CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / REGIONAL / All / ... / Bengkulu /
[ COC Regional : Makanan Tradisional ] Lontong Tunjang Pasar Baru Koto
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6b9b88eaab25768e62b850/coc-regional--makanan-tradisional--lontong-tunjang-pasar-baru-koto

[ COC Regional : Makanan Tradisional ] Lontong Tunjang Pasar Baru Koto

[ COC Regional : Makanan Tradisional ] Lontong Tunjang Pasar Baru Koto
Tunjang? Yah.. Tunjang atau kikil ini adalah bagian kulit kenyal yang terdapat di kaki sapi. Bagian ini lembut banget dan pas dimakan itu langsung endes di mulut hemm… jadi laper haaaa.

 

Kali ini kita akan sarapan di kota Bengkulu tepatnya di Simpang Pagar Dewa, Kota Bengkulu. Disini ada tempat sarapan bernama Buffet Minang 2. Ada menu Nasi Goreng dan Lontong Tunjang yang favorit di tempat ini. Saya lebih merekomendasikan lontong tunjangnya sih…

 

Karena gak disemua tempat kita bisa nemuin makanan ini. Walaupun ini notabene rumah makan Padang, tetapi kuliner Lontong Tunjang ini menjadi bagian yang makin memperkaya kuliner di Bengkulu. FYI, budaya makan orang Bengkulu banyak dipengaruhi oleh kuliner Padang loh. Mungkin karena banyak orang Padang yang tinggal di kota ini. Mungkin yaaaa mungkin…. 😬

 

Pagi-pagi sarapan berat dan bersantan seperti ini sangat lumrah dilakoni orang Bengkulu. Porsinya juga ga main-main… Bisa dimakan berdua malah. Porsi makanan ini juga bisa menjadi nilai tambah tersendiri bagi para konsumen. Bagaimana dengan rasanya???

 [ COC Regional : Makanan Tradisional ] Lontong Tunjang Pasar Baru Koto

Ternyata rasanya…..

 

Emang enak sih menurut lidahku. Tunjangnya yang empuk dan kuah santannya yang kental berpadu dengan bumbu rempah dan gulai tunjang khas Padang itu “surga”

 

Surga kolesterol maksudnya haaaa… Tapi enak gimana dong?

Berbeda rasanya dengan lontong sayur yang lain yang lebih condong ke kuah gulai sayur entah itu nangka, labu siam, buncis, atau kacang panjang, kuah lontong tunjang ini lebih berasa ke kuah tunjangnya yang berkaldu. Heeemm… Sedaphhh

 

Sayur yang terdapat dalam kuahnya hanya potongan kecil nangka, selebihnya ya tunjang. Lontongnya juga ga keras guys, pas.

 

Sebagai taburan, ada bawang goreng dan kerupuk yang menambah crunchy sarapan berat ini.

 [ COC Regional : Makanan Tradisional ] Lontong Tunjang Pasar Baru Koto

Harganya berapa ya??? Dengan Rp. 15.000 kita bisa menikmati lezatnya lontong tunjang ini. Ane rasa harganya bersahabat dengan rasa dan keempukan tunjang serta gulainya yang “surga” banget.

 

Selamat menikmati…. Jangan lupa makannya sesekali aja ya, sebulan dua kali cukup kali yaaaaa.

 

Tetap sarapan dan hidup sehat guys

Pergi liburan ke Bengkulu, rasanya tidak pas kalau belum mencicipi kuliner khasnya. Jangan lupa coba Ikan Bakar Jingkrak dan Lontong Tunjang ya!

Salah satu keberuntungan tinggal di Indonesia, setiap wilayahnya memiliki kuliner khas yang lezat. Di Bengkulu, ada Lontong Tunjang yang asyik untuk sarapan, dan ikan bakar yang gurih untuk makan siang.pernah mencicipi keduanya saat traveling ke Bengkulu beberapa waktu lalu. Lontong tunjang adalah lontong sayur dengan tunjang di dalamnya.

Tunjang adalah nama lain kikil atau daging di bagian kaki sapi. Disajikan lengkap dengan kerupuk diatasnya. Perpaduan rasanya sangat nikmat dan kaya akan rempah-rempah, gurih nan lezat di mulut.Lontong tunjang cukup mudah untuk dijumpai. Banyak warung setempat menjualnya, namun yang cukup banyak ada di Jalan Kapuas Raya.

