CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Inspirasi /
Yuk, Intropeksi Diri Dulu Sebelum Memberi Komentar Negatif pada Orang Lain
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6b377c88b3cb52162c5e0b/yuk-intropeksi-diri-dulu-sebelum-memberi-komentar-negatif-pada-orang-lain

Yuk, Intropeksi Diri Dulu Sebelum Memberi Komentar Negatif pada Orang Lain

Yuk, Intropeksi Diri Dulu Sebelum Memberi Komentar Negatif pada Orang Lain

Selamat sore kaskuser dan pembaca setia akun katakhoi. Semoga tidak pernah lelah dalam berjuang dan semoga selalu bahagia.

Zaman sekarang kelihatannya orang-orang lebih berlomba-lomba dalam mengomentari hidup orang lain daripada mengomentari hidupnya sendiri. Selain itu, tidak sedikit dari mereka yang melontarkan komentar-komentar yang seharusnya tidak pantas untuk diucapkan, apalagi di khalayak umum. Namun, seperti tidak peduli terhadap apa pun yang ada di sekitarnya, komentar-komentar negatif selalu saja mengalir dari setiap mulut manusia yang tidak bisa dijaga.

Ketahuilah, saat kamu melontarkan komentar negatif pada orang lain saat itu juga kamu melupakan bahwa hidupmu sendiri belum sempurna dan belum tentu benar. Biarlah orang lain hidup dengan caranya sendiri, tidak perlu kita ikut campur dalam kehidupan orang lain. Dan ingat satu hal: sebelum melontarkan komentar negatif pada orang lain, lihat dulu apakah diri sendiri sudah baik atau malah sebaliknya. Itu akan lebih baik bagi hidupmu sendiri maupun hidup orang lain.


Yuk, Intropeksi Diri Dulu Sebelum Memberi Komentar Negatif pada Orang Lain

Dan inilah 5 hal yang harus kamu ingat lebih dulu sebelum memberikan komentar negatif pada orang lain.

1. Hidupmu sendiri belum tentu benar, tidak perlu mengomentari hidup orang lain

Yuk, Intropeksi Diri Dulu Sebelum Memberi Komentar Negatif pada Orang Lain

Memberikan saran dan masukan boleh boleh saja, tapi jika mengomentari hidup orang lain dengan ucapan-ucapan negatif, itu sepertinya tidak perlu dilakukan. Yang menjadi pertanyaan, "Untuk apa melakukan seperti itu? Apa hidupmu sendiri sudah tentu benar sampai berani memberikan komentar negatif pada orang lain?" Yang menjadi kerukunan dan kenyamanan dalam hidup bersosialisasi karena adanya rasa saling menghormati. Biarkan orang lain hidup dengan caranya, dan kamu hiduplah dengan caramu sendiri.

2. Jika mereka tidak merugikanmu maka biarkanlah, gak usah ikut campur apalagi sampai memberikan komentar negatif

Yuk, Intropeksi Diri Dulu Sebelum Memberi Komentar Negatif pada Orang Lain

Yang mereka lakukan adalah sesuatu yang akan mereka tanggung sendiri resikonya. Mereka tidak memintamu untuk menanggung segala resikonya, lalu untuk apa kamu mengomentari segala apa yang dilakukannya? Jika mereka tidak merugikanmu, lalu kenapa kamu harus memberikan komentar negatif pada hidupnya? Kamu tidak suka melihat apa yang dilakukannya? Ya udah, jangan dilihat, abaikan! Lebih baik intropeksi diri sendiri daripada buang-buang waktu untuk mengomentari hidup orang lain.

3. Mending intropeksi diri sendiri dulu sebelum memvonis orang lain buruk

Yuk, Intropeksi Diri Dulu Sebelum Memberi Komentar Negatif pada Orang Lain

Tahukah kamu, bahwa semakin kamu intropeksi dirimu sendiri maka tanpa sadar pintu hatimu dari keburukan akan semakin jauh. Yuk, kita intropeksi diri sendiri dan hidup sendiri dulu daripada memberikan komentar negatif pada orang lain, apalagi sampai memvonis orang lain buruk. Duh, jangan sampai deh. Ada begitu banyak cara untuk menikmati hidup dan mensyukuri segala nikmat Tuhan. Cobalah untuk menjaga lisan dan ucapan dari segala sesuatu yang tidak seharusnya diucapkan.

