CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Ilmu Marketing /
Belajar Digital Marketing Pemula 2020
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6b2c9cf0bdb23b747a92a2/belajar-digital-marketing-pemula-2020

Belajar Digital Marketing Pemula 2020

Apakah kamu tahu apa itu digital marketing? Yups, saya pribadi pun hanya tahu sebagian kecil dari digital marketing, bahwa digital marketing itu adalah sebuah strategi yang di pakai untuk memasarkan bisnis atau suatu produk di internet.

Dari paparan di atas sangat mudah untuk menjalankan strategi digital marketing ini, bagi pemula seperti saya itu adalah hal yang mudah dilakukan.

Namun, apakah kamu tahu Strategi apa dan pada saat apa digital marketing ini kita gunakan dalam suatu bisnis?

Apakah kamu mau membantu saya untuk belajar digital marketing? Yuk kita belajar sama-sama, kamu Cuma butuh waktu 5 menit membaca.
Belajar Digital Marketing Pemula 2020

Apa itu digital marketing?

Digital marketing adalah semua usaha marketing yang dilakukan secara online dengan menggunakan alat-alat elektronik atau internet, Dengan menggunakan strategi marketing yang di bantu oleh berbagai alat yang ada di internet guna memabangun komunikasi dan memasarkan bisnis atau product kepada target audens kamu.

Ada banyak sekali alat yang mendukung strategi marketing ini, seperti sosial media, channel youtobe, ecommerce, situs website dan sebagainya.

Ada yang bertanya kepada saya, “kak kalau misalnya marketing digital dan marketing tradisional itu sama gak sih?”, Kalau menurut saya itu sama saja, namun ada beberap faktor yang membuatnya berbeda. Apa saja perbedaannya?



Perbedaan Digital Marketing dan Marketing Tradisional.

Pemasaran memiliki tujuan yang sama, yaitu memperkenalkan bisnis atau product yang di miliki oleh perusahaan atau perorangan kepada target market yang sudah di tentukan, untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan bisnis atau product tersebut.

Namun dalam penerapan nya memiliki beberapa perbedaan.

Target Pemasaran

Ada beberapa media pemasaran yang sudah kita kenal sejak lama. Kita biasa mendapatkan iklan dari televisi dan radio. Ketika dalam perjalanan kita terbiasa melihat baliho, papan reklame. Saat membaca surat kabar kita jumpai beberapa iklan. Beberapa contoh diatas merupakan pemasaran secara tradisional yang menargetkan orang-orang di area tertentu.

Berbeda dengan pemasaran tradisional, digital marketing memiliki target pemasaran yang sangat luas. Tidak hanya satu daerah saja, Anda dapat memiliki target pemasaran nasional bahkan internasional. Dengan memanfaatkan internet sebagai media pemasaran maka jangkauan yang didapat dari digital marketing lebih terbuka lebar. Siapapun yang menggunakan internet dapat menjadi target pemasaran Anda.

Waktu dan Biaya

Pemasaran secara tradisional banyak memakan waktu dan biaya. Mengapa demikian? Seperti yang kamu tahu proses yang digunakan untuk mengurus iklan sangat rumit, terkadang harus menunggu antrian atau waktu beriklan sudah digunakan oleh pengiklan lain. Dari segi biaya yang dikeluarkan cukup besar dan kamu harus mengeluarkan biaya tambahan untuk memproduksi iklan.

Berbeda dengan pemasaran tradisional, melalui digital marketing proses pembuatan iklan lebih cepat. Kamu dapat menentukan sendiri kapan waktu beriklan, berapa lama beriklan tanpa menunggu antrian dan proses pembuatan, iklan dapat diselesaikan dalam waktu yang singkat. Kamujuga dapat mengatur berapa budget iklan Kamu dan menentukan sendiri jangkauan iklan. Dengan digital marketing semua dapat dilakukan secara efektif dan efisien.

Cara Komunikasi

Interaksi yang terjadi pada marketing secara tradisional hanya bersifat satu arah. Misalnya saja Kamu beriklan pada salah satu saluran televisi nasional maka sesorang yang sedang melihat iklan kamu di televisi tidak dapat memberikan respon terhadap iklan kamu. Bagitu juga dengan media pemasaran seperti koran, radio, reklame dan media pemasaran tradisional lainnya.

Yang terjadi adalah kamu menawarkan produk kepada banyak orang tanpa mengetahui apa reaksi dan tanggapan orang yang melihat iklan kamu. Apakah mereka tertarik? Apakah mereka senang? Apakah mereka menyukainya? Kamu tidak akan pernah tahu.

Inilah mengapa digital marketing dikatan metode pemasaran yang efektif dan efisien. Kamu  dapat mengetahui respon orang-orang yang melihat iklan kamu. Jika hasilnya tidak memuaskan kamu dapat melihat apa kelemahan iklan itu untuk diperbaiki dan dipasarkan ulang untuk memperoleh hasil yang memuaskan.

 lihat selengkapnya di SEO Jurnal indonesia


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di