CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Bukan yang Pertama Kali Loh, Ternyata Kegiatan Haji Pernah Ditutup Selama 40x!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6a3ecaaf7e932c6b0efb50/bukan-yang-pertama-kali-loh-ternyata-kegiatan-haji-pernah-ditutup-selama-40x

Bukan yang Pertama Kali Loh, Ternyata Kegiatan Haji Pernah Ditutup Selama 40x!

Bukan yang Pertama Kali Loh, Ternyata Kegiatan Haji Pernah Ditutup Selama 40x!

Quote:



Wabah virus corona yang pertama kali muncul Desember 2019 di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China 
itu kini telah berkembang secara pesat dan telah merenggut banyak nyawa masyarakat dunia. Saking masifnya efek si Corona ini, sampai-sampai WHO ketok palu Gan, nyatain kalo Corona ini udah jadi PANDEMIC. (Pandemic adalah  penyakit yang menyebar di wilayah yang luas, benua, atau bahkan di seluruh dunia.)



Sumber : https://www.suara.com/news/2020/03/1...bagai-pandemik

Quote:


Dan menurut situs https://www.worldometers.info/coronavirus/  (situs yang aktif memantau perkembangan virus corona di seluruh dunia ini mengatakan kalau sampai saat ini telah terjadi 129.178 kasus, dengan jumlah orang yang meninggal 4.749 orang dan total yang sudah sembuh sekitar 68.657 di dunia, sekitar 53%.


Bukan yang Pertama Kali Loh, Ternyata Kegiatan Haji Pernah Ditutup Selama 40x!


Memang, kalau dibandingkan antara yang meninggal dengan yang jumlah sangat jauh selisihnya, yakni sekitar 0,037%. Dan jika dibandingkan jumlah orang terkena corona dengan total penduduk dunia saat ini yang berjumlah 7,53 milyar hanya sekitar 1,17e^-5 . Tapi jangan pandang remeh Corona ini ya Gan, karena efeknya bahkan sampai mampu membuat kekacauaun dan keterpurukan ekonomi di beberapa tempat.

Baru-baru ini pemerintah Arab Saudi bakal mempertimbangkan untuk menutup ibadah haji setelah sebelumnya menutup masuknya peziarah dari seluruh dunia masuk negaranya untuk layananan ibadah umrah.


Pemerintah setempat sudah membatasi masuknya jemaah sejak Februari 2020 lalu. Pembatasan ini belum diketahui akan berlaku hingga kapan. 
Bahkan, Kamis (05/03/2020) kemarin, kerajaan Arab Saudi juga menutup berkala masjidil haram setelah salat Isya hingga jelang salat Subuh setiap harinya. 


Sementara itu, bagi penduduk Arab Saudi dan warga yang menetap disana, dilarang mendatangi Masjid Nabawi dan Masjidil Haram untuk sementara. 

Catatan sejarah memperlihatkan penutupan ibadah haji pernah dilakukan. Otoritas di Mekkah dan Madinah pada saat itu pernah meniadakan ibadah haji sebanyak 40 kali. 


Menurut data Jejak Imani Umrah & Islamic Tours, epidemi yang melanda tanah suci pernah terjadi. Beberapa di antaranya akibat wabah yang terjadi.

Ini terjadi karena kerumunan besar yang berkumpul dalam satu tempat di waktu yang sama dan kedatangan mereka dari berbagai negara ada yang membawa virus hingga menginveksi jemaah haji lainnya.

Berikut beberapa tahun bersejarah dimana ibadah haji pernah ditutup dikarenakan beberapa hal seperti dikutip dari instagram @jejakimani:


1. Qaramithah mencuri Hajar Aswad

Pada tahun 328 Hijriyah suku Qaramitah di bawah pimpinan Abu Tahir Al Qarmuthi mencuri Hajar Aswad dan membawanya ke Bahrain. Awalnya, kedatangan Abu Tahir di Mekah ditolak dan dia tidak diperbolehkan untuk masuk karena terkenal sebagai pemimpin yang kejam.
Kemudian dia mengucapkan sumpah yang menjamin bahwa dia akan tetap menjaga perdamaian selama berada di Mekah.

Namun ia melanggar sumpah tersebut dan menyerang umat muslim yang sedang melaksanakan haji. Pasukan Qaramitah datang mengendarai kuda mereka dan menyerbu Masjidil Haram pada hari pertama haji.

Abu Tahir memerintahkan Ja'far bin Ilaj untuk mencopot Hajar Aswad Kemudian mereka membantai para jamaah yang sedang beribadah dan mengejek ayat - ayat Al-Quran.

Suku Qaramitah menjarah Ka’bah, menghancurkan bangunan-bangunan, merampok rumah - rumah, para budak ditangkap, dan sebagian jenazah para jamaah haji dilemparkan ke dalam sumur Zam-zam untuk merusaknya sedangkan sebagian jenazah lainnya dibiarkan membusuk di jalanan.

Abu Tahir kemudian membawa dan menyimpan Hajar Aswad agar bisa diletakkan di masjid Dhirar. Dia ingin mengubah masjid tersebut menjadi tanah suci dan mengarahkan orang-orang yang akan melakukan haji ke masjid Dhirar. Namun hal tersebut tidak pernah terwujud.
Setelah hilang selama 22 tahun, akhirnya Hajar Aswad kembali ke Mekah setelah kekhalifahan Abbasiyah membayar sejumlah besar uang.



Bukan yang Pertama Kali Loh, Ternyata Kegiatan Haji Pernah Ditutup Selama 40x!

