CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / REGIONAL / All / ... / Bengkulu /
[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Objek Wisata Air Putih Lebong
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6a6127c342bb72924e2215/coc-regional--lokasi-wisata--objek-wisata-air-putih-lebong

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Objek Wisata Air Putih Lebong

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Objek Wisata Air Putih Lebong


Bosan dengan tempat wisata yang biasa aja, air putih lebong yang terletak di desa air putih,kecamatan pinang belapis,kabupaten lebong,provinsi bengkulu.Bisa menjadi alternatif wisata untuk anda. Objek wisata air putih juga merupakan objek wisata andalan bagi kabupaten lebong dengan daya tariknya berupa air panas alam yang terletak tidak jauh dari jalan raya.

Wisata air putih Lebong merupakan salah satu destinasi wisata yang menjadi favorit dan tujuan utama setiap wisatawan ketika musim liburan tiba. Air putih Lebong terletak di Provinsi Bengkulu, tepatnya di Desa Air Putih, Kecamatan Pinang Berlapis, dan kabupatennya adalah Lebong. Tak hanya wisatawan asli dari Bengkulu, bahkan yang dari luar pun banyak yang berkunjung dan menikmati keunikan tempat wisata ini.

Apakah yang membuat unik dan berbeda dengan destinasi wisata yang lain?
Wisata air putih lebong sebenarnya adalah perpaduan antara air dingin dan air panas yang mengalir ke dalam satu sungai yang sama. Airnya yang dingin dan sangat segar tersebut langsung mengalir dari sumber mata air dari Gunung Semelko. Dari permukaaan air, Anda bisa melihat banyaknya bebatuan yang ukurannya bervariasi memenuhi dasar sungai. Sangat indah dan menyegarkan mata ketika memandangnya.

Di sekeliling sungai dari wisata air putih Lebong masih asri, karena dikelilingi oleh tanaman hijau yang rindang, mulai dari tumbuhan perdu, semak, hingga pepohonan. Meskipun matahari telah datang, wisatawan tak perlu risau dan takut kepanasan, faktanya banyak yang tetap nyaman dan berenang juga.

Di sungai dengan tempat yang sama, Anda juga bisa menikmati air panas. Unik sekali bukan? Untuk pinngiran sungai dikelilingi oleh bebatuan besar asli dari pegunungan yang mana bisa mengeluarkan panas pula. Setiap pengunjung yang datang selalu ingin mencobanya.

Jika Anda berkendara dari pusat kota/ kabupaten, maka butuh waktu sekitar 30 menit untuk sampai di wisata air putih Lebong. Selama perjalanan, Anda akan menemukan kesejukan, karena Kabupaten Lebong terletak di lembah yang dikelilingi oleh bukit-bukit indah, sehingga udara sejuk asli pedesaan yang khas akan menemani perjalanan wisata Anda.

Berwisata ke wisata air putih Lebong tak perlu banyak mengeluarkan biaya. Anda hanya akan dikenakan biaya tiket masuk, biaya kebersihan/ ke toilet, dan biaya parkir saja. Meskipun sudah ada petugas kebersihan yang ada di sana, namun sebaiknya setiap wisatawan yang berkunjung juga ikut menjaga kebersihan di sekitar tempat wisata tersebut.

Wisata ini di sebut air putih bukan karena air nya berwarna putih seperti susu tetapi air nya yang sangat jernih yang mengalir dari sumber mata air besar di tebing-tebing berbatu dan menjadi sebuah sungai yang besar, berbatu dengan air sangat jernih sehingga dasar air bisa terlihat. Di sana terdapat dua sumber mata air yaitu air dingin dan air panas yang mengalir  ke satu sungai. Pemandangan alam di sepanjang sungai ini juga cukup indah.

Hamparan pepohonan yang menghijau dipadu dengan bebatuan yang ada memberikan kenikmatan tersendiri bagi anda yang berkunjung. Udara di kawasan ini cukup segar karena letaknya yang berada di pegunungan. Kawasan ini ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing yang sedang berkunjung ke bengkulu. Mereka datang bersama keluarga ataupun kerabat untuk menikmati pemandangan di sekitar kawasan sungai air putih ini dan juga melepaskan kepenatan setelah bekerja.

Terdapat beberapa gazebo yang dapat digunakan pengunjung untuk beristirahat sembari bercengkerama dengan sanak keluarga. Terdapat pula beberapa warung penjual makanan yang menyediakan makanan ringan dan minuman dingin maupun panas untuk menemani anda menikmati indahnya sungai air putih. Air panas ini ramai di kunjungi saat hari libur maupun hari-hari besar lain nya.

