CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Domestik /
Menuju Perbatasan Indonesia (PLBN Long Midang) Krayan (Part 1)
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6b27a910d29516f27ca620/menuju-perbatasan-indonesia-plbn-long-midang-krayan-part-1

Menuju Perbatasan Indonesia (PLBN Long Midang) Krayan



Halo Gan&Sist...
Kali ini ane akan menceritakan pengalaman pergi ke perbatasan Indonesia-Malaysia tepatnya di Kalimantan Utara, Krayan. 
Perjalanan ane pada tahun 2019 ane dan teman-teman mendapatkan tugas dari salah satu Kementerian untuk menyusun sebuah rencana pengembangan pusat-pusat permukiman di Kawasan Perbatasan Negara. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pemerintah dalam mengembangkan ekonomi di kawasan perbatasan, sehingga tidak hanya Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang dibuat megah/bagus dari pada sebelumnya, tetapi juga diharapkan ekonomi masyarakat ikut berkembang dan memiliki daya saing terhadap counterpart dari Long Midang.
Maka, pada bulan juli, kami melakukan ekspedisi (survei) ke Krayan. Perjalanan kami mulai dari pada pagi hari dari Jakarta menuju Kota Tarakan menggunakan pesawat, kemudian sekitar jam 11 menggunakan pesawat (jenis twin otter) dari Kota Tarakan menunju Bandara Yuvai Semaring di Long Bawan, Kec. Krayan, Kab. Nunukan, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 35 menit. Perlu agan&sist tahu bahwa akses ke Krayan belum dapat dilalui menggunakan transportasi darat (sangat terbatas hanya menggunakan motor tapi butuh 2 - 3 hari kalau kondisi hujan dan halangan lainnya, karena akses jalan sangat sulit dari Malinau), maka dari itu untuk menghemat waktu kami menggunakan akses udara dari Kota Tarakan. Sekedar info bahwa akses udara dapat menggunakan pesawat dari Kota Tarakan dan Nunukan dan untuk tiketnya bagi orang dari luar kota, sebaiknya memiliki kontak petugas tiket pesawat karena tiketnya terbatas.


Spoiler for Bandara Yuvai Semaring, Krayan:



Sesampainya kami di Long Bawan jam menunjukkan pukul 14.30, kami menuju salah satu penginapan (Maranata) di Long Bawan, yang sebelumnya telah kami kontak untuk memesan kamar dan tinggal beberapa hari kedepan. Kami kemudian di jamu oleh pemilik penginapan yang sangat baik, dan telah disediakan makanan untuk mengisi perut kami yang telah kosong dari Tarakan.
Pada sore hari kami menyewa kendaraan roda empat untuk berkeliling (observasi awal) serta menuju ke batas Indonesia dan Malaysia di Long Midang. Perjalanan dari Long Bawan ke Long Midang memakan waktu sekitar 30 - 45 menit. Untuk kondisi jalan di Long Midang sudah aspal sampai di Long Api, setelah itu masih menuju Long Midang kondisi jalan masih tanah.


Spoiler for Kondisi Jalan Tanah menuju Batas Negara:



Sebelum pergi ke batas Indonesia-Malaysia, kami mampir di Pos PAMTAS Indonesia - Malaysia, untuk meminta izin dan berkoordinasi tentang kegiatan yang kami lakukan, karena pada besok hari ada rencana Tim dari Kementerian dan Lembaga akan berkunjung ke PLBN Long Midang untuk melakukan peninjauan dan observasi.

Pada saat melakukan observasi awal kami mengambil beberapa gambar dan video drone untuk dokumentasi dari kondisi pusat-pusat permukiman. Setelah observasi awal pada hari itu, kami kemudian kembali ke penginapan di Long Bawan dan akan melanjutkan kegiatan pada esok hari.


Spoiler for Batas Negara Indonesia - Malaysia di Long Midang:








Diubah oleh haisua


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di