CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / REGIONAL / All / ... / Banyumas /
[CoC Regional: Makanan Tradisional] Buntil Banyumas, Mantap dengan Nasi Hangat!!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6afe74a2d1953594271a70/coc-regional-makanan-tradisional-buntil-banyumas-mantap-dengan-nasi-hangat

[CoC Regional: Makanan Tradisional] Buntil Banyumas, Mantap dengan Nasi Hangat!!

Buntil, nama kuliner khas Banyumas yang satu ini mungkin akan terasa aneh bagi sebagian masyarakat, terlebih bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar. Padahal, buntil merupakan lauk yang biasa dijajakan di pasar tradisional, dan memiliki rasa yang spesial untuk menemani nasi. Buntil merupakan salah satu jenis lauk-pauk atau kudapan khas banyumas yang terbuat dari daun pepaya, daun singkong ataupun daun talas (daun lumbu) yang bentuknya bulat sebesar kepalan tangan anak-anak. Kuliner asli Banyumas ini diberi nama buntil dikarenakan dalam proses pembuatannya, daun yang digunakan untuk membungkus baik itu daun pepaya, daun talas ataupun daun singkong diuntil-until (diikat-ikat), maka dari sanepa tersebut digunakanlah nama buntil (bungkusan yang diuntil-until).

Secara garis besar, buntil Banyumas dibedakan menjadi tiga macam tergantung dari daun yang digunakan untuk membungkusnya. Jenis yang pertama disebut dengan buntil talas, apabila daun yang digunakan untuk membungkusnya berasal dari daun talas (lumbu/senthe). Jenis yang kedua disebut buntil singkong apabila daun yang digunakan untuk membungkusnya berasal dari daun singkong dan yang ketiga disebut buntil pepaya, apabila bungkusnya menggunakan daun pepaya.

Dari ketiga jenis buntil tersebut, buntil daun talas memiliki rasa yang lebih lembut dan khas Banyumas, akan tetapi memerlukan proses pembuatan yang harus hati-hati dikarenakan daun talas bisa menimbulkan rasa gatal. Untuk menghilangkan rasa gatal tersebut, setelah dipetik daun talas selanjutnya dijemur sampai menjadi layu, kemudian dipotong batangnya sampai tinggal daunnya, baru kemudian dicuci menggunakan air yang mengalir sampai bersih.

Sebagian masyarkat sering menyebut buntil mirip dengan bothok, kukusan yang dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Padahal buntil dan bothok sangat berbeda, disebabkan makanan bothok dibungkus dengan daun pisang yang daun pembungkusnya tidak dapat dimakan sedangkan buntil dibungkus dengan menggunakan daun singkong muda, daun talas, daun pepaya maupun daun sente yang daun pembungkusnya dapat disantap.

Buntil terbuat dari parutan kelapa muda yang sudah diberi bumbu semacam bumbu kluban kemudian digulung dan diikat dengan menggunakan tali dari bambu. Untuk menggugah selera dapat ditambahkan teri, bawang, cabai, lengkuas, asam, garam, ebi atau udang rebon ke dalam bumbu ampas kelapa muda tersebut. Selanjutnya buntalan tersebut di kukus sampai matang/tanak. Untuk penyajianya biasanya di siram dengan kuah santan bumbu pedas dengan cabe rawit yang masih utuh.

Spoiler for Buntil Banyumas:


SUMUR >>> Buntil Banyumas


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di