CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / REGIONAL / All / ... / Banyumas /
[CoC Regional: Lokasi Wisata] Nikmati Jembatan Atas Awan di Puncak Sendaren
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6b242aa2d1956a77693cea/coc-regional-lokasi-wisata-nikmati-jembatan-atas-awan-di-puncak-sendaren

[CoC Regional: Lokasi Wisata] Nikmati Jembatan Atas Awan di Puncak Sendaren

Kabupaten Banyumas terdapat sejumlah situs purbakala yang kini menjadi cagar budaya. Salah satunya Batur Agung. Belakangan, obyek wisata Batur Agung mulai dikenal sebagai salah satu destinasi wisata populer di Banyumas.

Batur Agung konon bermakna sebagai tempat bagi orang yang mulia, sehingga Batur Agung termasuk tempat suci atau keramat. Batur Agung kemudian oleh pemerintah kabupaten Banyumas diputuskan dan disahkan sebagai situs cagar budaya pada tahun 2010 silam.

Situs Batur Agung terletak di Dusun Pondok Lakah, Desa Baseh, Kecamatan Kedungbanteng, sekitar 14,4 km dari Alun-alun Purwokerto.

Situs Batur Agung luasnya mencapai 1,8 hektar. Tempat ini dipercaya sebagai petilasan Mbah Agung. sosok Mbah Agung berdasarkan keyakinan masyarakat setempat adalah orang pertama yang membuka lahan daerah tersebut. Mbah Agung tak sendirian, beliau ditemani Syekh Mangunsari sebagai penyebar agama Islam pertama di daerah Banyumas.

Sebagai situs purbakala dengan petilasan, selalu ada sesajen di Situs Batur Agung.

Situs Batur Agung pada masa kerajaan Padjadjaran dipercaya sebagai tempat pertapaan Raden Kamandaka. Sebagaimana diketahui Raden Kamandaka legendanya sangat melekat dengan cerita asal-usul Purwokerto.

Nah, di Situs Batur Agung terdapat beberapa artefak dan arca kuno. Ada yang berbentuk Semar, Bagawan Narada, Bathara Guru, Togog, Bawor dan Roro Jonggrang. Selain itu ada artefak yang berbentuk seperti lumpang dan rebana, Dengan peninggalan bernuansa mistik tersebut, tak heran sebagian wisatawan berkunjung ke Situs Batur Agung untuk berdoa atau bersemedi khususnya pada hari raya keagamaan.

Keistimewaan Situs Batur Agung tak hanya melulu peninggalan purbakalanya. Ada beberapa lokasi wisata alam seperti curug atau air terjun, waterpark, outbound dan kolam pemancingan. Wisatawan dapat memanjakan mata dan menenangkan diri di Curug Gombalang, yang bening dan sejuk. Apalagi suasana aliran sungai Logawa yang jernih dan pemandangan hijau area persawahan serta kebun buah menjadikan Situs Batur Agung cocok untuk destinasi wisata keluarga.

Di kawasan Situs Batur Agung terdapat air terjun dan waterpark yang cocok untuk keluarga.

Situs Batur Agung ideal untuk wisata keluarga, apalagi musim liburan ini. Kawasan wisata yang letaknya tak jauh dari Purwokerto itu memang ramah untuk anak-anak. Soal makanan tak usah cemas, depan lokasi kolam renang terdapat warung yang menyediakan makanan khas Banyumas dan teh poci dengan harga yang relatif terjangkau.

Untuk bisa mencapai ke Situs Batur Agung, wisatawan dianjurkan berangkat dari kota Purwokerto dengan menggunakan mobil atau sepeda motor. Jaraknya hanya sekitar 45 menit atau 17 kilometer dari pusat kota melalui jalan Ajibarang. Harga masuk ke area Situs Batur Agung sekitar Rp10 ribu per orang. Namun untuk menikmati arung jeram wisatawan dikenakan ongkos Rp25 ribu per kepala. Bagaimana, tertarik berwisata ke Situs Batur Agung?

Spoiler for Nikmati Jembatan Atas Awan di Puncak Sendaren Purbalingga:


SUMUR >>> Nikmati Jembatan Atas Awan di Puncak Sendaren Purbalingga


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di