CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / ... / SINDOnews.com /
Mulai Senin Uji Spesimen Corona Libatkan Lembaga Lain
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6b968488b3cb738d676783/mulai-senin-uji-spesimen-corona-libatkan-lembaga-lain

Mulai Senin Uji Spesimen Corona Libatkan Lembaga Lain

Mulai Senin Uji Spesimen Corona Libatkan Lembaga Lain

TANGERANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto untuk melibatkan lembaga lain dalam melakukan uji spesimen. Seperti diketahui saat ini uji spesimen dilakukan secar terpusat di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kemenkes.

"Mengenai pengecekan saya sudah perintahkan kepada Menkes agar laboratorium di luar Balitbangkes bisa melakukan (uji spesimen)," ujarnya di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (13/3/2020). (Baca juga: Pasien Positif Corona di Indonesia Melonjak, Dua di antaranya Balita)

Dia mengatakan ada beberapa lembaga yang dinilai mampu melakukan uji spesimen tersebut. Di antaranya Laboratorium milik Universitas Airlangga Surabaya dan Lembaga Biologi Molekuler Eijkman.

Baca Juga:

"Kelihatannya mungkin Airlangga di Surabaya dan Eijkman. Secara teknis tanya ke Menkes," ucapnya.

Jokowi juga memastikan bahwa kebutuhan logistik untuk uji laboratorium cukup banyak. Dia mengatakan bahwa baru-baru ini telah menambah 10 ribu kit untuk pemeriksaan laboratorium.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto mengatakan bahwa pelibatan lembaga lain untuk uji spesimen Corona akan dimulai Senin mendatang. Lembaga lainnya tersebut antara lain Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan (BBTKL), Laboratorium milik Universitas Airlangga Surabaya dan Lembaga Biologi Molekuler Eijkman. Termasuk juga lembaga-lembaga lain yang sedang menjalani pelatihan. (Baca juga: Bertambah 35 Orang, Pasien Positif Corona Naik 100%)

"Pemerintah sudah memutuskan mulai Senin besok pemeriksaan laboratorium sudah bisa dilaksanakan bukan hanya di Balitbangkes," pungkasnya.


Sumber : https://nasional.sindonews.com/read/...ain-1584105766

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Mulai Senin Uji Spesimen Corona Libatkan Lembaga Lain Sembilan ABK di Jepang Positif Corona Sudah Sembuh

- Mulai Senin Uji Spesimen Corona Libatkan Lembaga Lain Gubernur Jateng Instruksikan Sediakan Tempat Cuci Tangan di Area Kerumunan

- Mulai Senin Uji Spesimen Corona Libatkan Lembaga Lain ACT Bantu Korban Konflik Kemanusiaan di India



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di