CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Tech / Computer Stuff /
Apakah WPA3 Bisa Digunakan Di 2020
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6a27589a972e14826e418f/apakah-wpa3-bisa-digunakan-di-2020

Apakah WPA3 Bisa Digunakan Di 2020

Sekarang Wi-Fi Alliance hampir siap untuk memberikan WPA3 kepada konsumen dan penyedia layanan. Standar baru keamanan Wi-Fi akan dibangun di atas standar WPA2 yang menua, mengantar periode baru keamanan Wi-Fi.

Apa Itu WPA?
WPA adalah singkatan dari Wi-Fi Protected Access. Jaringan rumah kita kemungkinan menggunakan WPA2, karena itu adalah perlindungan terkuat yang tersedia saat ini. Sayangnya, WPA2 ternyata dapata terserang menggunakan key installation attack atau biasa disebut KRACK. Tetapi WPA2 masih jauh lebih aman daripada pendahulunya yang pada dasarnya tidak berfungsi, WPA, dan sebelum itu, WEP.
WPA2 mengatur apa yang terjadi ketika kita terhubung ke jaringan Wi-Fi tertutup. Pada dasarnya, WPA2 menggunakan enkripsi yang kuat untuk menjaga kata sandi kita dan semua komunikasi lebih lanjut aman dari siapa pun yang ingin menyelinap. Bahkan, pada Maret 2006, perangkat yang menampilkan merek dagang Wi-Fi harus kompatibel dengan WPA2.

Apakah WPA3 Berbeda?

WPA3 adalah standar terbaru. Ini memperkenalkan empat komponen utama yang tidak ditemukan di WPA2. Seperti WPA2, kecuali jika produsen menampilkan empat komponen berikut, perangkat mereka tidak dapat dipasarkan sebagai “Wi-Fi CERTIFIED ™ WPA3 ™”.

1. Perlindungan Brute Force
Mari kita pikirkan handshake atau jabat tangan lagi. Handshake memastikan kata sandi yang benar digunakan antara masing-masing klien serta menentukan jenis enkripsi yang digunakan untuk mengamankan koneksi. Krack mengeksploitasi terkena kerentanan yang mendasari dalam prosedur WPA2 handshake .
WPA3 mendefinisikan handshake yang “akan memberikan perlindungan yang kuat bahkan ketika pengguna memilih kata sandi yang tidak sesuai dengan rekomendasi kompleksitas yang tipikal.” Ini sangat berguna bagi mereka yang memiliki kata sandi lemah. Standar WPA3 akan melindungi terhadap serangan kamus brute-force (serangan yang mencoba untuk menebak kata sandi berulang kali).

2. Privasi Jaringan Publik
Pada saat ini, sebagian besar pengguna internet memahami bahwa koneksi Wi-Fi publik adalah potensi kewajiban. Mereka selalu kurang aman daripada koneksi rumah kita karena keterbatasan keamanan nirkabel yang ada, dan bahwa sebagian besar pemiliknya tidak memahi keamanan jaringan.
Standar WPA3 baru berjanji untuk “memperkuat privasi pengguna di jaringan terbuka melalui enkripsi data individual.” Secara teori, ini berarti setiap kali kita terhubung ke titik akses nirkabel publik, lalu lintas kita akan dienkripsi apakah kita memasukkan kata sandi atau tidak. Ini adalah langkah besar ke depan untuk keamanan Wi-Fi publik.

3. Mengamankan Internet of Things
Standar WPA3 yang baru akan memperkenalkan beberapa keamanan tambahan yang sangat dibutuhkan untuk internet perangkat Things. Ini adalah langkah yang disambut baik karena lebih banyak perangkat IoT yang online tanpa fitur keamanan yang memadai.
Masalah keamanan IoT utama adalah kurangnya kata sandi yang dapat diubah. Mengetik kata sandi baru pada perangkat IoT itu cukup sulit. Itu karena mereka tidak memiliki graphical user interface untuk berinteraksi, membuat perubahan kata sandi yang lebih aman untuk semuanya, tetapi itu tidak mungkin.

4. Enkripsi Yang Lebih Kuat
WPA3 memperkenalkan enkripsi dan penyelarasan 192-bit “dengan Suite Algoritma Keamanan Nasional Komersial dari Komite Sistem Keamanan Nasional.” Meskipun ini mungkin bukan fitur “wow”, itu pasti memberikan dorongan signifikan bagi keamanan konsumen.

5. Wi-Fi Easy Connect
Wi-Fi Alliance telah mengumumkan fitur baru yang disebut Wi-Fi Easy Connect. Fitur ini membuatnya lebih mudah untuk memasangkan perangkat tanpa layar atau perangkat input (seperti smart home gadgets) ke router. Wi-Fi Easy Connect menggantikan Wi-Fi Protected Setup yang digunakan dalam WPA2, yang dianggap tidak aman.

Kapan Bisa Menggunakan WPA3?
Semua pembaruan keamanan ini terdengar bagus, bukan? Untungnya, Wi-Fi Alliance berpikir perangkat dengan dukungan WPA3 hampir tiba. Namun, seperti yang disebutkan sebelumnya, perangkat baru harus mendukung fitur baru atau mereka tidak akan menerima merek dagang WPA3 baru. Tetapi ada beberapa dukungan untuk sistem operasi saat ini yang mendukung WPA3:
Linux Network Manager 1.1.6 tersedia sejak 15 Maret [sup]th[/sup] 2019
Microsoft Windows 10 1903 tersedia sejak Mei 21 [sup]st[/sup] , 2019
Google Android V10 tersedia sejak 3 September [sup]rd[/sup] , 2019
Apple IOS V13 tersedia sejak 19 September [sup]th[/sup] 2019
Apple OS X v10.15 tersedia sejak 7 Oktober [sup]th[/sup] 2019

Kompatibilitas Mundur
Jika kalian berpikir untuk membeli router baru, mungkin yang terbaik adalah melakukannya. Meskipun standar WPA3 diadopsi oleh Wi-Fi Alliance satu setengah tahun yang lalu, tidak dapat diasumsikan bahwa semua perangkat berkemampuan WLAN yang dijual sejak saat itu, mendukung standar ini. Baik, sistem operasi dan perangkat keras harus mendukung standar ini. Smartphone, laptop, tablet, dan lainnya semuanya memerlukan patch atau pembaruan keamanan untuk memastikan perangkat dapat menggunakan WPA3.


Kesimpulan
WPA3 belum akan diterima secara luas dalam waktu dekat. Ini pada dasarnya tidak akan terjadi karena dua alasan penting. Pertama, jumlah perangkat yang didukung saat ini masih terlalu kecil. Bahkan jika semua perangkat baru akan mendukung WPA3  yang saat ini tampaknya tidak menjadi masalah, masih membutuhkan waktu lama hingga semua perangkat yang beredar mendukung standar ini.

Sumur:


Quote:










profile-picture
profile-picture
profile-picture
mugiwara86 dan 3 lainnya memberi reputasi
Salah kamar
Lihat 1 balasan
Berantakan tulisannya, hasil copas, ckckck malu2in
Lihat 1 balasan
mungkin kayaknya belum deh, 2021 mungkin baru bisa
Lihat 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
masih lama keknya
Lihat 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
trus legacy devices masih bisa konek ke wpa3 ?
Lihat 1 balasan
salah kamar ane maap
profile-picture
ampekduo memberi reputasi
Kayaknya mesti ada perbaikan kata2 nya gan...

Tapiii Nice Infooo Gan
Lihat 1 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di