CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / ... / SINDOnews.com /
Apindo Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Tahun Ini hanya 4,5%
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6a4429337f9319075468a2/apindo-prediksi-pertumbuhan-ekonomi-tahun-ini-hanya-45

Apindo Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Tahun Ini hanya 4,5%

Apindo Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Tahun Ini hanya 4,5%

JAKARTA - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi B Sukamdani memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya bisa mencapai 4,5% di tahun 2020 akibat adanya wabah virus corona. Sebelumnya, Apindo memproyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa tumbuh 5,2% di tahun ini.

"Target sudah jelas akan direvisi. Perkiraan kami setelah dampak virus corona kalau bisa mencapai 4,5% saja sudah bagus," ujarnya di Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Hariyadi melanjutkan, situasi ini juga bergantung pada masyarakat. Apabila kepanikan masyarakat terus berlanjut, pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa di bawah 4,5%. "Ini sudah bulan Maret dan bulan depan sudah Ramadhan. Kalau tidak ada pembalikan luar biasa antara 4,5%. Jadi dari sisi target memang akan berubah," jelasnya.

Baca Juga:

Menurut dia, target dari hotel dan restoran juga berubah. Secara rata-rata, pertumbuhan industri hotel sekitar 10-12%. Tahun ini diperkirakan hanya tumbuh 5% dengan syarat ada pembalikan. Sementara kerugian sektor pariwisata akibat virus corona diperkirakan mencapai USD1,5 miliar. Sektor lain seperti manufaktur juga menghadapi masalah karena impor Indonesia paling banyak dari China.

"Impor kita dari China itu sekitar USD37 miliar. Ekspor USD26 miliar. Bisa dibayangkan segitu banyak impor adalah untuk bahan baku. Jadi memang luar biasa dampak virus corona ini," jelasnya.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M Faqih mengatakan, sektor kesehatan juga mengalami tertekan karena bahan baku obat berasal dari China dan India. Namun kedua negara tersebut sedang bermasalah. "Makanya kami meminta pemerintah untuk tidak melakukan penutupan terlalu ketat karena akan membunuh industri strategis, di samping industri perhotelan dan restoran," ujarnya.

Daeng juga meminta agar masyarakat tidak panik namun tetap waspada. Langkah-langkah yang perlu dilakukan masyarakat agar tidak terkena virus corona adalah dengan tidak melakukan kontak dengan penderita, menghindari orang-orang yang diduga terpapar khususnya warga negara yang baru datang dari negara-negara yang positif kasus corona, menggunakan masker (bagi yang sakit), serta rutin menjaga kebersihan terutama cuci tangan dengan sabun atau memakai hand sanitizer yang mengandung antiseptik. Terakhir, istirahat yang cukup, jaga makanan bergizi, olah raga rutin untuk menjaga daya tahan tubuh.

"Kami berharap masyarakat percaya kepada pemerintah dalam penanganan Covid-19 dan tidak panik, agar ekonomi Indonesia dapat tumbuh positif dari semua sektor khususnya pariwisata yang menjadi ujung tombak penyerapan ekonomi di level mikro," tandasnya.


Sumber : https://ekbis.sindonews.com/read/155...4-5-1584018492

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Apindo Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Tahun Ini hanya 4,5% Erick Thohir Respons Komentar Rizal Ramli Soal Dana Buyback Mending untuk Rakyat

- Apindo Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Tahun Ini hanya 4,5% BTN Optimistis Bisnis Perseroan On Track dengan Laba Rp3 Triliun

- Apindo Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Tahun Ini hanya 4,5% Kemnaker Bakal Perbanyak Bursa Kerja Khusus untuk Kurangi Pengangguran



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di