CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / REGIONAL / All / ... / Banyumas /
[CoC Regional: Lokasi Wisata] Curug Cipendok, Pesona Air Terjun yang Terkuak
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6b0098af7e934f4a6937a1/coc-regional-lokasi-wisata-curug-cipendok-pesona-air-terjun-yang-terkuak

[CoC Regional: Lokasi Wisata] Curug Cipendok, Pesona Air Terjun yang Terkuak

Seperti Curug Cipendok, Pesona yang Terkuak. Keberagaman bahasa daerah yang dimiliki masyarakat Indonesia, membuat sejumlah obyek wisata diberi nama sesuai dengan bahasa kedaerahan setempat agar mengundang penasaran wisatawan domestik atau pun mancanegara untuk mengunjungi kawasan wisata​ tersebut.

Bagi orang awam, nama curug masih asing di telinga masyarakat yang tidak menempati di mana nama curug ini berasal. Seperti Curug Cipendok, Pesona yang Terkuak. Keberagaman bahasa daerah yang dimiliki masyarakat Indonesia, membuat sejumlah obyek wisata diberi nama sesuai dengan bahasa kedaerahan setempat agar mengundang penasaran wisatawan domestik atau pun mancanegara untuk mengunjungi kawasan wisata tersebut.

Sebagaimana tempat wisata yang lain, curug pun merupakan sebuah nama obyek wisata yang khas di daerah Jawa Barat. Seperti Banyu Grojog yang khas di Jawa Timur, Curug di Jawa Barat pun arti dari sebuah nama obyek wisata air terjun. Banyak sekali curug yang ada di kawasan Jawa Barat ini tak terkecuali Curug Cipendok.

Curug yang terletak di kawasan lereng Gunung Slamet ini mempunyai ketinggian berkisar 92 meter. wisata ini masih tergolong baru, sehingga para wisatawan belum banyak yang mengunjungi destinasi alam yang satu ini. Kesejukan udara yang disajikan masih sangat terasa dipadukan kesunyian yang melanda di sana. Dapat dipastikan jika kalian berkunjung ke sana, kedamaian yang tidak kalian dapatkan di Kota, akan kalian dapatkan di kawasan wisata Curug Cipendok ini.
Fasilitas Curug Cipendok

Seperti kawasan wisata yang lain, Wisata Curug Cipedok ini pun juga mempunyai beberapa fasilitas standart yang memadai, seperti tempat parkir, tempat istirahat bagi para wisatawan, tempat beribadah, kamar mandi, dan yang paling utama yaitu air terjun Cipendok sendiri yang menawarkan sejuta keindahan di sana.

Tidak hanya itu saja, ada beberapa fasilitas utama yang sangat menggiurkan yang tidak dimiliki oleh kawasan wisata curug yang lain. Adalah taman bermain untuk anak-anak. Jadi sangat cocok apabila kalian berkunjung ke kawasan wisata ini dengan keluarga besar. Selain itu, di kawasan ini terdapat menara padang yang menjulang, sehingga jika kalian menaiki menara ini, kalian dapat melihat pemandangan Kota Puwokerto yang menakjubkan dari atas menara ini.

Fasilitas seru lainnya yaitu seperti Cottage, outbond, jogging track, jungle tracking, dan yang tidak ketinggalan dari fasilitas yang khas kawasan wisata ini adalah bumi perkemahan. Jadi untuk kalian yang ingin menikmati sunset dan sun rise, kalian bisa bermalam di kawasan Bumi Perkemahan yang ada di Curug Cipendok ini. Wah, sangat menarik untuk dicoba sepertinya.

Keindahan Curug Cipendok

Nama wisata kedaerahan ini berasal dari legenda setempat yang berkaitan dengan sejarah Diponegoro. Curug yang berarti air terjun di mana Raden Ranusantika menemukan sebuah keris. Dan cipendok merupakan sebuah pendok mirip cincin yang yang bersinar kuning keemasan. Nama Curug Cipendok yang diberikan untuk air terjun itu diusulkan oleh Breden Santa, seorang kepala pekerja pada zaman itu.

Pemandangan indah yang disuguhkan dimulai dari lokasi parkir kendaraan sampai ke kawasan wisata itu sendiri. Perkebunan yang ada di kawasan ini begitu terawat hingga hasil panennya sendiri dijajakan langsung di kawasan wisata ini seperti tomat, cabai, dan seledri. Perkebunan sepanjang jalan menuju lokasi wisata sangat menakjubkan dan indah untuk dinikmati sambil berjalan santai.

