CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Status Fb Eka Pras Ramalan Virus Corona 2016, Ternyata Hoax! Niat Awal Cuma Bercanda
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6ac570c8393a5da876e9ef/status-fb-eka-pras-ramalan-virus-corona-2016-ternyata-hoax-niat-awal-cuma-bercanda

Status Fb Eka Pras Ramalan Virus Corona 2016, Ternyata Hoax! Niat Awal Cuma Bercanda

Status Fb Eka Pras Ramalan Virus Corona 2016, Ternyata Hoax! Niat Awal Cuma Bercanda

Kebenaran ramalan corona 2016, ternyata cuma hoax!
Pelaku pengeditan status sudah meminta maaf atas perbuatannya


Status Fb Eka Pras Ramalan Virus Corona 2016, Ternyata Hoax! Niat Awal Cuma Bercanda


Semakin hari semakin susah memilih dan memilah berita, mana yang realita dan mana yang hanya hoax semata. Semua sangat mirip dan seperti tidak ada sekat pembatas!

Tentu Agan dan Sista sering sekali mendengar dan melihat hoax beredar, baik di media sosial atau laman berita yang tidak bertanggung jawab.
Bahkan banyak orang yang terpancing dan mengeshare berita-berita tersebut tanpa mencari tahu kebenaran akan berita tersebut sebelumnya.

Tidak sedikit orang harus bermasalah dengan hukum karena mereka dengan sengaja menyebarkan berita bohong atau provokasi.

Berbicara mengenai hoax, status facebook berbau provokasi dan narasi yang sengaja menjatuhkan orang lain, semuanya bisa dijerat dengan pasal ITE yang hukumannya min lima tahun penjara.

Masalah yang santer dibicarakan dan sering menjadi bahan hoax hari-hari ini adalah penyebaran virus corona.
Beberapa tersangka penyebaran berita hoax pun terpaksa harus dipenjarakan karena melanggar UU ITE karena telah membuat status yang menciptakan kegaduhan dan ketakutan!

Beberapa jam lalu tertangkap seorang ibu-ibu dari Lampung yang sengaja membuat status berita hoax di facebook tentang berita bahwa corona sudah masuk Lampung. Dan ternyata berita itu hanya hoax semata.

Tidak hanya itu, beredar sebuah status ramalan tentang corona di tahun 2016.
Yang menebak bahwa di tahun 2020 awal, akan terjadi sebuah wabah virus corona dari China yang menyerang 1/3 manusia di bumi.

Sontak saja screen shoot dari akun facebook Eka Pras ini memancing banyak respon dari para netizen, heboh netizen menduga-duga atas ramalan ini.
Bahkan tidak sedikit juga para pengguna fb yang membagikan ramalan ini ke wall pribadi mereka!

Menindak lanjuti status ramalan viral yang menghebohkan dunia maya, kepolisian pun mengambil tindakan untuk kejadian ini.
Pihak kepolisian memanggil pemilik akun Eka Pras yang membagikan ramalan corona untuk mengklarifikasi kebenarannya. Dan siapa sangka, ternyata ramalan tersebut hanyalah sebuah status editan dari status 2016 yang dibuat agar tulisan ini nampak benar-benar ramalan dari masa lalu.

Seperti apa postingannya?
Lihat ini!


Spoiler for Ramalan Hoax :


Akhirnya sang pemilik akun Eka Pras pun memberikan klarifikasi di Mapolresta Blitar, tentang statusnya yang telah viral menghebohkan dunia maya.

Pada mulanya dia tidak berniat untuk membohongi atau menipu orang lain dengan statusnya, namun hanya berniat bercanda dengan mengedit status 2016 silam menjadi status yang berkaitan erat dengan virus corona yang sedang mewabah di hampir seluruh dunia.

Dia tidak menyangka jika apa yang dia lakukan akan membuat heboh media sosial, sampai akhirnya di tanggal 12 Maret 2020 dia harus melakukan klarifikasi atas perbuatannya yang meresahkan.


