CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / REGIONAL / All / ... / Karesidenan Madiun /
[COC Regional : Lokasi Wisata] Air Terjun Pletuk nan Rupawan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6b13c09a972e468434508f/coc-regional--lokasi-wisata-air-terjun-pletuk-nan-rupawan

[COC Regional : Lokasi Wisata] Air Terjun Pletuk nan Rupawan

Ponorogo juga memiliki beberapa air terjun indah, salah satunya adalah Air Terjun Pletuk. Terletak di Dusun Dukuh Kranggan, Desa Jurug, Kecamatan Sooko, Ponorogo, Jawa Timur, Air terjun Pletuk merupakan salah satu air terjun yang menawan di Kabupaten Ponorogo. selain udara yang sejuk, pemandangan yang asri akan membuat anda betah berlama-lama bermain air disana.

abupaten Ponorogo tidak hanya terkenal dengan seni reog-nya saja, tetapi juga keindahan alam yang layak dikunjung. Salah satu wisata alam yang dimiliki ponorogo yaitu Air Terjun Pletuk di Dukuh Kranggan, Desa Jurug, Kecamatan Sooko.

Air Terjun Pletuk ini bisa ditempuh dengan membutuhkan waktu sekitar 60 menit dari pusat kota Ponorogo dengan kecepatan kendaraan bermotor rata-rata 60 km/jam.

Pada Sabtu (16/4/2016), Madiunpos.com mengunjungi objek wisata yang masih alami itu. Untuk menuju ke lokasi Air Terjun Pletuk dibutuhkan kehati-hatian karena akses jalan antara Kecamatan Pulung dan Sooko rusak parah.

Terdapat ratusan lubang di jalan, sehingga pengendara harus waspada. Saat sudah masuk ke wilayah Sooko, Anda bisa mengikuti petunjuk arah yang sudah dipasang di beberapa titik.

Sepanjang perjalanan menuju ke lokasi air terjun, Anda akan disuguhi pemandangan menyejukkan berupa hamparan perkebunan cengkih yang hijau.

Rerimbunan pohon di hutan yang dikelola Perhutani juga akan Anda lewati, sehingga perjalanan menuju lokasi wisata tidak membosankan. Selain itu, hamparan sawah terasering juga menjadi pemandangan yang menyegarkan mata.

Sesampainya di Desa Jurug, Anda juga harus hati-hati, jalan desa selebar tiga meter dengan kondisi kurang baik menjadi akses jalan satu-satunya menuju ke lokasi. Untuk masuk ke Air Terjun Pletuk, Anda bisa langsung masuk ke tempat parkir.

Jarak antara tempat parkir ke lokasi Air Terjun Pletuk sekitar 500 meter yang ditempuh melalui jalan setapak. Saat itu, Madiunpos.com hanya mendapati beberapa pengunjung menikmati keindahan alam di lokasi itu.

Dari tempat parkir, suara gemuruh air terjun sudah terdengar samar-samar. Saat kaki melangkah ke lokasi air terjun, mata Anda tidak henti-hentinya disuguhi pemandangan indah dan menyejukkan. Sepanjang mata memandang akan terlihat beberapa bukit dengan dilengkapi tanaman hijau.

Sekitar 10 menit berjalan menyusuri jalan yang cukup terjal, Anda akan menemukan air terjun setinggi sekitar 100 meter yang dinamakan Air Terjun Pletuk. Air terjun itu mengalir di antara dua bukit yang masing-masing dipenuhi tumbuhan hijau.

Air mengalir dengan deras hingga tubuh akan basah saat berdekatan dengan air yang jatuh. Pengunjung juga bisa main air di bawah air terjun, namun tetap harus hati-hati, karena terkadang ada kayu dan batu yang meluncur dari sumber air terjun.

Di lokasi itu pengunjung juga akan disuguhi batu-batu alam. Bukit batu itu biasanya digunakan mahasiswa dan masyarakat untuk kegiatan panjat tebing.

Seorang pengelola Air Terjun Pletuk, Pujiono, 65, mengatakan air terjun tersebut dibuka sejak 2006. Saat itu, di kawasan tersebut masih berupa hutan belantara dan belum ada akses jalan menuju air terjun. Pengunjung yang datang ke lokasi itu tidak dipungut biaya alias gratis.

Dia menyampaikan tempat itu pernah ramai dikunjungi wisatawan beberapa tahun lalu. Tetapi, setelah akses jalan banyak yang rusak dan fasilitas yang ada di lokasi air terjun juga rusak, pengunjung yang datang ke lokasi air terjun menurun.

Pujiono menuturkan pada hari aktif, pengunjung yang datang ke lokasi itu hanya ada belasan orang. Namun, saat hari Minggu dan libur nasional pengunjung yang datang ke lokasi itu bisa mencapai ratusan orang.

“Apalagi saat tahun baru dan Lebaran, pengunjung yang datang ke Air Terjun Pletuk bisa mencapai seribuan,” ujar dia.

[COC Regional : Lokasi Wisata] Air Terjun Pletuk nan Rupawan

Air terjun ini berada pada ketinggian 450 mdpl sehingga udara disekitar air terjun ini cukup dingin. Air Terjun Pletuk dikelilingi bukit. Air mengalir dari tebing setinggi 30 meter menuju lembah di tengah-tengah bukit. Di obyek wisata Air Terjun Pletuk ini tersedia berbagai fasilitas penunjang seperti: toilet, mushola, warung makan, lokasi parkir yang luas dan climbing area untuk pecinta panjat tebing. Selain itu, di lokasi wisata Air Terjun Pletuk juga tersedia wahana flying fox dan jembatan gantung.

Untuk menuju ke air terjun yang berada sekitar 20 Km dari pusat kota Ponorogo ini, Anda dapat dapat berkendara ke arah timur dari kota menuju Kecamatan Pulung. Sesampainya di pertigaan Pasar Pulung, belok ke arah selatan sampai desa Jurug Kecamatan Sooko. Akses menuju Air Terjun Pletuk lumayan baik dan sudah banyak rambu penunjuk arah yang tersedia, jadi jangan takut tersesat.

Bagi Anda yang tidak menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa naik angkutan berupa angkudes jurusan Sooko dari terminal Selo Aji Ponorogo. Setelah sampai pasar Sooko Anda kemudian bisa menyewa ojek untuk menuju Air Terjun Pletuk.


sumber : https://ksmtour.com/informasi/tempat...awa-timur.html
profile-picture
phntm.7 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di