CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / REGIONAL / All / ... / Bengkulu /
[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Pantai Lentera Merah Bengkulu
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6b7b61018e0d09a51c7579/coc-regional--lokasi-wisata--pantai-lentera-merah-bengkulu

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Pantai Lentera Merah Bengkulu

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Pantai Lentera Merah Bengkulu


Bagi anda para wisatawan yang ingin mencari objek referensi wisata guna mengisi hari libur/weekend dan juga hobi foto selfie, sebaiknya anda mengunjungi objek wisata yang satu ini yaitu objek wisata lentera merah. 

Tempat ini disebut Lentera Merah karena lampu Mercusuar pemandu kapal di alur pintu masuk pelabuhan alam Pulai Bai berwarna merah. Keindahan alam menjadi daya tarik tersendiri yang harus dimiliki suatu objek wisata, disana kita dapat melihat keindahan laut dari susunan batu-batu besar yang menjadi penahan ombak dari abrasi pintu pelabuhan yang merupakan satu-satunya jalur lalulintas kapal-kapal yang mengakses pelabuhan. Selain itu kita juga dapat menikmati suasana hutan yang masih asri sepanjang perjalanan.

Saat menunggu waktu kepulangan masih dua jam tiga puluh menit lagi, sementara sudah melalukan web Chek, oleh driver kami diajak menuju pantai lentera merah yang letaknya tidak terlalu jauh dari Bandara, jalan menuju Pantai dari jalan utama terlihat kurang mulus, bebatuan yang menonjol sepanjang jalan.

sampai pertigaan driver bilang, bapak mau ke kiri apa kenanan, saya bilang pantai yang ada mercusuarnya kemana, dia bilang kalau ke kiri arah menuju pantai dan kalau ke kanan (maaf) komplek WTS, kami memilih ke kiri untuk menikmati keindahan pantai.

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Pantai Lentera Merah Bengkulu

Setelah belok kekiri sedikit masih jalan yang penuh dengan bebatuan, namun setelah itu jalan berpasir, sampai menuju lokasi, driver bercerita beberapa bulan yang lalu, disini ada anak sekolah yang dibunuh dan dibuang mantan pacarnya disini, oleh sebab itu sekarang sering patroli lewat disini untuk menjaga keamanan.

Salah satu menara suar di Pelabuhan Pulau Baai, Kota Bengkulu, yang disebut Lentera Merah menjadi tempat wisata baru, khususnya untuk foto diri atau "selfie" hingga beramai-ramai atau "wefie" lalu diunggah ke media sosial, seperti instragram.

Beberapa bulan terakhir Lentera Merah ramai dikunjungi anak-anak remaja dan pemuda, terutama untuk kegiatan foto-foto," kata Riko, warga Kelurahan Teluk Sepang yang sehari-hari mencari ikan di Pantai Samudera Ujung, Bengkulu,

Di sebelah kiri perjalanan kami terlihat pantai yang sangat menawan, pasir kuning yang terhampar di sepajang tepian pantai.

Sampai dilokasi, hanya terdapat satu orang jualan dengan membuka lapak, dan ada dua orang yang jualan rujak dengan menggunakan sepeda motor.

Selebihnya di antara bebatuan saya melihat banyak sekali pemancing yang mencoba keberuntungan, ada juga yang memancing bersama dengan keluarga.

Lentera Merah merupakan menara suar yang dicat berwarna merah dan dilengkapi satu lampu suar yang memancarkan cahaya berwarna merah.

Di pintu alur masuk Pelabuhan Pulau Baai juga terdapat satu menara lainnya, yakni Lentera Hijau, menara yang dicat berwarna merah dan dilengkapi lampu suar berwarna hijau.

"Lentera Merah lebih populer karena posisinya menjorok ke laut sehingga pemandangan laut lepas bisa masuk dalam kamera," kata Wawan, salah seorang pengunjung lokasi itu.

