CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
COVID-19 Dinyatakan Pandemi Oleh WHO, Ketahui Tahapan Sebuah Penyakit Menjadi Pandemi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6b35f028c9915933068904/covid-19-dinyatakan-pandemi-oleh-who-ketahui-tahapan-sebuah-penyakit-menjadi-pandemi

COVID-19 Dinyatakan Pandemi Oleh WHO, Ketahui Tahapan Sebuah Penyakit Menjadi Pandemi

Life Extension Indonesia - Pada hari Rabu, 11 Maret 2020, Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa wabah COVID-19 adalah pandemi. Kira-kira, apa yang membuat COVID-19 dinyatakan sebagai pandemi oleh WHO? Ayo kita ketahui tahapan sebuah penyakit menjadi pandemi.

Sebelum penyakit dinyatakan sebagai pandemi, ahli kesehatan harus memerhatikan banyak hal. Salah satunya adalah enam tahap di bawah ini. Jika satu penyakit sudah memasuki tahap keenam, maka penyakit tersebut akan dinyatakan sebagai pandemi. Berikut enam tahapan sebuah penyakit menjadi pandemi:

Tahap 1 – Pada tahap ini, virus di dalam tubuh hewan tidak menginfeksi manusia.

Tahap 2 – Pada tahap ini, virus yang ada di dalam tubuh hewan bisa menginfeksi manusia.

Tahap 3 – Pada tahap ini virus mulai menginfeksi manusia di satu wilayah secara sporadis.

Tahap 4 – Pada tahap ini virus yang menginfeksi bisa menyebar dari hewan ke manusia, bahkan dari manusia ke manusia. Di tahap inilah, penyakit yang disebabkan oleh virus menyebabkan suatu wabah di suatu wilayah.

Tahap 5 – Pada tahap ini penyebaran virus dari manusia ke manusia semakin meluas, bahkan masuk ke wilayah (negara) lain. Di tahap ini, korban yang terkena wabah biasanya akan bertambah banyak.

Tahap 6 – Pada tahap ini penyebaran virus dari manusia ke manusia semakin meluas, bahkan menyebar semakin luas ke banyak negara di seluruh dunia. Di tahap inilah, wabah akan berubah menjadi pandemi. 


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di