CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / REGIONAL / All / ... / Yogyakarta /
[COC Regional : Makanan Tradisional] Gudeg Manggar Bikin Lidah Jadi 'Ambyar'
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6a44eba2d195532d704df7/coc-regional--makanan-tradisional-gudeg-manggar-bikin-lidah-jadi-ambyar

[COC Regional : Makanan Tradisional] Gudeg Manggar Bikin Lidah Jadi 'Ambyar'

Gudeg manggar, makanan tradisional yang bikin lidah jadi ambyar

[COC Regional : Makanan Tradisional] Gudeg Manggar Bikin Lidah Jadi 'Ambyar'
(ilustrasi: idntime.com)

Apa yang terlintas di benak Gansis bila ditanya tentang gudeg?
Makanan khas Jogja. Buah nangka. Manis.

Ya, benar sekali semua jawabannya. Gudeg makanan khas dari Jogja berbahan buah nangka muda atau gori yang dimasak sedemikian rupa dengan rasa manis dan gurih.

Apa Gansis, ada varian baru lho dari gudeg ini. Yang biasanya berbahan dari buah nangka muda atau gori, kini ada yang berbahan manggar. Karena gudeg ini berbahan manggar, maka dari itu di sebut gudeg manggar.

Manggar adalah bunga kelapa, tetapi yang bisa dimasak menjadi gudeg manggar hanya yang masih muda. Penasaran? Ini penampakan manggar untuk bahan baku gudeg manggar.

[COC Regional : Makanan Tradisional] Gudeg Manggar Bikin Lidah Jadi 'Ambyar'
(ilustrasi: food.detik.com)

Jika ingin mencicipi gudeg manggar ini, Gansis bisa datang di Jogja. Ada banyak rumah makan yang menyajikan menu gudeg manggar. Salah satunya resto yang berada di Jalan Parangtritis km 11, 5, Manding, Bantul, Yogyakarta.

Lokasinya yang cukup strategis karena berada tepat di pinggir jalan raya. Hanya melewati dua lampu merah/traffic light bila dari Pantai Parangtritis. Jadi setelah Gansis berpuas-puas diri menikmati ke-eksotisan Pantai Parangtritis, Gansis bisa langsung cuuuz ke resto ini.

[COC Regional : Makanan Tradisional] Gudeg Manggar Bikin Lidah Jadi 'Ambyar'
(ilustrasi: dokumen pribadi)

Masalah harga Gansis tak usah kawatir, hanya berkisar 20-30 ribu rupiah Gansis bisa menikmati seporsi gudeg manggar, telur pindang, tahu/tempe bacem, areh, sambel krecek. Atau juga bisa ditambahkan dengan ayam bacem, ati ampela dll tergantung selera dan isi kantong kalian. Ane jamin, gudeg manggar bikin lidah Gansis jadi 'ambyar'.

Jika Gansis pingin masak sendiri berikut resepsi. Untuk bahan baku manggar bisa dibeli di pasar atau metik sendiri bagi yang punya pohon kelapa. Jangan pohon kelapa milik tetangga ya, kalau belum minta ijin.

Quote:


Paling mudah sih beli dari pada masak, menurut Ane, sih. Sekian tread dari Ane, semoga bermanfaat.
*Sumber tulisan: opini pribadi dengan referensi ini dan itu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 5 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
pager
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
gudeg Jogja, favoritku 💖
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan dalledalminto memberi reputasi
Quote:


pernah nyoba gudeg manggar?
profile-picture
evihan92 memberi reputasi
Quote:


Belum
Quote:


hehe ..., takut lidah jadi ambyaremoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
evihan92 memberi reputasi
Quote:


Belum nemu aja, lama nggak main ke Jogja
Boleh juga nih resepnya, agan suka masak juga ya?
profile-picture
dalledalminto memberi reputasi
Quote:


suka sekaliii, apalagi masak air hehe
masak air sampai mateng
untuk bikin segelas sekutengemoticon-Najis
katanya aku cowok ganteng
liatnya dari atas gentengemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
enak banget nih, aku suka gudeg Jogja. kemarin pas ke sana di suguhin itu
profile-picture
dalledalminto memberi reputasi
enakan masakan yang bercitarasa pedes 😀
profile-picture
dalledalminto memberi reputasi
Quote:


yg dari nangka muda atau manggar, Ukth
Quote:


makan gudeg sambil makan cabe, juga endes surendess lho, monggo dicoba
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Salam malam dan menikmati semua sajian indahnya om dalle
profile-picture
dalledalminto memberi reputasi
Quote:


hahaaa ... ayo, ayo sini merapat, sebelum kehabisan
profile-picture
delia.adel memberi reputasi
Quote:


Sudah tepat belum ya?
beliin dong Baaang
profile-picture
dalledalminto memberi reputasi
Quote:
Quote:


sangat tepat di jantung hatiku
profile-picture
delia.adel memberi reputasi
Quote:


yuk, bun. klw ke pantai parangtritis bs mampir
ciyuss gan, btw tahu manggar kan?
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di