CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / ... / SINDOnews.com /
DPR Minta KCI Terapkan Protokol Kesehatan di KRL Commuter Line
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6a441df4d6952e642b32f4/dpr-minta-kci-terapkan-protokol-kesehatan-di-krl-commuter-line

DPR Minta KCI Terapkan Protokol Kesehatan di KRL Commuter Line

DPR Minta KCI Terapkan Protokol Kesehatan di KRL Commuter Line

JAKARTA - Anggota Komisi V DPR Irwan meminta PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) untuk menerapkan protokol kesehatan di setiap gerbong KRL dan juga stasiun KRL yang ada di Jabodetabek guna mengantisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19).

Irwan juga menyayangkan bahwa sejak awal isu Corona ini, respons dan cara penenganan pemerintah sangat buruk dan masih terlihat adanya ego sektoral.

"Dari awal sejak isu dan dampak Corona muncul cara pemerintah menanganinya sangat buruk dan tidak responsif. Akhirnya banyak pihak terutama pejabat masing-masing mengeluarkan statement dan kebijakan sendiri-sendiri," kata Irwan saat dihubungi di Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Baca Juga:

Menurut Irwan, terkait penularan corona yang rentan di KRL seharusnya disampaikan komprehensif oleh pemerintah pusat. Dan faktanya, penularan Corona bukan hanya melalui KRL tapi, bisa melalui transportasi atau tempat umum lainnya yakni, rumah sakit (RS), bandara, pusat-pusat keramaian termasuk destinasi wisata.

"Presiden bisa langsung menyampaikan atau melalui menteri terkait. Kan faktanya KRL bukan hanya di Jakarta? Terus dampaknya bagi penumpang terus nasib perusahaan KAI sendiri bagaimana? Ini kan harus menyeluruh membahasnya," ujar Ketua Departemen ESDM Partai Demokrat ini.

Legislator asal Kalimantan Timur ini berpendapat, kalau memang berdasarkan data suspect atau pasien positif terjangkit Corona ada yang berasal dari penumpang KRL maka, harus segera diterapkan protokol kesehatan di semua di stasiun dan juga gerbong KRL.(Baca: Waspadai Potensi Penyebaran Virus Corona di KRL Bogor-Jakarta Kota)

"Disiapkan penanganan pencegahannya. Minimal disediakan perlengkapan dan alat pendeteksi dini serta ada tenaga medis yang cakap termasuk hand sanitizer dan masker gratis," ucapnya.

Irwan menyayangkan bahwa pemerintah ini dari awal lambat dan buruk dalam merespon isu global corona. Bahkan, pemerintah hanya mementingkan dampak ekonomi dari corona dibanding keselamatan rakyat.

"Protokol penanganannya lambat dan tidak semoat tersosialisasikan dengan baik. Sehingga ada kepanikan dan kebingungan di masyarakat termasuk di pemerintah daerah. Makanya ada beberapa pemerintah daerah mengambil kebijakan sendiri-sendiri penanganan corona," ucapnya.


Sumber : https://metro.sindonews.com/read/155...ine-1584014276

---

Kumpulan Berita Terkait :

- DPR Minta KCI Terapkan Protokol Kesehatan di KRL Commuter Line Imbas Pipa Gas Bocor, Operasional SPBU Cakung Ditutup

- DPR Minta KCI Terapkan Protokol Kesehatan di KRL Commuter Line DPR Minta KCI Terapkan Protokol Kesehatan di KRL Commuter Line

- DPR Minta KCI Terapkan Protokol Kesehatan di KRL Commuter Line Diskominfotik DKI: Situs Corona Jakarta Bukan Diretas tapi Banjir Traffic



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di