CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Cegah Corona, UI Terapkan Pembelajaran Jarak Jauh
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6b8d45c0cad73c1806575e/cegah-corona-ui-terapkan-pembelajaran-jarak-jauh

Cegah Corona, UI Terapkan Pembelajaran Jarak Jauh



REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas Indonesia mengubah kegiatan belajar mengajar (KBM) dari yang semula tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ). Hal ini berkaitan dengan ditetapkannya infeksi Covid-19 sebagai pandemi.


Rektor UI Ari Kuncoro dalam surat edarannya mengatakan, terhitung sejak Rabu (18/3) hingga berakhirnya semester genap tahun ajaran 2019/2020 sistem PJJ akan diberlakukan. UI juga mengeluarkan pedoman penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi infeksi Covid-19.


"Pimpinan fakultas dan program studi diminta untuk memberikan dukungan yang dibutuhkan para dosen untuk dapat menyelenggarakan PJJ," kata Ari dalam keterangannya, Jumat (13/3).


Sementara itu, KBM dalam bentuk praktik seperti praktik laboratorium, praktik klinik, dan praktik industri tetap dilaksanakan. Namun, harus terlebih dulu dipastikan tempat praktik menerapkan pencegahan penularan infeksi Covid-19.


Ari mengatakan, pimpinan fakultas dan program studi dapat melakukan perubahan penjadwalan kuliah praktik. Perubahan jadwal bisa dibuat sesuai dengan perkembangan keadaan.


Terkait dengan KBM dalam bentuk praktik lapangan di masyarakat, seperti Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan praktik di lapangan diharuskan ditunda atau dijadwal ulang. Apabila tidak dapat dijadwal ulang maka Ari menegaskan harus ada pencegahan penularan infeksi COVID-19 semaksimal mungkin.


Selain itu, Ari menambahkan, UI meminta para mahasiswa yang menghuni asrama dan rumah kost di sekitar kampus agar segera kembali ke rumah masing-masing. Sebab, pembelajaran akan dilakukan dengan PJJ.


"Meminta seluruh dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan UI untuk menunda atau membatalkan penyelenggaraan berbagai kegiatan yang menimbulkan terjadinya kerumuman banyak orang sedemikian rupa sehingga tidak memungkinkan dilakukannya tindakan kewaspadaan dan pencegahan penularan infeksi COVID-19," kata Ari.

sumur

kampus sudah bertindak, dan mendikbud masih bengong nunggu titah presiden
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darck91 dan 3 lainnya memberi reputasi





udah sampe malang
profile-picture
darck91 memberi reputasi
Ts spesialis corona emoticon-thumbsup



Lanjut jon emoticon-Ngacir
Yang dilakukan oleh UI sudah baik, beberapa Pemprov seperti Jabar, Jateng, Bali dan DKI Jakarta pun juga sudah baik.

WHO telah memberikan delapan rekomendasi tindakan kepada pemerintah Indonesia terhadap perkembangan kasus virus corona Covid-19 di Indonesia.

Tinggal ditunggu saja kan keputusan resmi dari pemerintah pusat nanti menyikapi rekomendasi dari WHO, sabar aja. Yang penting bagi masyarakat tetap waspada, hati², jangan panik, harus pro aktif kalau sakit tiga hari ngak sembuh datangi dokter atau Puskesmas-RS, jangan nimbun sembako juga sebab stok aman cukup.
profile-picture
48y24rd memberi reputasi
Lihat 1 balasan
gw kuliah hari senin, berarti belom berlaku ya?
Lihat 1 balasan
Quote:


Kayak ngak tau aja tabiat orang di negeri ini, dikasih himbauan aja banyak dicuekin, banyak yang ndaleg ( Sudah tau keliru tetep aja dilakukan ), beda dengan Singapura, pemerintahnya tegas, ketegasan pemerintah Singapura ternyata adalah kunci, ngak heran kalau WHO memuji Singapura yang menjadi salah satu negara yang sukses melawan Virus Corona, bahkan Harvard University juga mengakui kemampuan Singapura sebagai Gold Standart atau standar tinggi untuk deteksi kasus Virus Corona. Singapura akan menghukum para suspect Virus Corona yang tak patuh instruksi karantina, mereka sangat strict.

Contohnya, kalau ada orang dalam status pemantauan, di mana mereka keluar rumah, itu sampai ketahuan ke luar rumah, itu bisa dicabut permanent resident-nya. Jadi betul-betul hukum ditegakkan sehingga orang tentu ada rasa takut tapi itu penting untuk memastikan tak ada penularan.
profile-picture
galer2124 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Sekolah SDH,SPH sudah meliburkan siswanya dari jumat ini
Menyedihkan
Diubah oleh bghifari
Quote:


Yoi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di