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Pantai Lentera Merah Bengkulu

Sedangkan satu menara suar lainnya berdiri sejajar dengan hamparan pohon pinus yang dianggap mengurangi unsur pantai dan laut lepas.

Selama ini kompleks Lentera Merah dikenal sebagai spot pancing yang dipadati pemancing, terutama saat akhir pekan.

"Sekarang tidak hanya pemancing, para remaja dan pemuda yang ingin ke Lentera Merah untuk berfoto-foto lebih ramai sehingga setiap akhir pekan pasti ramai," kata Ujang, warga yang sukarela mengawasi kendaraan pengunjung dan mengambil pungutan Rp.1000 per kendaraan.

Sementara Pengurus Asosiasi Perjalanan Wisata (Asita) Bengkulu, Krishna Gamawan mengkhawatirkan keramaian di Lentera Merah mengganggu fungsi menara suar tersebut.

Butuh waktu sekitar 30 menit dari pusat kota menuju lokasi. Untuk mencapai lokasi ini dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Meskipun keadaan medan menuju lokasi ini sedikit berat dikarenakan akses jalan aspal yang belum ada apalagi saat musim hujan, sehingga kita harus pintar dalam memilih jalan yang akan kita lalui. Keindahan alam yang masih alami dapat kita jumpai selama dalam perjalanan menuju lokasi.

Objek wisata Lentera merah yang terletak di Jalan pantai indah, Pulau Baai Bengkulu, memang tidak se-populer wisata pantai panjang dan yang lainya yang juga berada di Provinsi Bengkulu. Tapi, bukan berarti objek wisata Lentera Merah ini kalah dari wisata tersebut, justru masyarakat luas banyak yang belum mengetahui betapa indah dan asrinya objek wisata Lentera Merah ini.

Akses menuju wisata Lentera merah bisa ditemuh dengan kendaraan roda dua bahkkan kendaraan roda empat. Bila anda dan keluarga akan melakukan liburan dengan tema piknik maka spot wiasata ini sangat rekomended buat kamu. Sebab, air lautnya yang biru, hamparan pohon cemara dan bakau yang hijau menjadi pemandangan yang sejuk di mata. Bahkan kita juga bisa menyaksikan proses kapal keluar masuk pelabuhan Pulau Baai, 

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Pantai Lentera Merah Bengkulu

Sebaiknya ada informasi tentang fungsi lentera sehingga pengunjung tidak sembarangan bahkan bisa merusak fasilitas itu, padahal fungsinya sangat vital sebagai penuntun kapal barang dan nelayan.

Lentera Hijau - Pulau Baai, Bengkulu. Ada Lentera Merah ada Lentera Hijau. Tapi, 2 lentera ini berada di dua tempat yang berbeda. Walaupun masih bisa dilihat dengan mata kalau kita berada di tengah. Akses menuju ke sini juga bisa dibilang luar biasa.

Lentera Merah - Pulau Baai. Bisa dibilang mencari Lentera Merah ini butuh perjuangan lebih dikarenaka akses yang tidak mudah. Kita harus rental motor dan jalanan menuju ke sana pasir pantai. Belum lagi kita harus melewati batu-batuan untuk sampai ke Lentera Merah.

Nama Lentera Merah sendiri berasal dari dua buah mercusuar yang mengapit jalan bagi keluar masuknya kapal-kapal yang akan menuju pelabuhan Pulau Baai. Objek wisata ini memang belum populer tapi tidak ada salahnya untuk dicoba menginjungi, apakah anda tertarik...??

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Pantai Lentera Merah Bengkulu

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Pantai Lentera Merah Bengkulu

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Pantai Lentera Merah Bengkulu

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Pantai Lentera Merah Bengkulu

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Pantai Lentera Merah Bengkulu

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Pantai Lentera Merah Bengkulu



Sumur : https://www.dutawarta.com/mau-selfie...-lentera-merah


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di