CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / REGIONAL / All / ... / Madura /
[COC Regional: Lokasi Wisata] Hutan Mangrove Madura
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6b5d1faf7e9319cd1b90c1/coc-regional-lokasi-wisata-hutan-mangrove-madura

[COC Regional: Lokasi Wisata] Hutan Mangrove Madura

Quote:


[COC Regional: Lokasi Wisata] Hutan Mangrove Madura

terkenal sebagai lokasi yang berdeketan dengan laut madura mempunyai beragam wisata alam yang dapat dinikmati terutama dari segi laut yaitu hutan mangrove, salah satu wisata yang terkenal adalah Taman Pendidikan Mangrove Labuhan ini terletak di desa Labuhan Kecamatan Sepulu atau sekitar 40 Km dari arah utara Kota Bangkalan sebelum Pantai Siring Kemuning. Kawasan hutan Mangrove Labuhan ini sebenarnya adalah bekas kawasan tambak yang diubah menjadi area konservasi Mangrove. Kemudian dikembangkan menjadi Taman Pendidikan Mangrove oleh Kelompok Tani Mangrove “Cemara Sejahtera” yang merupakan kelompok binaan PT. Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore.



TPML terbagi atas taman mangrove, cemara, budidaya pepaya california, budidaya kambing etawa, budidaya kepiting soka, lahan pembibitan mangrove dan cemara, saung, hingga camping ground. Untuk menikmati keindahan tanaman mangrove, pengunjung akan dipandu oleh Kelompok Tani Cemara Sejahtera dengan melewati geledak kayu (trekking) sepanjang 350 meter. Dilokasi itu, juga sudah dibangun tower setinggi 10 meter yang akan dijadikan pemantau burung-burung migran dan mengantisipasi kegiatan penembakan burung secara liar.




Hal dapat dinikmati saat berada dikawasan ini adalah

1. Jelajah Konservasi Mangrove dan Adopsi Cemara Laut


Dalam kegiatan ini para wisatawan akan diajak untuk jelajah hutan Mangrove mengenal flora dan fauna. Seperti burung, reptil, serangga, mamalia, crustaceae dan ikan. Bukan hanya itu saja teman-teman akan diajak juga untuk membuat herbarium, pembibitan dan adopsi cemara laut. Tidak ketingalan juga ada Fun Game yang akan membuat waktu berjelajah semakin seru.


2. Ayo Petik Pepayamu !


Pada kegiatan kali ini rasanya sangat cocok untuk dilakukan bersama buah hati, apalagi kegiatan petik pepaya ini sarat dengan edukasi. Seperti Fun game, mewarnai Mangrove, belajar bertani (memetik buah pepaya), dan berternak di sekitar hutan Mangrove. Seperti memberi makan kambing dengan daun Mangrove dan tentu saja mengenal fauna yang ada di hutan Mangrove.



3. Mangrove Camp



Untuk teman-teman yang suka berpetuaang sambil menggelar tenda untuk camping rasanya pilihan kegiatan Mangrove Camp ini tepat. Fun camping di hutan Mangrove sembai menjelajah hutan mengenal jenis Mangrove dan satwa liar. Membuat herbarium Mangrove, pembibitan dan menanam Mangrovesambil diskusi sekaligus Fun Game bersama Tim yang sudah dibentuk.




4. Jelajah Konservasi Mangrove


Nah, bagi teman-teman yang ingin menlihat Hutan Mangrove lebih dekat dan ingin mengetahui secara detail semua hal tentang hutan Mangrove bisa ikut kegiatan ini. Akan ada banyak kegiatan seru seperti jelajah hutan mengenal ekosistem pesisir, mengenal pembibitan dan penanaman Mangrove atau cemara laut, juga daiajak untuk mengenal flora dan fauna yang dilindungi.



5. Jelajah Konservasi Mangrove dan Adopsi Cemara Hutan


Berbeda dengan kegiatan yang pertama tadi, kali ini paket wisata yang dibuat lebih sedikit kegiatan namun tetap ada hubungannya dengan hutan Mangrove. Seperti pembibitan dan penanaman Mangrove, Jelajah Trekking, adopsi cemara laut dan fun game.







Quote:

Terletak dikawasan pangarengan kabupaten sampang tempat ini sejatinya belum sepenuhnya dalam fasilitas memadai tetapi perjalanan yang dilakukan dapat menambahkan ke eksotisannya telebih lagi bisa kita nikmati pesona dibawah ini


Quote:

Untuk memasuki hutan mangrove ini kita akan menemukan beberapa lahan pegaraman yang terbentang luas dan memancarkan nuansa putih berkilau diterpa sinar matahari,


Quote:



Untuk melihat bentangan hutan mangrove ini kita harus naik perahu penganggkut garam atau perahu khusus sebagai alat transportasi laut, nuansa menegangkan akan terasa apalagi cipratan air laut bisa sampai ke wajah, sebuah hal yang indah dan tidak pernah bisa dilupakan apalagi berangkatnya bisa mengabadikan momen momen menyenangkan untuk berpetualang



[COC Regional: Lokasi Wisata] Hutan Mangrove Madura
Sumber gambar : dok.pribadi
[COC Regional: Lokasi Wisata] Hutan Mangrove Madura
Sumber gambar : dok.pribadi

Quote:

terletak di desa lembung kecamatan galis destinasi ini akan banyak perubahan terlebih lagi tahun 2020 ini akan dibangun pos, toilet, tempat parkir, kios kata pak sjaifuddin,  cekidot 



Quote:

Potensi alam Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, sangat menajubkan.
Tidak hanya mempunyai pantai Lombang yang dikenal dengan cemara udangnya, Pantai Sembilan dengan keindahan pantainya, dan Gili Labak dengan keindahan bawah lautnya.
Namun, ada wisata lainnya yang dapat Anda kunjungi, yakni Wisata Hutan Mangrove, Desa Baban, Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep yang lokasinya ke timur dari arah kota Sumenep.Dilokasi wisata Hutan Mangrove tersebut, Anda akan dimanja dengan alam yang masih perawan. Hutan mangrove tersebut tumbuh subur.
Anda juga dapat berkeliling menikmati hutan mangrove dengan menggunakan perahu yang disediakan oleh warga setempat Selain itu juga bisa ditemui di Desa  SAROKA Saronggi Sumenep



Quote:




GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di