CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / REGIONAL / All / ... / Banyumas /
[CoC Regional: Makanan Tradisional] Soto Sokaraja, Kuliner Khas Banyumas
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6b21b24601cf1398677a4e/coc-regional-makanan-tradisional-soto-sokaraja-kuliner-khas-banyumas

[CoC Regional: Makanan Tradisional] Soto Sokaraja, Kuliner Khas Banyumas

Sokaraja adalah sebuah kota kecamatan, yang terletak kurang lebih 8 kilometer di sebelah timur kota Purwokerto, Propinsi Jawa Tengah. Sokaraja memiliki salah satu makanan khas yang menjadi ikon kuliner yang mempunyai nama besar di Propinsi Jawa Tengah bahkan sudah menjadi ikon nasional, yaitu Soto Sokaraja. Soto Sokaraja merupakan salah satu jenis soto yang sangat khas dan digandrungi banyak orang.

Soto Sokaraja atau yang lebih dikenal oleh orang Banyumas dengan sebutan Sroto Sokaraja merupakan salah satu makanan khas Banyumas yang patut dicoba. Berbeda dengan makanan soto dari daerah lain, salah satu ciri khas yang membedakan Soto Sokaraja dengan soto lainnya adalah penggunaan ketupat dan sambel yang terbuat dari kacang. Sambel kacang ini tidak terlalu pedas, sehingga walaupun kita membubuhkan banyak sambel kacang, tidak akan terasa terlalu pedas.

Selain sambel kacang, ciri khas lainnya adalah krupuk yang digunakan adalah krupuk cantir yang berbahan dasar ketela pohon. Bentuk krupuk ini hampir sama dengan krupuk untuk soto seperti yang ada sekarang ini, berwarna merah dan putih, tetapi rasanya yang khas akan memberikan sensasi yang luar biasa mengundang selera. Sayangnya krupuk cantir ini sudah sangat jarang ditemukan dewasa ini.
Pada proses penyajian Soto Sokaraja, ketupat diiris agak kecil dan diusahakan menggunakan ketupat yang memakai daun kelapa muda bukan ketupat yang dibungkus plastik. Ketupat yang dibungkus dengan daun kelapa muda akan memberikan sensasi rasa yang lebih gurih, selanjutnya disiram dengan kuah soto. Sambal kacang yang digunakan sangat mirip seperti sambal kacang untuk sayuran pecel, bisa dicampurkan langsung dengan kuah soto, ataupun disajikan secara terpisah.

Pada umumnya Soto Sokaraja dibedakan menjadi dua jenis, tergantung pada daging yang digunakan, yaitu daging sapi dan daging ayam. Kuah yang digunakan sesuai dengan dagingnya, artinya apabila menggunakan daging ayam, maka kuah yang digunakan juga kuah atau kaldu ayam. Kuah atau kaldu yang digunakan ditambahkan sedikit kunyit untuk menampilkan warna bening kekuningan. Sedangkan untuk citarasa dan keharuman aroma dapat ditambahkan daun sereh, lengkuas dan jahe. Selain daging sapi atau daging ayam, Soto Sokaraja ditambahkan dengan tauge pendek atau tauge muda, ditaburi krupuk cantir atau krupuk bawang warna-warni, dan bawang merah goreng.

Warung Soto yang terkenal dan sudah berdiri puluhan tahun serta menjadi langganan masyarakat di Sokaraja dan sekitarnya adalah Soto Kecik dan Soto Lama. Dua warung soto ini merupakan warung soto legendaris yang rasanya sudah terkenal. Terletak di pinggir jalan raya Purwokerto-Sokaraja.

Spoiler for Soto Sokaraja, Kuliner Khas Banyumas:


SUMUR >>> Soto Sokaraja, Kuliner Khas Banyumas


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di