2. Pada tahun 983 terjadi perselisihan Bani Abad dan Bani Abid serta tahun 1257 penduduk Hijaz dilarang berhaji

Selama 8 tahun, muslimin dari Irak dilarang berhaji, dan tahun 1257 penduduk Hijaz juga diberlakukan larangan yang sama.


Bukan yang Pertama Kali Loh, Ternyata Kegiatan Haji Pernah Ditutup Selama 40x!

3.  Wabah Tha'un dan Wabah Hindi

Wabah Thaun merupakan penyakit kulit mematikan, serupa dengan penyakit kusta atau lepra. Pada 1814, wabah ini menyebabkan ibadah haji ditutup dan 8.000 orang meninggal dunia. Wabah tersebut disebabkan oleh virus yang menyerang hewan ternak. Orang yang terjangkit wabah ini akan muncul luka busuk pada kulitnya.
Wabah Hindi terjadi pada 1831 silam. Wabah yang dipercaya berasal dari India ini mengakibatkan ibadah haji ditutup dan tiga perempat jemaah meninggal dunia.

Bukan yang Pertama Kali Loh, Ternyata Kegiatan Haji Pernah Ditutup Selama 40x!

4. Wabah epidemi tahun 1837 dan kolera tahun 1846

Pada tahun 1837 ka'bah pernah ditutup hingga tiga tahun berikutnya akibat wabah yang terjadi.
Wabah Kolera terjadi pada 1846 dan membuat ibadah haji ditutup. Kejadian ini berulang pada 1650, 1865, dan 1883 silam. Wabah ini terus menerus menelan korban jiwa. 

Bukan yang Pertama Kali Loh, Ternyata Kegiatan Haji Pernah Ditutup Selama 40x!

5. Epidemi kembali terjadi pada 1858 yang menyebabkan penduduk Hijaz mengungsi ke Mesir

Epidemi kembali terjadi pada 1858 yang menyebabkan penduduk Hijaz mengungsi ke Mesir. Di tahun 1864, 1.000 peziarah meninggal perhari karena wabah yang sangat berbahaya. Saat itu karantina diberlakukan dengan bantuan dokter yang dikirim dari Mesir.


Bukan yang Pertama Kali Loh, Ternyata Kegiatan Haji Pernah Ditutup Selama 40x!

6. Kematian karena kolera tahun 1892


Pada tahun 1892 terdapat wabah kolera bertepatan pada musum haji dimana kondisi bertambah parah setiap harinya hingga mayat-mayat menumpuk. Kematian meningkat di Arafat dan mencapai puncaknya di Mina.


Tahun 1895juga terjadi wabah typus, pendemi yang mirip dengan demam tifoid atau disentri terindikasi dari konvoi yang datang dari Madinah.




Bukan yang Pertama Kali Loh, Ternyata Kegiatan Haji Pernah Ditutup Selama 40x!

7. Wabah Meningitis tahun 1987


Tahun 1987, wabah meningitis yang menyerang Arab Saudi membuat kegiatan berhaji ditutup. Saat itu, sebanyak 10.000 jemaah haji terinfeksi.

Selain karena wabah, ibadah haji juga pernah ditutup karena berbagai persoalan atau peristiwa. 



Bukan yang Pertama Kali Loh, Ternyata Kegiatan Haji Pernah Ditutup Selama 40x!


Ane cuma mau nitip, tetap tenang, tetap rasional akal pikirannya, jaga kesehatan ya Gan. Sayangi diri agan semua, sayangi orang-orang yang agan sayang juga. 



semoga si Corona ini bisa segera lumpuh gan! aamiin emoticon-Mewek

profile-picture
profile-picture
profile-picture
alineevee dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh edwinbian27
waduh banyak juga wabah pandemi yg pernah terjadi di dunia ini ya brayyy...
makanya mulai sekrang terapkan pola hidup sehat.. dan jangan mengkonsumsi yg aneh2...
profile-picture
edwinbian27 memberi reputasi
Diubah oleh nasrul.putra
Lihat 1 balasan
rasa rasanya corona ini jadi momok banget ya, dampaknya sampe di segala bidang, terutama ekonomi sih
profile-picture
edwinbian27 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Huaaaaa ngeri banget sih gan, mau kemana2 pun jadi takut ya, apalagi yang banyak turisnya
jadi... postingan postingan yang menyebutkan "Pertama Dalam Sejarah " adalah tidak benar..
profile-picture
edwinbian27 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Waaah... Ane baru tauk nih...
emoticon-Matabelo
profile-picture
edwinbian27 memberi reputasi
ternyata sebelum wabah pendemi corona, sebelumnya ibadah haji jg pernah ditutup oleh kasus serupa. emg wabah macam itu serem sih, apalagi klo kegiatan haji karna tempat berkumpulnya orang2 dr penjuru benua. justru klo gak dibatesin makin cepet jg penularannya
profile-picture
edwinbian27 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Rupanya bukan hanya wabah corona ya gan
Wabah2 lainnya malah lebih parah tuh
profile-picture
edwinbian27 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:

Semoga corona cepat berlaluemoticon-Shakehand2
Quote:


iya bener minim tenaga medis semacam itu. Tp klo jaman dulu klo ada wabah macam itu pasti bakalan diisolasi gan penderitanya, bbrp malah dikucilkan, diintimidasi parahnya ada yg sengaja ditaroh dipulau terpencil dg tujuan biar gak nular ke yg lain gt
profile-picture
alineevee memberi reputasi
semoga kita semua bisa pergi haji dengan damai


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di