CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Sepeda /
Tips memilih perlengkapan untuk gowes
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6b24f9c8393a0cea28d58f/tips-memilih-perlengkapan-untuk-gowes

Tips memilih perlengkapan untuk gowes

Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang mulai diminati oleh warga Indonesia. Saat ini telah banyak event event sepeda yang diadakan di daerah daerah yang ada di Indonesia. Beberapa diantaranya juga mengedakan Lomba balap sepeda. Dalam bersepeda kita memerlukan perlengkapan. Beberapa dari perlengkapan tersebut sangat penting. Berikut beberapa perlengkapan yang bisa dibeli sebelum bersepeda:

1. Outfit
Saat ini masih banyak pesepeda yang menggunakan baju seadanya. Padahal baju yang dikhususkan untuk bersepeda dapat menjaga suhu tubuh agar tidak terlalu panas begitupun dengan celana. Kalian bisa memilih baju yang berbahan dryfit. Baju atau biasa disebut Jersey yang digunakan tidak perlu terlalu ketat apabila anda memakai jenis sepeda MTB. Namun jika kalian memakai jenis sepeda roadbike sebaiknya memakai Jersey yang sedikit ketat agar angin yang mengenai badan bisa dengan mudah dilewati. Kemudian untuk celana kalian bisa memakai celana training jika tidak punya celana khusus bersepeda. Panjang celana yang dipakai sebaiknya ¾ dari panjang kaki. Hal ini bertujuan agar celana yang digunakan tidak robek akibat terkena gear depan

2. Sarungtangan
Sarung tangan memiliki fungsi penting dalam bersepeda. Sarung tangan dapat menjaga grip tangan pada stang sepeda sehingga genggaman tidak licin akibat adanya keringat ditangan. Kalian harus menggunakan sarung tangan yang dikhususkan untuk bersepeda. Sarung tangan yang dikhususkan untuk bersepeda memiliki bahan yang tipis namun kuat. Hal ini bertujuan untuk menjaga suhu pada tangan tanpa mengurangi grip pada tangan. Sarung tangan yang dikhususkan untuk sepeda juga memiliki bantalan ditelapak tangan sehingga dapat mengurangi rasa pegal saat bersepeda dalam jangka waktu yang lama

2. Sepatu.
Ketika bersepeda dengan jarak yang jauh sangat disarankan untuk memakai sepatu. Selain dapat menjaga kaki dari bendahara tajam sepatu juga menambah kenyamanan saat gowes. Dalam hal ini berat dari sepatu yang digunakan sebaiknya ringan agar tidak menguras tenaga pada kaki. Kalian juga harus memilih sepatu dengan sirkulasi udara yang baik agar aku tidak cepat panas. Jangan lupa untuk menggunakan kaus kaki untuk menghindari lecet pada kaki akibat penggunaan sepatu dalam jangka waktu yang lama.

3. Helm
Untuk menambah keamanan saat bersepeda helm sangat dibutuhkan. Pemakaian helm dapat mengurangi resiko terjadinya cedera pada kepala. Pemilihan helm harus disesuaikan dengan jenis sepeda yang dimiliki. Helm yang digunakan pada sepeda MTB umumnya memiliki ketebalan yang lebih dibandingkan dengan jenis helm sepeda roadbike. Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko cedera saat pesepeda melalui Medan yang berat. Sedangkan helm yang digunakan pada sepeda roadbike umum nya sedikit lebih tipis untuk mengurangi beban dan memiliki bentuk yang aerodinamis sehingga dapat menambah kecepatan.

4 .Botol
Saat bersepeda tubuh mengeluarkan banyak cairan sehingga tubuh dapat dengan mudah mengalami dehidrasi. Untuk menghindari hal itu minum banyak air bisa menjadi solusi. Botol yang digunakan oleh pesepeda biasanya memiliki bentuk unik bertujuan untuk memudahkan saat minum. Bentuk yang unik ini dibuat agar pesepeda bisa minum tanpa harus berhenti terlebih dahulu. Botol haruslah memiliki body yang elastis agar bisa meminum banyak air tanpa tumpah.

5. Speedometer.
Speedometer bisa dibilang tidak terlalu penting untuk kalian yang bersepeda untuk kesenangan saja. Namun speedometer akan sangat dibutuhkan bagi kalian yang ingin mendalami bersepeda atau ingin menjadi atlit. Apabila kalian ingin mendalami bersepeda kalian bisa membeli speedometer yang memiliki fitur cadance. Meskipun speedometer yang memiliki fitur Fitur ini memiliki kegunaan yang penting. fitur tersebut bisa mengukur kecepatan rpm. Selain itu kalian bisa juga membeli alat untuk mengukur heart rate.

6. Kacamata
Kacamata cukup penting untuk pesepeda Yang daerahnya memiliki udara yang kering. Kacamata dapat melindungi mata ketika sedang dalam kecepatan tinggi. Kacamata dapat mencegah debu maupun angin yang dapat mengurangi daya pandang.



Sekian beberapa tips yang bisa saya berikan semoga bisa bermanfaat apabila anda memiliki tips lain yang bermanfaat silahkan tulis di kolom komentar. Lihat juga blog saya di jihanoktavian.blogspot.com
Diubah oleh Ohheyhan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di