Tidak hanya itu, sungai-sungai kecil yang mengalir dari aliran curug Cipendok ini sangat menggoda para wisatawan untuk berhenti sejenak dan main air di sana merasakan dingin dan sejuknya air pegunungan. Selain Curug Cipendok yang menjadi alasan utama wisatawan berlibur ke sana, terdapat pula telaga Pucung dan sumber mata air yang menenangkan.

Sehingga sangat cocok untuk menenangkan sejenak penat pikiran yang melanda. Selain keindahan alam yang dapat dinikmati di telaga pucung, di sana terdapat elang dan beberapa harimau yang sudah mulai berkurang keberadaannya.

Tempat Hunting Foto di Curug Cipendok

Bagi masyarakat Jawa Barat tentunya sudah tidak asing dengan nama Curug Cipendok. Bagi kalian yang hobi traveling dan hunting foto, beberapa spot di sini menarik untuk dijadikan koleksi beranda sosial media kalian. Banyak kawasan memesona yang sayang untuk dilewatkan.

Kawasan air terjunnya sendiri yang memikat, cocok banget untuk sekedar candid di sana. Atau di telaga Pucung, kalian bisa berpose ala-ala model profesional di sana. Pastinya hasil potret dengan background kawasan wisata Curug Cipendok ini tidak akan mengecewakan.
Akses lokasi Menuju Curug Cipendok

Curug Cipendok berlokasikan di Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Barat. Jika kalian berangkat dari Purwokerto, perjalan bisa ditempuh hingga menuju Jalan Jendral Sudirman ke arah alun-alun.

Setelah itu lurus saja menuju Jalan Cilongok hingga sampai di pertigaan Losari sekitar lebih kurang 14 km dari arah Purwokerto. Di pertigaan tersebut terdapat rambu berwarna kuning, kalian bisa belok ke kanan hingga menuju lokasi yang hanya berjarak 8 km.

Dari jalan raya Cilongok menuju lokasi ditempuh dengan perjalanan dengan kondisi jalan yang berkelok dan menanjak. Tapi tidak perlu khawatir, karena kawasan ini sudah diaspal sehingga memudahkan wisatawan untuk berkunjung ke kawasan wisata Curug Cipendok. Namun bagi kalian yang hendak bepergian tanpa kendaraan pribadi, jangan khawatir, karena akses transportasi umum pun juga sudah tersedia di kawasan wisata menuju Curug Cipendok.

Kamu dapat menggunakan angkutan umum dengan trayek jalur Ajibarang-Losari-Kalisari-Karang tengah-lebaksiu-Curug Cipendok. Pada hari biasa angkutan umum yang diberi nama Koperades ini beroperasi di siang hari yang bisa dibooking para pelancong untuk menuju kawasan wisata ini.
Harga Tiket Masuk dan Jam buka Curug Cipendok

Kawasan wisata Curug Cipendok ini dipatok dengan tarif yang relatif murah meriah. Karena hanya dengan Rp. 9.000 sebagai tiket masuk, dan Rp. 2.000 untuk parkir kendaraan pribadi, kalian sudah bisa menikmati indahnya kawasan wisata yang tiada tandingan ini. Jam bukanya pun 24 jam dan setiap hari.
Tips liburan ke Curug Cipendok

Seperti halnya berlibur ke destinasi wisata yang lain, bepergian ke kawasan wisata Curug Cipendok pun memerlukan persiapan dan perbekalan yang pas. Agar bisa mengantisipasi segala kemungkinan yang tidak pernah dibayangkan. Siapkan perbekalan serta beberapa barang tambahan seperti senjata untuk dokumentasi momen-momen di sana.

Senjata yang dimaksud di sini adalah seperangkat alat potret, bukan senjata berapi, tajam dan berbahaya loh ya. Karena sayang sekali jika kalian melewatkan panorama keindahan Curug Payung tanpa mendokumentasikannya terlebih dahulu. Jadi kamu harus mempersiapkan semuanya.

Tidak lupa pula peralatan kesehatan untuk waspada jika rekan atau kerabat atau bahkan kalian sendiri tiba-tiba sakit. Sayang sekali kan nantinya tidak bisa menikmati liburan dengan nyaman. Terpenting dari itu semua, tetap jaga kondisi agar selalu fit, stamina terjaga dengan baik, serta periksa kendaraan sebelum meluncur ke area wisata Curug Cipendok.

Spoiler for penampakan:


SUMUR >>> Curug Cipendok, Pesona Air Terjuan yang Terkuak
Bagus banget tempatnya dan masih alami gitu


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di