CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / ... / Help, Tips & Tutorial Music /
Cara Menjaga Keamanan Saat Menggunakan Wifi Public
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6a29bf88b3cb10e349c81f/cara-menjaga-keamanan-saat-menggunakan-wifi-public

Cara Menjaga Keamanan Saat Menggunakan Wifi Public

Pasti disini banyak dari agan-agan yang suka menggunakan Wifi Public karena berbagai alasan, tetapi yang jelas alasan utamanya "gratis". Tetapi agan-agan perlu mengetahui sebuah fakta bahwa WiFi publik selalu terbuka, membuatnya menjadi sasaran empuk bagi peretas untuk mengakses informasi yang dikirimkan kepada mereka. Kerentanan WiFi berlaku untuk setiap jaringan publik di mana pun agan terhubung, apakah itu di warung kopi favorit agan, hotel, bandara, di transportasi umum, atau di mana saja.
Tetapi agan gak perlu khawatir kali ini saya mau membagikan ke agan supaya tetap aman saat menggunkan Wifi Public.

1. Hanya Terhubung Ke Jaringan Yang Dikenal Atau Diverifikasi
Salah satu cara termudah bagi peretas untuk mencuri informasi kalian adalah dengan membuat WiFi publik untuk kalian sambungkan. Membuat sarana WiFi publik yang yang WiFi adalah dalam kontrol total dari segala sesuatu yang kalian berbagi pada jaringan dan sistem. WiFi juga akan tahu kepada siapa kalian berbagi informasi.
Sebelum menghubungkan ke WiFi publik, verifikasi SSID atau nama jaringan Wi-Fi. Yang terbaik untuk memastikan kalian hanya terhubung ke jaringan yang telah kalian sambungkan sebelumnya. Kalian perlu memastikan bahwa kalian memeriksa nama WiFi dengan benar untuk memastikan bahwa nama itu sama dengan yang kalian verifikasi dari orang lain yang kalian kenal, dan bukan Wifi yang SSID-nya serupa seperti “monitortekn0”, bukan “monitortekno.”


2. Gunakan VPN
Oke, bagi mereka yang tidak tahu arti VPN, VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network. Apa yang dilakukan VPN adalah membantu mengenkripsi (mengamankan) data apa pun yang kalian kirim melalui jaringan, dengan menggunakan tunnel atau terowongan yang dilindungi antara klien dan server.
Di rumah atau kantor, data kalian berpindah dari browser kalian (ponsel atau komputer) ke server online (perusahaan yang kalian coba sambungkan). Dengan WiFi publik, server menggunakan WiFi publik. Dengan VPN, kalian akan masuk ke ponsel atau komputer kalian dan sinyal kalian pergi dari komputer kalian melalui tunnel yang dilindungi (VPN), dan kemudian ke server yang terhubung dengan kalian.


3. Hanya Kunjungi Situs Dengan HTTPS.
Jika karena alasan tertentu kalian tidak dapat memiliki akses ke layanan VPN. Kalian harus memastikan bahwa kalian hanya mengunjungi situs web yang memiliki URL yang dimulai dengan HTTPS. Https penting karena setidaknya membantu memastikan bahwa informasi apa pun yang kalian kirimkan antara browser kalian dan server yang terhubung akan dienkripsi.
Kalien dapat dengan mudah mengetahui apakah situs web aman dengan melihat bagian atas tab browser kalian untuk simbol Gembok yang menunjukkan bahwa situs web itu aman. Kalian juga dapat mengklik pada simbol gembok untuk memeriksa apakah sertifikat SSL berasal dari otoritas sertifikat.

4. Selalu Aktifkan Firewall Kalian

Firewall kadang-kadang bisa mengganggu. Sebenarnya, jika kalian terbiasa terhubung ke WiFi publik setiap saat, kalian mungkin ingin tetap mengaktifkan Firewall itu. Sebuah firewall dapat membantu mencegah informasi kalian dari yang dicuri oleh hacker jika mereka akhirnya memiliki akses tidak sah ke komputer kalian melalui WiFi publik.

Karena firewall bertindak sebagai dinding yang mencegah perangkat kalian diserang oleh malware berbasis data. Pada dasarnya, Firewall bertindak sebagai petugas keamanan yang memeriksa setiap data yang datang ke perangkat kalian melalui jaringan untuk memastikan keamanannya. Firewall akan mencegah serangan malware sebelum dimulai. Kalian dapat dengan mudah mencari “Firewall” di menu Start Windows kalian untuk mengaktifkannya.



5. Jangan Berbagi Informasi Sensitif
Berbagi informasi sensitif bisa sangat menggoda untuk dilakukan, tetapi kalian harus menghindarinya. Jangan membawa transaksi atau operasi kalian di internet yang mengharuskan kalian memberikan informasi sensitif tentang kalian saat menggunakan jaringan publik.

Alasan kalian tidak menyimpan informasi sensitif di ponsel atau komputer kalian adalah karena kalian tidak bisa merasa aman ketika harus berbagi informasi pribadi kalian di internet. Jika kalian benar-benar perlu berbagi informasi pribadi, tunggulah sampai kalian kembali ke kantor atau rumah, tempat kalian memiliki akses ke jaringan pribadi. 

Sumur:

Quote:






profile-picture
profile-picture
mugiwara86 dan PublicEnemy memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di