Quote:


4. Hak berbicara memang untuk setiap orang, begitu pun dengan hak menjaga ucapan adalah hak setiap orang juga

Yuk, Intropeksi Diri Dulu Sebelum Memberi Komentar Negatif pada Orang Lain

Memang tidak ada salahnya saat kamu mengomentari hidup orang lain. Memang tidak ada salahnya saat menjudge kehidupan orang lain. Memang tidak ada salahnya saat kamu melontarkan ucapan-ucapan negatif pada orang lain. Karena itu adalah hak setiap orang. Tetapi tahukah kamu bahwa selain itu ada hak yang telah kamu lupakan: bahwa menjaga ucapan adalah hak setiap orang juga, termasuk dirimu sendiri. Jika kamu berkata sesuai keinginanmu maka kamu punya hak untuk menjaga setiap perkataanmu.

5. Semakin sering kamu memberikan komentar negatif pada orang lain, maka semakin lama pintu hatimu untuk melihat kebaikan orang lain akan semakin tertutup

Yuk, Intropeksi Diri Dulu Sebelum Memberi Komentar Negatif pada Orang Lain

Orang-orang yang selalu memberikan komentar negatif pada orang lain adalah orang-orang yang tidak bisa melihat sedikit pun sisi kebaikan dari orang lain. Mereka hanya bisa memandang dari sisi keburukannya, padahal jika ditanya dirinya sendiri pun tidak mau dipandang buruk oleh orang lain. Semakin sering kamu memberikan komentar negatif pada orang lain, maka semakin lama pintu hatimu untuk melihat kebaikan orang lain akan semakin tertutup.

Nah, itulah penjelasan dari 5 hal yang harus kamu ingat lebih dulu sebelum memberikan komentar negatif pada orang lain. Intinya, sering-sering intropeksi diri biar menjadi orang tahu diri. Semoga kita adalah orang-orang yang bisa menjaga setiap lisan dan ucapan.

Narasi: murni imajinasi sendiri
Sumber gambar:
Cover
Gambar
Gambar
Gambar
Gambar
Gambar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
UriNami dan 30 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 8
Selamat membaca. Semoga bermanfaat. ❤
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
Cobalah untuk menjaga lisan dan ucapan dari segala sesuatu yang tidak seharusnya diucapkan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 3 lainnya memberi reputasi
Berbicara memang hak setiap orang, tetapi menjaga ucapan adalah hak setiap orang juga.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
Mari singgah dan berdiskusi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Menjaga Lisan itu penting karena bisa jadi ucapan adalah pedang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 4 lainnya memberi reputasi
Quote:


Benar sekali. Ucapan lebih menyakitkan daripada tindakan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Itu bisa keinget seumur hidup loh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 5 lainnya memberi reputasi
Quote:


Bener banget. Selain keinget juga kadang meskipun udah lupa tapi rasa sakitnya masih terasa.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 4 lainnya memberi reputasi
Quote:


Nah emang betul tuh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Hmmmm. Semoga kita bisa menjaga lisan dan tindakan kita terhadap orang-orang terdekat maupun orang lain.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:

Poin diselamatkan .
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Komentar diselamatkan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Itu poin yang ane kutip sangat berisi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh dpranoto
Quote:


Oke. Terima kasih, kak. Semoga bermanfaat dan selalu melihat orang lain dari sisi kebaikannya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Pastinya .
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
DIAm lebih baik dari pada mencaci...
Memang saat kita merasa tersakiti dan kita hanya bersabar dan diam rasanya itu seperti hati yang di iris tipis tipis lalu dikasih jeruk nipis... PEDIIHHH... Tapi lambat laun kita juga akan acuh akan hal jahat yang pernah orng lakukan sama kita...
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan Katakhoi memberi reputasi
Quote:


Beuhhhh, pedih banget. Emang sih semakin lama kayak gitu maka akan semakin terlatih. emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan ningka memberi reputasi
Quote:


Terlatih untuk patah hati dek😂
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan Katakhoi memberi reputasi
intropeksi diri dulu sebelum motivasi orang. agreee
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan Katakhoi memberi reputasi
Quote:


Duhhh, kalau gitu saya dong namanya. emoticon-Embarrassment
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di