CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Motor Injeksi Juga Bisa Brebet Loh, Komponen Satu Ini Jadi Penyebabnya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6b0ea565b24d76337ab451/motor-injeksi-juga-bisa-brebet-loh-komponen-satu-ini-jadi-penyebabnya

Motor Injeksi Juga Bisa Brebet Loh, Komponen Satu Ini Jadi Penyebabnya

Motor injeksi membutuhkan banyak perangkat elektronik dalam kinerjanya. Jika salah satu komponen terganggu, maka kinerja injeksi akan terganggu, seperti konsleting atau kotor.

Yang bilang injeksi gak bisa brebet, kalian salah. Kalau komponen motor jarang diservis mungkin bisa saja motor injeksi kamu bakal brebet seperti kasus yang satu ini.

Seperti komponen ISC ( Idle Speed Control) yang kotor, maka bisa membuat kinerja mesin jadi brebet.

Motor Injeksi Juga Bisa Brebet Loh, Komponen Satu Ini Jadi Penyebabnya

Bagi yang belum tahu, ISC memiliki fungsi untuk menjaga idling rpm tetap stabil baik kondisi suhu dingin maupun panas dengan mengontrol jumlah udara yang disuplai ke TB (Throtle Body).

ISC dapat mengatur putaran mesin agar tidak terjadi langsam, kemudin komponen ini juga berfungsi menaikkan putaran RPM ketika mesin dalam kondisi dingin. Biasanya ketika motor start pertama kali maka idle motor serasa tinggi, nah itulah fungsi dari ISC.

Posisi ISC ini ada di bagian throttle body, jadi bentuknya semacam sensor dan sensor tersebut akan mengatur volume udara yang masuk dari filter udara melalui Throtle Body ketika putaran mesin idle, langsam atau putaran mesin tanpa beban. Tapi bukan dengan membuka katup throttle body, melainkan dengan cara bypass. Jadi posisinya masih tertutup.

Motor Injeksi Juga Bisa Brebet Loh, Komponen Satu Ini Jadi Penyebabnya

ECU akan memerintahkan ISC untuk membuka katup secara bypass untuk mengatur langsam motor lebih baik, tapi jika kondisi ISC kotor maka kinerjanya jadi terhambat dan bisa bikin motor brebet serta langsamnya gak stabil.

Solusinya motor harus dilakukan servis injeksi, dibongkar dan dibersihkan ISC-nya. Tapi jangan asal dibersihkan...karena setelah dibersihkan ISC harus direset menggunakan alat khusus diagnostic yang biasanya dimiliki oleh bengkel resmi.
Rata-rata semua motor injeksi pakai komponen ini, namun sebagian motor Honda ada yang gak pakai sensor ISC.

Biasanya sensor ini dapat ditemui di motor Suzuki Nex, GSX-R150, Bandit 150 dan GSX-S150. Kemudian di motor Yamaha ada di motor mesin YMJET-FI generasi Mio J, tapi M3 tidak pakai ini termasuk juga Freego, sedangkan sensor ISC ini terdapat di semua motor Yamaha Maxi seperti Nmax, Aerox atau Lexi.Motor Injeksi Juga Bisa Brebet Loh, Komponen Satu Ini Jadi Penyebabnya

Referensi : aripistop.com(11/3/2020).


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di