CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Sepeda /
Helm Sepeda Interkom Bluetooth SENA Bisa Nyambung Lebih dari 4 Orang
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6a00c54601cf12332d2751/helm-sepeda-interkom-bluetooth-sena-bisa-nyambung-lebih-dari-4-orang

Helm Sepeda Interkom Bluetooth SENA... Bisa Ngobrol Bareng Lebih dari 4 Orang

Helm Sepeda Interkom Bluetooth SENA Bisa Nyambung Lebih dari 4 Orang

Seberapa banyak helm interkom Sena R1 bisa terkoneksi? Ini pertanyaan menarik. Sebab, helm interkom sepeda Sena R1 belakangan mulai banyak dipakai para goweser. 

Beberapa komunitas menanyakan kemungkinan tambahan jumlah koneksi karena kebutuhan kompetisi atau gowes bareng dalam jumlah hingga 10 orang sampai belasan.

Bagi yang belum mengenalnya, Sena R1 sendiri adalah unit interkom tiga tombol (tombol plus-minus dan tombol tengah) dengan mikrofon dan speaker tertanam di tepian langit-langit helm. 

Secara koneksi, dia setipe dengan Sena 10S yang mampu digunakan untuk ngobrol hingga empat pengguna. Namun, ada cara yang bisa digunakan agar Sena R1 dapat terhubung dengan jumlah lebih dari itu.

Helm Sepeda Interkom Bluetooth SENA Bisa Nyambung Lebih dari 4 Orang

Cara yang bisa diterapkan merupakan "hacking" menggunakan alat tambahan +Mesh. +Mesh yang berbentuk seperti antena kecil merupakan alat penyedia jaringan mesh bagi unit Sena Bluetooth intercom, salah satunya adalah helm Sena R1.

Apa keuntungan jaringan mesh seperti yang disediakan oleh alat Sena +Mesh ini? Mesh memungkinkan jaringan koneksi dengan lebih banyak pengguna. Selain itu, ketersambungannya bersifat otomatis. 

Jadi sekalipun terputus, dia akan berusaha untuk menyambungkan koneksi lagi secara otomatis jika satu sama lain sudah dalam jarak jangkauan.

Helm Sepeda Interkom Bluetooth SENA Bisa Nyambung Lebih dari 4 Orang

Bagaimanakah menyandingkan grup sepeda dengan Sena R1 menggunakan +Mesh? Gambarannya seperti ini. Jika Sena R1 bisa terkoneksi total empat pengguna, maka +Mesh ini secara posisi menggantikan posisi pengguna keempat dan berperan sebagai antena.

Prinsip yang diterapkan untuk menghubungkan Sena R1 dengan Sena R1 lain dan Sena +Mesh adalah "chain reaction" atau berantai. Dengan demikian, maka susunan koneksi adalah helm A ke helm B. Lalu helm B ke helm C. Lalu helm C ke helm D. Dengan prinsip ini, slot untuk helm D digantikan oleh Sena +Mesh.

Adapun cara menghubungkan antar-helm dilakukan dengan mengaktifkan fitur "Intercom Pairing"--caranya tahan tombol tengah hingga terdengar suara "Intercom Pairing", dan lakukan hal yang sama di helm satu lagi. 

Helm Sepeda Interkom Bluetooth SENA Bisa Nyambung Lebih dari 4 Orang

Jika dua helm sudah sama-sama dalam mode "Intercom Pairing", tekan sekali tombol tengah di salah satu helm untuk konfirmasi pairing. Jika helm A dan B sudah terkoneksi, maka selanjutnya koneksikan helm B dan helm C. 

Jika "Intercon Pairing" prinsip chain reaction atau berantai ini sudah diterapkan di helm A-B-C, maka terapkan hal yang sama dari helm C ke Sena +Mesh. 

Dengan kondisi semua helm terkoneksi secara berantai, maka colek mikrofon atau coba berbicara akan membuat satu sama lain terhubung sebagai grup. Di saat bersamaan, helm C memiliki fungsi jaringan mesh karena terhubung ke +Mesh.

Helm Sepeda Interkom Bluetooth SENA Bisa Nyambung Lebih dari 4 Orang

Terapkan hal yang sama pada grup lain--yang sama-sama terdiri dari tiga Sena R1 dan satu Sena +Mesh. Keberadaan Sena +Mesh di tiap grup akan menghubungkan satu grup dengan grup lain.

Sebagai contoh, bisa dilihat pada gambar bahwa +Mesh menjadi semacam antena bagi tiga Sena R1. Lalu grup tersebut dikoneksikan dengan kelompok lain yang juga terdiri dari tiga Sena R1 dan satu unit Sena +Mesh.

Hasilnya? Sena R1 yang terkoneksi bisa bertambah kelipatan tiga dengan cara di atas. Harga helm sepeda Senar R1 dan +Mesh berada di ... 
Diubah oleh juraganmixmoge


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di