CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ada Ancaman Virus Corona, JK Imbau Kegiatan Ramadan Dibatasi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6b7083c342bb50e714700c/ada-ancaman-virus-corona-jk-imbau-kegiatan-ramadan-dibatasi

Ada Ancaman Virus Corona, JK Imbau Kegiatan Ramadan Dibatasi

Ada Ancaman Virus Corona, JK Imbau Kegiatan Ramadan Dibatasi
Ketua Dewan Masjid Indonesia (DWI), Jusuf Kalla saat meninjau lokasi penyemprotan cairan desinfektan di Masjid Al Munawar, Pancoran, Jakarta, Jumat, 13 Maret 2020. Penyemprotan yang dilakukan di sejumlah masjid di Jakarta untuk mencegah wabah virus corona (covid-19). TEMPO / Hilman Fathurrahman W

TEMPO.CO, Jakarta-Ketua Dewan Masjid Indonesia Jusuf Jalla atau JK mengimbau masjid-masjid membatasi kegiatan di tengah ancaman Virus Corona. Hal ini disampaikan JK saat ditanya ihwal prediksi Badan Intelijen Negara bahwa puncak penyebaran virus Corona bisa terjadi di bulan Ramadan.

"Ya tentu masing-masing masjid akan membatasi gerakan di masjid. Acara di masjid jangan terlalu lama sudah," kata JK di kantor DMI Pusat, Jenggala, Jakarta Selatan, Jumat, 13 Maret 2020.

Kepada ketua DMI DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten yang hadir di situ, JK berpesan agar durasi kotbah dibatasi saja. Dia juga mengusulkan agar kegiatan tarawih tidak terlalu lama. "Batasi kotbahnya lima belas menit, tarawihnya, nanti ditambah di rumah. Kalau delapan (rakaat) di masjid, selebihnya di rumah," kata mantan wakil presiden ini.

JK juga mewanti-wanti agar masjid rutin dibersihkan. Hari ini, DMI juga menyerahkan sumbangan berupa karbol kepada DMI DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

JK mengatakan masjid harus serius menggalakkan kebersihan. Berkaca dari pengalaman di Iran, Malaysia, dan Korea Selatan, rumah ibadah menjadi lokus penyebaran virus Corona. "Kita harus lebih cepat bersihkan masjid sebelum kejadian. Nanti kalau sudah tersebar enggak bisa diatasi," ujar dia.

DMI sebelumnya juga telah mengeluarkan imbauan agar masyarakat membawa sajadah sendiri saat salat berjamaah di masjid. Umat yang sedang batuk dan demam pun diminta untuk beribadah di rumah saja.

"Saya katakan tadi lebih baik sibuk sekarang, capek sekarang, daripada capek di rumah sakit, atau capek di kuburan. Harus masyarakat serius," kata JK.

Sumur Tempo

Kurangi agenda yang melibatkan khalayak ramai gan emoticon-Maaf Agan
Ibadah dalam rumah saja emoticon-Maaf Agan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh tatapok
Halaman 1 dari 2
untung bukan si ngahok yg ngomong gini
bisa dpt vocer hotel gratis 2 thn dia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mizunashi dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh rizieq.shikimak
kenapa nggak sholat dirumah masing2 & khotbahnya streaming sekalian?
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
Masih ada umat muslim yg percaya sama aki2 antek pdipret ini? emoticon-Ngakak (S)

Speaker masjid aja disuruh dikecilkan sama dia emoticon-Gila
profile-picture
caesarckool memberi reputasi
Diubah oleh hijratunsauda.
Lihat 1 balasan
Klo sdh masuk acara ramadhan

Ana jadi inget neng fahira emoticon-Big Grin
Apa yg disampaikan pak jk logis sih.

Tapi apakah org2 agamis setuju dg himbauan seperti itu?
Lihat 2 balasan
gue setuju sama jk, daripada makin nyebar kemana-mana
himbauan yang baik
kalau razia tetap ?
JK masih seperti wapres. Lbh lincah dan cepat ambil keputusan.emoticon-Recommended Seller
profile-picture
masih.abu.abu memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kelihatan kalau bapak ini mulai mengarah ke arah PKI komunis
Bapak tak percaya kalau rencana Allah itu indah?
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ibadah di rumah dibawah kondisi yg tidak memungkinkan kalo menurut ane sholat di rmh juga gpp
Penistaanemoticon-Mad
alumni organisasi islam kok gini ...
padahal satu bendera sama abud
Kegiatan Ramadan di lockdown berani gak??
emoticon-Wakaka
Sahur on the road ga ada dong?
ah bakal dibilamg menista agama g model begini, banyak yg percaya ritual agama bs menolak penyakit atau bahkan menyembukan, pdhl dr awal diajarin aja tujuan untuk menyembah Allah, bukan mencari manfaat diluar itu, salah kaprah. ini gegara banyak yg tdk berilmu seolah mengajaibkan tata cara ibadah, islam itu isinya adalah ilmu pengetahuan, bukan mengaitkan yg gak terkait.

klo menurut gw sholat jumat pun ditiadakan dahulu krn darurot penyebarab virus ini.

mau lockdown apa bisa, malah pd jalan plesiran yg ada, heleh... susah memang...

klo Singapura, italy, lockdown beneran warganya udah sadar,,,
sebenarnya dia berpikir realistis , drpada korbannya makin banyak paling gak membatasi kegiatan ramadhan
emang di alquran membatasi kegiatan ramadhan dilarang??
tarawih bisa di rumah kan??
Klo JK ngomong kaya gini emang ranah dia krn jd ketua dewan masjid. Dulu dia prnh himbau spy masjid2 klo pasang toa jgn terlalu pagi dan terlalu malam.....

Tp hasilnya jd bulan2an kadrun bego
pak jk mau tak demo berjilid2😠
Warga jakarta mana ada yg mau.
Habis kalian jejelin propaganda.
Warga dah cuek bebek, corona cuman mitosemoticon-Ngacir
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di