CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / REGIONAL / All / ... / Bengkulu /
[ COC Regional : Makanan Tradisional ] Ikan Pais Lemak Rasonyo
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6a5a0b8d94d030247a26d2/coc-regional--makanan-tradisional--ikan-pais-lemak-rasonyo

[ COC Regional : Makanan Tradisional ] Ikan Pais Lemak Rasonyo

[ COC Regional : Makanan Tradisional ] Ikan Pais Lemak Rasonyo
Didaerah agan ada gak kuliner yang berbahan ikan serta dibungkus dedaunan seperti daunt alas, daun pisang dan sebagainya? Nah kali ini ane bakal bahas soal makanan daerah Bengkulu yang memakai bungkusan daun serta didalamnya dicampur bumbu dan parutan kelapa, penasaran kan, ya uadah simak aja gan .........

Ikan sebagai makanan merujuk pada pemanfaatan ikan dan bagian tubuh ikan (daging, organ tubuh, minyak ikan, dan sebagainya) sebagai bahan makanan. Istilah "ikan" dalam kehidupan sehari-hari dapat merujuk kepada organismenya atau suatu bahan makanan. Untuk makanan laut yang tidak spesifik hanya pada ikan melainkan juga pada organisme lain seperti kerang dan timun laut dapat merujuk kepada boga bahari serta ikan air laut dan ikan air tawar yang terbentang luas di Nusantara.
Ikan Pais atau juga biasa disebut Pendap ini adalah kuliner khas Bengkulu yang berbahan ikan dan dibungkus dengan daun talas. Jangan tanya rasanya ya, pedas gurihnya menyentuh lidah banget.
 
Pasti jadi penasaran, apa yang membuat Ikan Pais ini begitu lezat. Yuk kita review!!
 [ COC Regional : Makanan Tradisional ] Ikan Pais Lemak Rasonyo
Cara memasaknya cukup memakan waktu yang lama yakni berkisar 7-8 jam. Bahan utamanya ikan, lalu dibungkus dengan beberapa lapis daun talas dan daun inilah yang nantinya juga ikut dimakan bersama lauk utama yang terbungkus di dalamnya.
 
Dapat penjelasan nih dari pedagang Pendap di daerah Tanjung Agung, Jumlatul. Katanya, bahan utama ikannya dilumuri dengan bumbu yang ditambah dengan parutan kelapa. Kemudian dibungkus dengan daun talas beberapa lapis dan masak selama 7-8 jam.
 
“Kalau dikukusnya sebentar saja, rasanya kurang enak, mudah basi, atau terasa asam. Bahkan daun talas pun akan menyebabkan gatal di lidah,” 
 [ COC Regional : Makanan Tradisional ] Ikan Pais Lemak Rasonyo
Dijelaskannya juga, bahan ikannya yang dipilih bukan sembarang ikan. Tapi hanya ikan yang punya sisik, itupun bukan ikan sungai melainkan ikan laut. Wahh, udah kerasa banget nih di lidah.
 
“Dari nenek moyang kami dulu, ikan yang biasa digunakan ikan laut, ikan yang punya sisik, seperti ikan pinang-pinang, ikan bawal dan masih banyak yang lain. Ikannya harus dipermentasikan dulu paling tidak satu malam, sampai memiliki bau yang menyengat, barulah dilumuri dengan bumbu-bumbu dan parutan kelapa. Kemudian bungkus dengan daun talas, terakhir dibungkus dengan daun pisang, dan di kukus,” terangnya.
 
Ngomong-ngomong nih, ternyata kuliner khas Bengkulu yang dikenal dengan nama Pendap ini sudah terkenal di Indonesia, banyak Pemebeli yang berasal dari luar seperti Kalimatan dan Jawa.
 
“Mereka berkunjung ke Bengkulu  membeli oleh-oleh makanan khas Bengkulu untuk dibawa pulang ke tempat mereka,” kata Jumlatul.
 
Diceritakannya singkat, pendap, yang dulunya daun talas terbuang percuma, karena setiap memasak gulai talas yang dimasak hanya batang dan umbinya saja. Jadi, nenek moyang terdahulu berpikir bagaimana cara memanfaatkan daun talas tersebut.
 