Status Fb Eka Pras Ramalan Virus Corona 2016, Ternyata Hoax! Niat Awal Cuma Bercanda


Sungguh sangat disayangkan sekali jika permasalahan seperti ini dijadikan bahan bercandaan, apa lagi saat ini para korban yang terdampak virus corona sedang berjuang melawan virus yersebut dan dapat kembali sehat seperti sedia kala.

Sudah sepantasnya jika pihak kepolisian memanggil dan memberikan sanksi atas perbuatan yang telah dilakukan oleh akun Eka Pras. Jangan sampai karena terkesan dibiarkan kemudian akan muncul Eka Pras yang lainnya.

Sekali lagi ditegaskan oleh pihak kepolisian Blitar, jika ramalan virus corona 2016 tersebut adalah editan dan hoax semata.
Akun Eka Pras telah meminta maaf dan mengklarifikasi semua yang telah dilakukannya, dia mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada yang telah membaca dan mempercayai statusnya.

Tentu masalah ini bisa menjadi teguran untuk kita semua, untuk tidak mudah percaya terhadap berita yang sedang heboh dan viral, apa lagi membagikan tanpa mencari tahu kebenarannya.
Apa lagi saat ini semua hal yang berbau kebohongan dan provokasi di media sosial bisa dikenakan UU ITE.

Oke, itu lah tadi thread Agan Ts yang membahas tentang kebenaran dari ramalan hoax yang sedang beredar.
Terima kasih buat yang sudah singgah, jangan lupa tinggalkan jejak pendapat Agan dan Sista dengan berkomentar di bawah!




Penulis: @masnukho
Referensi dan gambar
di sini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
08566777087 dan 10 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
emoticon-Cape d... belaga ngeramal, mau jadi Nyi Loreng?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 4 lainnya memberi reputasi
emoticon-No Hope tangkep aja Pak
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan iissuwandi memberi reputasi
Ga hoax

Ga makan ya kadal gurun....

emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iamnoone dan 5 lainnya memberi reputasi
Quote:


emoticon-Ngakak kkadal gurun again yang kenak
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Untung ane gk pinter edit mengedit gitu 😂
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:


Dasar jabingan. Orang model begini nih yg biin orang ada panik
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Di dor aja yang model gini.

Kalo ada yang keberatan,
Bilang aja itu cuma candaan
emoticon-Ngamuk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
mukanya mirip si somad, jadi pengen mukul.
profile-picture
profile-picture
rajabulukumba dan masnukho memberi reputasi
yg memviralkan juga goblog, mau aja percaya sama yg ginian.
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan masnukho memberi reputasi
Quote:

emoticon-Ngakak kayaknya ribet banget Pak harus nyari status 2016

Quote:

emoticon-Cape d... iya onar

Quote:


emoticon-Ngakak jadi cuma candaan
Quote:

emoticon-Ngakak ada masalah apa sama anu Pak

Quote:


emoticon-Cape d... kagak tau juga dah
Lagi wabah gini masi kepikiran buat kayak gitu tu otaknya dimana ya
profile-picture
masnukho memberi reputasi
ane ngerti sih becanda2an model gini, awal niatnya pasti cm buat internal keren2an aja sama temen2nya

apa daya jaman sekarang beda sama dulu, sekarang tuh dikit2 viral, ditambah bumbu2 narasi di sana sini emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh goodspell
Quote:

emoticon-Matabelo mungkin masih tergadai Gan

Quote:


emoticon-No Hope iya, tapi gimana lagi
Quote:


Hihihi awas di tangkep
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:


emoticon-Bingung iya awas
Orang-orang yang gak punya kompetensi tapi ingin terkenal ya begini gans jadinya. Mereka menjadikan hal serius sebagai bahan candaan mereka. Semoga segera diberi kesadaran bahwa ni bukan mainan
profile-picture
masnukho memberi reputasi
mantab juga nih bis ngedit emoticon-Wkwkwk
profile-picture
masnukho memberi reputasi
mukanya tipikal kadrun...
bikin mual...
profile-picture
masnukho memberi reputasi
santri salah asuh, wkwk
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di