CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
IDI Minta Pemerintah Perbanyak Laboratorium Uji Virus Corona
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6b662ef4d6953ae41f7aa2/idi-minta-pemerintah-perbanyak-laboratorium-uji-virus-corona

IDI Minta Pemerintah Perbanyak Laboratorium Uji Virus Corona

IDI Minta Pemerintah Perbanyak Laboratorium Uji Virus Corona
Petugas saat melakukan penyemprotan cairan desinfektan pada ruang shalat di Masjid Al Munawar, Pancoran, Jakarta, Jumat, 13 Maret 2020. Penyemprotan yang dilakukan di sejumlah masjid di Jakarta untuk mencegah wabah virus corona (covid-19). TEMPO / Hilman Fathurrahman W

TEMPO.CO, Jakarta - Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyarankan pemerintah menambah laboratorium untuk melakukan pengujian virus Corona. Selama ini, pengujian Corona hanya dilakukan di laboratorium Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Kesehatan.

Satuan Tugas Waspada dan Siaga Virus Corona (NcoV) PB IDI, Erlina Burhan, mengatakan lembaganya sudah mengirim surat rekomendasi ini kepada pemerintah.

"PB IDI juga sudah mengirim surat kepada pemerintah agar laboratorium yang untuk bisa melakukan tes PCR untuk virus SARS-CoV-2 ini diperbanyak. Jadi tidak hanya satu lab," kata Erlina di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat, 13 Maret 2020.

Erlina mengatakan Indonesia memerlukan banyak laboratorium untuk menguji virus Corona jika nantinya wabah ini semakin meluas. Ketersediaan laboratorium diperlukan demi mengantisipasi kebutuhan pemeriksaan terhadap masyarakat yang terjangkit.

Di sisi lain, Erlina mengatakan tenaga medis Indonesia sebenarnya sudah mumpuni untuk memeriksa dan merawat pasien Covid-19. Dia mengatakan Indonesia juga berpengalaman menghadapi virus MERS, SARS, dan flu burung. Prosedur-prosedur yang pernah ada, kata dia, kembali diterapkan dengan beberapa penyesuaian perkembangan yang diperlukan.

Dia pun menekankan, yang masih menjadi masalah adalah persoalan fasilitas. Dokter spesialis paru-paru yang bertugas di RS Persahabatan ini mengatakan fasilitas medis tergolong mumpuni di Jakarta, tetapi dia tak tahu kondisi di tempat lain. "Kalau di daerah saya tidak tahu, mungkin lebih baik ditanyakan ke Kemenkes," ujar Erlina.

Sumur Tempo

Lebih banyak Tenaga ahli yang digerakkan lebih baik memang emoticon-Traveller
daerah suspect juga mungkin sudah semakin luas emoticon-Traveller

Spoiler for "Lab Corona":
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Saran yang baik dari IDI.

Menteri Keuangan Sri Mulyani sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp1 triliun untuk menangani penyebaran virus corona di Indonesia. Angka tersebut telah memperhitungkan berbagai usulan kebutuhan dari kementerian dan lembaga terkait.

"Kami perkirakan (anggaran) mencapai mendekati Rp1 triliun, dan kami sudah menyediakan untuk Kementerian Kesehatan," ucapnya di Jakarta, Jumat (13/3).

Alokasi dana tersebut, lanjutnya, akan digunakan untuk kebutuhan logistik, sarana dan pra sarana, dukungan instansi kesehatan, tes laboratorium, dan sebagainya.
memang ada 11 Lab BSL-3 di Indonesia...
tapi setau gw sih semua nya di Jawa, dimana sebagian besar ada di Jabodetabek (Puslitbangkes Salemba, Eijkman RSCM, LIPI Cibinong, IPB Bogor, Kementan Cibedug)
sudah terlambat, lebih baik sediakan bed dan ventilator yang banyak emoticon-Takut
kemaren2 who udh ingetin malah santai2 aja, sampe rakyatnya pun nyinyirin who segala sembuh pake kerokan lah
mau 70 lab kalo semua numpuk di jawa ya percuma, coba dibikin per region, seenggaknya per bagian waktu. WIT, WITA, WIB.
ini dari awal Corona otak ane udah mikirin gini. gatau dah kalo dari otoritas sono.
Bener, kirim kejakarta mulu keburu tewas nanti.
emoticon-Turut Berduka
selama penerbangan ke jkt banyak mending dipusatkan di 1 tempat aja labnya, sampelnya tinggal diterbangkan.


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di