CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / REGIONAL / All / ... / Karesidenan Madiun /
[COC Regional : Makanan Tradisional] Jenang Candi Magetan Yang Legend ABisssss
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6b0c7d349d0f4a6a271a72/coc-regional--makanan-tradisional-jenang-candi-magetan-yang-legend-abisssss

[COC Regional : Makanan Tradisional] Jenang Candi Magetan Yang Legend ABisssss

Mudik ke Kabupaten Magetan, menikmati lokasi wisata sambil membeli jajanan khas Magetan buat oleh-oleh. Di Magetan, Jenang Candi, menjadi salah satu jajanan khas Magetan, yang paling banyak diburu pemudik.

Selain tempat wisata, pusat oleh-oleh khas Kabupaten Magetan, juga dipenuhi para pemudik yang merayakan lebaran Idul Fitri di Magetan. Salah satunya seperti Toko Arista, yang berada di Jalan Raya Magetan-Sarangan, yang menyediakan aneka macam oleh-oleh khas kabupaten setempat ini. Seperti wajik, sambal pecel, dan jenang candi, yang paling banyak dicari para pemudik.

Selama musim libur lebaran, omset penjualan meningkat hingga 100 persen. Mengantisipasi lonjakan pembeli yang rata-rata dari pemudik asal luar Magetan, pemilik meningkatkan jumlah produksi jauh hari sebelumnya, utamanya jajanan Jenang Candi yang memang paling banyak diburu.

Salah satu pemudik asal Jakarta, Hadi Suparno, mengaku memborong aneka jajanan khas Magetan, khususnya Jenang Candi, yang memiliki ciri khas rasa. "Campuran gula jawa dan biji wijennya itu yang menjadikan istimewa," kata Hadi Suparno, pemudik asal Jakarta.

Meskipun ramai pembeli, akan tetapi pemilik mengaku tidak menaikkan harga, selama musim mudik seperti saat ini. Satu kotak Jenang Candi dijual seharga Rp 38 ribu masih tetap sama seperti hari biasa.(end)

[COC Regional : Makanan Tradisional] Jenang Candi Magetan Yang Legend ABisssss


Makanan khas Magetan yang sangat terkenal adalah Jenang Candi. Jenang Candi ini berbeda dengan jenang yang lain. Perbedaan bisa dilihat dari warnanya yang lebih coklat kehitam-hitaman, bentuknya yang sangat kenyal, dan rasa manisya yang begitu pas di lidah dan masih ditaburi biji-biji wijen. Melihat bentuk kenyalnya dan warnanya yang cokelat kelam sudah menggoyang-goyangkan lidah saja, serasa ingin segera merasakan lezatnya makanan yang satu ini.

Tidak semua orang asli Magetan pun dapat membuatnya. Biasanya Jenang Candi ini hanya diproduksi di desa Candirejo, Magetan. Namun demikian pembuatannya sangat mudah dan tidak membutuhkan terlalu banyak bahan. Akan tetapi untuk menjadikan Jenang Candi ini lezat dibutuhkan perasaan dan ketelitian dalam membuatnya. Bahan-bahan yang dicampurkan tidak dengan sembarang takaran. Dalam menakar ada ukuran-ukurannya.

Bahan yang diperlukan adalah santan, gula, tepung ketan, dan biji wijen. Adapun caranya adalah yang pertama santan dan gula direbus dulu sampai mendidih. Kemudian yang selanjutnya adalah memasukkan tepung ketan ke dalam rebusan santan dan gula yang sudah mendidih tersebut dan diaduk sampai menjadi adonan yang kental. Selanjutnya tinggal mencetak adonan yang sudah mengental itu ke bentuk yang kita inginkan. Kemudian yang terakhir adalah menaburi adonan yang sudah dibentuk tadi dengan biji wijen dan mendinginkannya.

Jenang Candi biasanya disajikan dalam upacara adat sebagai sesajen, acara pernikahan sebagai sesajen dan makanan ringan, untuk oleh-oleh, dan makanan ringan ketika ada saudara atau tamu yang datang berkunjung.

sumber : http://pojokpitu.com/baca.php?idurut=82584
profile-picture
phntm.7 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di