Air putih merupakan tempat wisata sumber air panas yang sangat menarik yang terletak ± 10 Km sebelah Timur dari Kota Muara Aman di Desa Air Kopras. Adapun untuk menjangkau lokasi tersebut ada dua alternatif rute. Rute pertama yaitu dari jalur Bengkulu Utara melewati kecamatan Giri Mulya dengan pemandangan kebun kopi di sepanjang jalan. Alternatif kedua yaitu melalui curup menuju muara aman dengan melalui Danau Tes.

Air Putih Lebong merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di Kabupaten Lebong, Bengkulu. Objek wisata satu ini menjadi salah satu alternatif wisata berlibur bagi para warga sekitar. Namun tidak hanya warga sekitar saja yang kerap mengunjungi lokasi ini, terlihat pula ada pengunjung yang sengaja datang dari luar daerah. air Putih Lebong ini juga menjadi objek wisata andalan karena memiliki daya tarik tersendiri dan cukup unik untuk dinikmati.

Keindahan dan keunikan yang disajikan dari sungai Air Putih ini adalah karena di sungai ini memiliki dua sensai air yang berbeda. Yap di sungai ini terdapat dua mata air, satu air dingin dan satu lagi air panas. Ke dua mata air tersebut mengalir menuju satu sungai yang sama. Air sungai yang dingin ini berasal dari sumber mata air yang ada di Gunung Semelako. Keindahan sungai ini juga di dukung dengan adanya bebatuan alam yang memiliki ukuran yang beragam.

Warga sekitar kerap menyebut sungai ini dengan sebutan Air Putih. Namun jangan salah pengertian, Air Putih disini bukan berati air yang ada di sungai ini memiliki warna putih seperti susu. Akan tetapi saking jernihnya air yang dihasilkan dari mata air yang berada di tebing berbatu sehingga dasar sungai inipun dapat terlihat dengan jelas. Karena hal inilah sungai ini diberi nama Air Putih.

Tak hanya keunikan dari air yang ada di sungai ini saja. Pemandangan di tempat ini juga cukup indah. Sungai yang dikelilingi dengan pohon-pohon yang begitu rindang menjadikan suasana di lokasi ini begitu sejuk. Hembusan angin yang segar juga dapat dirasakan karena dilihat dari lokasi ini juga dekat dengan pegunungan. Bagi para pengunjung juga dapat menikmati segarnya air sungai ini dengan berenang atau hanya sekedar menceburkan kaki ke dalam sungai. Tak usah hawatir dengan teriknya matahari saat berenang di sungai ini, karena di sekitar sungai ini ditumbuhi berbagai jenis pohon yang pastinya dapat melindungi anda dari sengatan matahari. Para pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam dengan duduk-duduk santai di gazebo atau pondok yang memang disediakan oleh pengelola.

Objek wisata Air Putih i ni memang memiliki daya tarik yang begitu besar. Selain dapat menikmati segarnya air dingin dengan berenang, para pengunjung disini juga dapat menikmati sensasi dari sumber air panas. para pengunjung dapat berendam dipemandian sumber air panas yang memang telah disediakan tentunya dengan biaya yang terjangkau. Dengan berendam di sumber air panas yang mengandung belerang ini juga selain berguna untuk kesehatan kulit juga dapat merelekskan pikiran dan menenangkan pikiran. Selain berendam para pengunjung juga dapat mencoba untuk merebus telur di sumber air panas yang berada di antara bebatuan sungai. Berbeda dengan sumber air panas yang digunakan untuk berendam, di sumber air panas ini tidak mengeluarkan bau belerang.

Lokasi wisata ini memang begitu menarik dan cukup unik. untuk masalah fasilitas sendiri. Di lokasi ini telah disediakan beberapa warung-warung kecil yang menjual berbagai jenis makanan serta minuman untuk para pengunjung. Objek wisata ini juga selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan terutama saat akhir pekan dan hari libur nasional.

Di lokasi wisata ini terdapat beberapa fasilitas pendukung yang dibuat untuk menambah kenyamanan para pengunjung. Di lokasi ini terdapat area parkir, gazebo yang dapat digunakan oleh para pengunjung untuk beristirahat dan sambil menikmati pemandangan yang disajikan dari sungai Air Putih. Terdapat pula pemandian air panas, warung-warung yang menjual makanan serta minuman.

Objek wisata Air Putih ini berada di Desa Air Putih Kecamatan Pinang Berlapis Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu. Untuk menuju ke lokasi ini juga tidak terlalu sulit. Anda hanya akan memerlukan waktu sekitar 30 menit perjalanan dari pusat kota untuk menuju ke lokasi wisata ini.

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Objek Wisata Air Putih Lebong

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Objek Wisata Air Putih Lebong

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Objek Wisata Air Putih Lebong

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Objek Wisata Air Putih Lebong

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Objek Wisata Air Putih Lebong

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Objek Wisata Air Putih Lebong


Sumber : https://www.tempatwisata.pro/wisata/...r-Putih-Lebong


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di