 [ COC Regional : Makanan Tradisional ] Ikan Pais Lemak Rasonyo
 
“Sehingga terciptalah masakan Pendap atau gulai Pendap yang di bungkus lagi dengan daun pisang dan diikat dengan tali mesiang,” demikian Jumlatul bercerita.
 
               
Banyak masakan dari bengkulu yang lemak rasonyo, salah satunya resep ikan pais khas Bengkulu ini. Agar dapat ikut merasakan enaknya menu ini, akan dibahas bagaimana cara membuat ikan pais khas Bengkulu berdasarkan resep yang ada. Mau ikutan?
 
Masakan yang satu ini seperti masakan bagar hiu, dapat kita buat dengan menggunakan berbagai jenis ikan yang sesuai dengan selera. Tentunya kita bisa menyiapkan yang sesuai resep terlebih dahulu untuk mencicipi rasa khas masakan ini.
 
Ikan-ikan tersebut terutama yang memiliki banyak daging sehingga hidangan akan lebih mantap. Dalam pengolahannya, ikan ini tidak akan kita potong tetapi hanya dibersihkan dan dimasak utuh. Siapa yang suka dengan ikan?
 
Bagi yang belum pernah mencoba variasi masakan seperti ini tentu akan cukup menarik untuk dicoba di rumah. Kenapa tidak, semakin banyak jenis olahan yang bisa disajikan maka akan semakin menarik bukan? Harapannya, selera makan anggota keluarga di rumah bisa selalu terjaga, lahap menyantap semua masakan yang dihidangkan, benar tidak?
 [ COC Regional : Makanan Tradisional ] Ikan Pais Lemak Rasonyo
A. Bahan dan Bumbu Ikan Pais Khas Bengkulu
Bahan yang harus disiapkan untuk masakan khas ini tentunya yang utama adalah ikan, selain itu kita juga memerlukan bahan tambahan seperti kelapa dan juga daun keladi. Untuk bahan dan bumbu selengkapnya dapat dilihat di bawah ini.
1/4 Kg Ikan
1 bh kelapa matang
1/2 bh kelapa tua (1/2 matang)
Cabai secukupnya
Daun keladi muda secukupnya
Lengkoas seibu jari
Jahe sekelinking jari
Kunyit sekelingking jari
Asam jawa secukupnya
Bawang merah 5 bh
Bawang putih 3 bh
 
Ikan apa yang digunakan untuk jenis masakan ini? Kalau saya pribadi sebenarnya suka-suka saja ya, tergantung kesukaan masing-masing. Yang terpenting adalah ikan yang digunakan adalah ikan yang masih segar. Dengan begitu rasa dan kualitas masakannya bisa dijamin.
 
 
Bahan Dasar
Ya sudah, silahkan dipelajari dulu bahan dan bumbu yang dibutuhkan. Setelah itu jika ingin mencobanya bisa langsung disiapkan bahannya. Bahan dan bumbu disiapkan sesuai pada daftar di atas ya. Memasaknya mengikuti panduan di bawah.
 
B. Cara Membuat Ikan Pais yang Lemak Rasonyo
Agar bahan tersebut menjadi sajian yang lemak rasonyo kita akan segera menyiapkan untuk proses memasaknya dengan panduan yang dapat diikuti sebagai berikut.
 
Parut kelapa matang lalu di gongseng kemudian dihaluskan
Parut kelapa tua (1/2 matang ) kemudian di haluskan
Campur atau satukan kelapa matang dan tua yang sudah diparut tadi
Haluskan cabe, bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, dan kunyit
Campur adonan kelapa dengan air asam jawa secukupnya
Campur bumbu yang sudah diberi air asam jawa dengan adonan kelapa
Masukkan ikan kedalam bumbu yang sudah di siapkan
Bungkus ikan dan bumbu kedalam daun keladi
Sebelum merebus terlebih dahulu air rebusan dicampur dengan air asam jawa kemudian rebus bungkusan ikan tersebut
Air rebusan usahakan melebihi bungkusan ikan
Tunggu hingga matang
Angkat dan sajikan
Selain menu tersebut kita juga dapat mencoba masakan Bengkulu lain misalnya Gulai Rebung Asam Bengkulu yang juga telah kita bahas bersama-sama.


Sumur 1
sumur 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di