CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / REGIONAL / All / ... / Banyumas /
[CoC Regional: Lokasi Wisata] Yuuk Jelajahi Kota Purwokerto
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6b2800f4ae2f4263115e5d/coc-regional-lokasi-wisata-yuuk-jelajahi-kota-purwokerto

[CoC Regional: Lokasi Wisata] Yuuk Jelajahi Kota Purwokerto

Purwokerto adalah sebuah kota kecil yang terletak di daerah Banyumas-Jawa Tengah dan juga merupakan ibukota administratif dari kabupaten Banyumas. Kota dengan julukan kota satria ini memiliki tempat-tempat yang istimewa yang layak untuk dikenal lebih dekat. Untuk dapat sampai ke kota ini dapat menggunakan bus yang akan berhenti di terminal bus Purwokerto ataupun dengan kereta api.

Ada beberapa jenis makanan yang khas Kota Satria ini , serta menarik hati saya untuk mencobanya yakni soto sokaroja. Sotonya seperti soto pada umumnya berisi daging, namun yang membuat khas makanan ini adalah irisan ketupat sebagai pengganti nasi, kemudian ada bumbu kacang di dalamnya jadi rasa kuahnya gurih karena bumbu kacang tersebut, seperti makan bakwan yang dicelupkan pada bumbu kacang hehe.. , kemudian ditaburi dengan daun bawang, tauge, dan kerupuk berwarna.

Tak lupa disajikan dengan makanan lainnya yakni tempe mendoan, seperti tempe pada umumnya, hanya menurut saya lebih lebar dari tempe goreng di rumah atau jajanan yang biasa saya beli dan lembek. Karena lembek itu makanya disebut mendoan.. dimakannya disisipin cabe rawit eemmm peudes. Makanan lainnya adalah gethuk goreng. Makanan yang berbahan dasar singkong yang berbentuk gumpalan-gumpalan warna coklat tua tetapi begitu digigit, rasanya manis gula jawa bercampur singkong. Sangat cocok untuk oleh-oleh.

Seperti kota Jogja, Purwokerto juga mempunyai alun-alun. Di depannya terdapat kantor DPRD serta kantor bupati kabupaten Banyumas merupakan pusat kotanya. Alun-alun adalah tanah lapangan yang luas yang digunakan untuk rekreasi bersama keluarga atau hanya sekedar beristirahat sejenak dan berbincang-bincang. Alun-alun kota Purwokerto pun terdapat 3 ( tiga ) pasang pohon beringin besar yang tertanam di sisi kiri dan kanan , letaknya berhadapan. Di depan pintu masuk kantor pemerintahan ini terdapat sebuah tiang bendera dan di ujung kiri dari lapangannya terdapat layar yang lebar, mungkin digunakan untuk pesan-pesan dari sponsor alias iklan. Jika diperhatikan dekat layar seperti televisi besar ini ada dua buah mading besar , masing-masing letaknya di ujung alun-alun ini dekat jalan raya Sudirman.

Isinya adalah berita yang diturunkan oleh dua buah Koran besar di kabupaten Banyumas yakni Radar Banyumas dan Suara Banyumas. Jadi menurut saya ini ide yang sangat bagus karena apa , jika ada warga yang tidak mampu membeli Koran dapat membaca ditempat itu karena berita-berita yang diturunkan uptodate alias terbaru dan hal tersebut tidak terlihat di kota saya di Jakarta. Oh ya dekat alun-alun juga terdapat sebuah Mesjid Agung bernama Mesjid Agung Baitussalam.

Di kota purwokerto tepatnya di jalan jendral Soedirman terdapat museum Uang BRI yang merupakan satu-satunya museum perbankan yang ada di purwokerto. Museum Uang BRI berisi perjalanan perbankan mulai berdiri sekarang serta koleksi mata uang kuno mulai jaman Majapahit sampai dengan mata uang sekarang. Bank Rakyat Indonesia didirikan pertama kali oleh Raden Aria Wirjaatmadja pada tahun 1895 dengan nama De Purwokertche Hulp en Spaarbank der Inlandcher Bestuurs Ambtenaren. Tidak jauh dari museum uang BRI , juga terdapat Museum Panglima Besar Jendral Sudirman.

Selain itu Purwokerto juga memiliki Taman Makam Pahlawan “Tanjung Nirwana” , Gedung Kesenian , GOR ( Gedung Olah Raga ) seperti di senanyan yang dipergunakan untuk acara-acara konser music ataupun berolah raga selain itu di tempat ini penuh dengan aneka rupa jajanan, kemudian ada rumah sakit besar dan beberapa universitas atau sekolah tinggi setingkat kuliah. Menarik serasa tinggal di Jakarta tapi nuansanya tidak seramai dan jam malamnya tidak seperti Jakarta yang stand by 24 jam.
Tempat wisata yang ada di banyumas ini bukan hanya baturraden tetapi ada beberapa yang mungkin belum pernah dengar ataupun hanya beberapa orang saja yang pernah datang ke sana sperti : Curug Cipedok , Telaga Pucung , Masjid Saka Tunggal dan Taman Kera, Curug ceheng , Telaga Sunyi, Desa Ketenger, dll.
Menyenangkan bisa mengenal sedikit kota Purwokerto. Terima kasih banyak buat Lexy , Oim , Home staynya ibu guru Ayu beserta keluarga yang menyediakan tempat buat numpang tidur, makan, mandi dan direpotin oleh saya, tamu dari Jakarta. Tulisan ini untuk kalian semua yang telah membantu saya mengenal kota Purwokerto… makasiihhh…

Spoiler for Yuuk Jelajahi Kota Purwokerto:


SUMUR >>> Yuuk Jelajahi Kota Purwokerto


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di