dan bentuknya menjadi rapi.

 

● Jangan Memenuhi Cetakan dengan Adonan

Sebelum Anda mencelupkan cetakan ke dalam adonan, coba lihat garis batas tinggi adonan yang terdapat pada cetakan. Pada saat mencelupkan usahakan jangan sampai melewati batas tersebut atau malah memenuhi cetakan. Jika cetakan terlalu penuh dengan adonan, maka adonan akan menempel dan tidak akan mudah lepas.

● Saring Adonan sebelum Digoreng

Adonan kembang goyang harus benar-benar halus dan tidak menggumpal sama sekali. Supaya tidak ada gumpalan, Anda bisa menyaring adonan. Gunakan saringan kawat halus dengan lubang kecil. Tekan adonan perlahan saat menyaring untuk mendapatkan hasil saringan yang baik.

 [ COC Regional : Makanan Tradisional ] Kue Kembang Goyang, Kriuk Kriuk Renyah

● Pisahkan Adonan Kue dengan Bahan Tambahannya

Kembang goyang juga bisa ditambahi dengan wijen ataupun kacang-kacangan. Untuk mendapatkan kue yang cantik, Anda sebaiknya memisahkan adonan dengan bahan campuran yang akan digunakan. Caranya, celup cetakan ke dalam adonan dahulu, lalu celupkan ke dalam bahan tambahan sampai menempel dengan sempurna. Setelahnya, Anda baru bisa memasukkan adonan ke dalam minyak panas untuk digoreng.

 

● Goyang Cetakan dengan Hati-hati Saat Melepas Kue dari Cetakan

Untuk melepaskan kue dari cetakan, Anda hanya perlu menggoyangkan cetakan dengan perlahan. Setelah beberapa saat, kue pun akan terlepas dengan sendirinya. Dengan cara ini, kue pun tidak akan hancur. Lebih dari itu, supaya kue dapat terlepas dengan mudah, sebaiknya jangan mencelup cetakan dengan adonan yang terlalu banyak.

 

● Goreng Adonan sampai Berwarna Kecoklatan

Gunakan api sedang saat menggoreng. Goreng adonan kue kembang goyang sampai berwarna kecoklatan. Sebaiknya, jangan memasukkan terlalu banyak adonan ke dalam wajan secara bersamaan, supaya semua kue dapat matang dengan baik.

 

● Simpan di Dalam Wadah Kedap Udara

Setelah Anda selesai menggoreng semua adonan, tiriskan kue sampai minyaknya berkurang dan kemudian simpan kue kembang goyang di dalam sebuah wadah atau toples tertutup rapat supaya teksturnya tetap garing dan renyah dalam jangka waktu lama.

 

Setelah Anda membaca penjelasan di atas, jangan ragu untuk mencoba untuk membuat kue kembang goyang sendiri. Tips-tips tersebut tentu sangat mudah dilakukan. Jika Anda sudah berhasil menerapkannya dengan tepat, kue kembang goyang Anda pun pasti akan renyah dan berbentuk cantik. Nah, kalau Anda sudah memahami tips-tips di atas dengan baik, sekarang saatnya untuk mempelajari resep pembuatan kue kembang goyang.

 

Resep Membuat Kembang Goyang yang Renyah dan Gurih

Selain sering disebut sebagai kembang goyang, kue ini juga mendapat julukan kue loyang atau kue kembang loyang di daerah Sumatera. Walaupun mungkin namanya berbeda di setiap daerah, yang jelas rasa kue dan bentuknya memiliki ciri yang sama. Secara umum, kue ini terdiri dari dua jenis, yakni manis dan asin. Namun pada saat ini, kue kembang goyang sudah memiliki berbagai variasi seperti dengan tambahan susu, keju dan wijen. Apakah Anda ingin tahu resepnya lebih lanjut? Silakan simak dua buah resep kue kembang goyang manis dan kembang goyang pandan di bawah ini.

 

Kue Kembang Goyang Manis

Bahan-bahan:

 

200 gram tepung beras

 

65 gram gula pasir halus

 

35 gram Blue Band Serbaguna

 

½ sdt garam

 

2 butir telur ayam

 

250 ml santan sekitar (yang dihasilkan dari 1/2 butir kelapa)

 

Minyak goreng secukupnya saja

 

2 sdm wijen

 

Cara membuat:

 

1. Masukkan bahan utama kue seperti Blue Band Serbaguna, gula pasir, tepung beras, garam dan wijen ke dalam sebuah wadah besar. Lalu, aduk-aduk semua bahan tersebut sampai tercampur merata.

 

2. Tambahkan telur yang sudah dikocok dengan santan perlahan ke dalam adonan, sambil terus diaduk. Setelah itu, sisihkan.

 

3. Selanjutnya, siapkan cetakan kue kembang goyang. Panaskan cetakan tersebut dalam minyak yang sudah mendidih.

 

4. Kemudian, celupkan cetakan ke dalam adonan kue dan mulai goreng adonan satu per satu.

 

5. Goyang cetakan perlahan untuk membuat adonan terlepas dengan sendirinya.

 

6. Kue yang sudah matang, akan berwarna kuning kecoklatan.

 

7. Langkah terakhir, apabila semua kue sudah matang, angkat kue dari penggorengan satu per satu dan tiriskan. Setelah dingin, kue pun dapat disimpan dan dinikmati bersama orang-orang terdekat.

 

Kue Kembang Goyang Pandan

Bahan-bahan:

 

150 gram tepung beras

 

1 butir telur, dikocok lepas

 

¼ sendok teh garam

 

150 ml santan dari ¼ butir kelapa

 

½ sdt pasta pandan

 

15 gram wijen

 

25 gram gula pasir halus

 

35 gram Blueband Serbaguna

 

Minyak untuk menggoreng

 

Cara membuatnya :

1. Campur semua bahan dalam sebuah wadah besar dan aduk semuanya sampai larut dan tercampur rata.

 

2. Panaskan cetakan kue terlebih dahulu dengan mencelupkannya ke dalam minyak untuk menggoreng. Gunakan api sedang saja untuk memproses kue kembang goyang.

 

3. Celup cetakan ke dalam adonan sampai pada bagian bibir cetakan saja, lalu masukkan cetakan ke dalam minyak panas sambil di goyang-goyang perlahan hingga kue terlepas dengan sendirinya.

 

4. Setelah itu goreng kue sampai berwarna kecokelatan dan matang, baru Anda angkat, dan tiriskan.

 

5. Dinginkan kue sebentar, kemudian masukkan ke dalam toples kedap udara.

Setelah matang, kue kembang goyang dapat dimakan langsung. Jika Anda membuat kue dalam jumlah besar, kue dapat disimpan dalam sebuah tempat atau toples kedap udara untuk jangka waktu yang lama. Dengan membuat kue sendiri di rumah, Anda pun bisa berhemat dan juga menambah kemampuan dalam mengolah kue. Nah, jadi jangan ragu lagi untuk mencoba tips dan resep di atas! Semoga Anda dapat membuat kue kembang goyang yang lezat dengan bentuk yang cantik.


Sumber 1
Sumber 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di