Seporsi lontong tunjang (Fitraya/detikTravel)Seporsi lontong tunjang (Fitraya/detikTravel)

Bagi pecinta seafood, sudah wajib untuk mencicipi kuliner Ikan Bakar. Pokoknya Belitung surga bagi pecinta makanan tepi laut!

Di Pantai Tepak Paderi misalnya, disana terdapat restoran Ikan Bakar Jingkrak yang memiliki berbagai varian menu lezat. Terdapat berbagai macam jenis pilihan ikan seperti kakap, kerapu, kuwe, baronang dan lainnya. Pilihan bumbunya ada kecap, kacang, bakar madu dan sambal jingkrak yang pedas.

Bila ingin pilihan lainnya selain dibakar, traveler bisa memilih ikan yang dapat dimasak dengan bumbu asam manis, rica-rica, saus padang, tauco, goreng tepung atau saus tiram. Namun yang khas adalah masak bagar asam khas Bengkulu mirip gulai pedas.

Ada juga pilihan olahan sayur seperti kangkung, capcay, atau terong balado yang tidak kalah lezatnya. Terong baladonya pun unik, dibakar terlebih dahulu lalu diberi bumbu balado.

Untuk soal harga, kedua makanan ini memiliki harga yang cukup terjangkau. Satu porsi Lontong Tunjang hanya sekitar Rp 10 ribu saja, sedangkan ikan bakar dengan sayur pendamping dan minuman berkisar Rp. 50-70 ribu.Uni Ros tidak pernah lupa untuk selalu bersedekah, ini merupakan suatu ucapan syukur atas suksesnya usaha yang dibangun selama 16 tahun ini. Kedai Uni Ros beralamat di Jalan Mahakam Raya Lingkar Barat, tepatnya depan Kantor Camat Gading Cempaka.

“Kami menyediakan sarapan gratis bagi yang sholat subuh di Masjid,” ujar Uni Ros. Rosma (48) yang kerab disapa Uni Ros ini menuturkan, sarapan gratis ini sudah lumayan lama dibuka. Sarapan gratis ini dibuka mulai saat sholat subuh sampai pukul 06.00 WIB. Sarapan gratis ini disediakan khusus setiap hari Jumat dan berlaku untuk semua menu spesial di kedai Lontong Tunjang Uni Ros.

Menu yang disediakan dikedai Lontong Tunjang ini berupa nasi uduk, nasi soto, nasi goreng seafood, nasi goreng kambing, nasi goreng daging, nasi goreng spesial, gado-gado, bakso sayur, bebek cabe ijo mie goreng seafood, mie goreng daging, mie goreng special, capcay, sop iga, sop buntut, nila cabe ijo, lele cabe ijo, dan cah kangkung.

[ COC Regional : Makanan Tradisional ] Lontong Tunjang Pasar Baru Koto

Salah satu menu terfavorit di kedai Lontong Tunjang Uni Ros ini adalah lontong tunjang. Lontong tunjang ini sangat aman untuk dikonsumsi. Karena plastik pembungkus lontongnya dilapisi daun pisang sehingga zat kimia dari plastik itu terserap oleh daun pisang.

“Lontong tunjang ini aman untuk dikonsumsi,” jelas Uni Ros saat ditemui BE, Rabu (7/2/2018). Lontong tunjang ini berisi potongan lontong, sayur dan tentu saja ada potongan tunjang atau kikil. Sayur yang disediakan juga bermacam-macam ada sayur nangka, buncis, pakis yang dimasak dengan santan dan bumbu yang berbeda sehingga menghasilkan cita rasa yang berbeda. Dari ketiga sayur ini bebas untuk memilih sayur sesuai selera. Mereka juga menggunakan istilah There in One. Jadi dalam satu porsi lontong tunjang ada tiga macam sayur yang disatukan. Selain itu, tunjang/kikil kaki sapi ini terdapat daging, urat dan gemuk.

Kedai Lontong Tunjang Uni Ros ini juga akan meluncurkan menu spesial terbaru yaitu sate pecal. Sate pecal ini adalah sate padang yang dimakan dengan pecal dan bumbu kacang.“Kayak apa ya rasa pecal sate? Kalau penasaran silahkan datang dan jangan lupa ajak teman, keluarga, pacar dan siapapun boleh,” tutup Ibu berkacamata ini.


Sumber


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di