CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Inspirasi /
Mantul! Perusahaan Ini Bikin Jalan Raya Dari Sampah Plastik
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e69e1b7b41d3010693702f4/mantul-perusahaan-ini-bikin-jalan-raya-dari-sampah-plastik

Mantul! Perusahaan Ini Bikin Jalan Raya Dari Sampah Plastik

Mantul! Perusahaan Ini Bikin Jalan Raya Dari Sampah Plastik
pixabay.com

Usaha untuk mengurangi sampah plastik terus dilakukan demi menyelamatkan bumi dari "invasi plastik" di masa depan. Seperti yang kita tahu, butuh ratusan tahun agar sampah plastik dapat terurai dengan sempurna. Dengan jumlahnya yang terus meningkat setiap tahun cepat atau lambat bumi ini bisa jadi plastik semua isinya. 

Sedotan stainless, tote bag, sikat gigi bambu, kotak makan reusable, sendok makan kayu sampai pembalut dari katun mulai dipopulerkan sebagai barang untuk mendukung pengurangan penggunaan plastik. 

Seorang pria Skotlandia muncul dengan inovasi menarik sebagai solusinya: memanfaatkan sampah plastik untuk membuat jalan raya. Toby McCartney, seorang insinyur menemukan ide ini karena terinspirasi dari anak perempuannya dan pengalaman ia saat trip ke India. Di sana, masyarakat membakar plastik untuk menutupi lubang-lubang di jalan raya. 

Kemudian Toby bersama dua temannya, Gordon Reid dan Mick Burnett, mencari cara lain yang lebih baik untuk menambal jalan menggunakan plastik. Mereka bertiga lalu menggunakan granulator untuk mengubah sampah plastik menjadi biji plastik berukuran sekitar 5mm. Biji plastik tadi lalu dicampurkan dengan sebuah "aktivator rahasia", setelah tercampur lalu dikirimkan ke produsen aspal. 


Spoiler for spoiler:


Menurut situs boredpanda.com, biji plastik ini mengganti "bitumen" dalam aspal sehingga dapat mengurangi penggunaan bahan bakar fosil dalam pembuatan aspal. 


Toby McCartney sendiri mengklaim aspal yang dibuat dengan produk mereka 60% lebih kuat daripada yang biasa dan bertahan tiga kali lebih lama daripada aspal yang biasa orang lain gunakan. 

Menarik sih, patut diperhitungkan juga. Apalagi berdasarkan keterangan di website resmi perusahaan Toby, mereka menerima kerjasama internasional. Artinya mungkin bisa digunakan juga di Indonesia. Tentu dengan kajian dan perhitungan yang matang. 

Tapi kalau misalnya sampah-sampah plastik yang ada di Indonesia benar-benar bisa dijadikan bahan untuk membuat jalanan yang lebih kuat mantep banget deh! Sampahnya abis, jalanannya lebih kuat. Jadi gak ada lagi proyek abadi perbaikan jalan saat mendekati musim mudik lebaran. wkwkwk

Mimpi dikit gapapa kan ya? emoticon-Ngakak


Spoiler for Yang mau nonton versi videonya silahkan di sini:

 

Sumber aslinya:
Quote:



Quote:


profile-picture
profile-picture
profile-picture
kupu.malam69 dan 6 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
ng dalan anyar koe karo sopo emoticon-Kaskus Radio
Wiih keren nih, bisa diimplementasikan di seluruh dunia kalo bisa
Wah mantul nih bisa mengefisiensikan anggaran perbaikan jalan dan sisanya dimanfaatkan untuk hal-hal lain... emoticon-2 Jempol
kira-kira bisa dipakai disini ga ya, soalnya kayaknya sampah plastik indonesia juga banyak banget kan dengan orang yg super banyak, sedangkan masih banyak jalan2 yang terbengkalai
emoticon-Wowemoticon-Wow
kalo memang ada . diindo bisa diterapkan dan kantong plastik jangan dilarang lgi
Diubah oleh rahmata.p
Wah bagus tuh

Kapan indo bisa kek gitu ya
Diubah oleh hendrik.daploen
wih ini sih keren gan inovasinya. apalagi indonesia banyak tuh sampah plastiknya. daripada makin numpuk, bisa nih dijadiin alternatif
kek nya ini cocok banget dah di indo. sampah disini kan juga luar biasa, stoknya tak terbatas. belom lagi klo musim ujan gini jalanan aspal pd berlubang. cocok gak sih klo indo bisa manfaatin sampah plastik buat jalan aspal. disamping sampah berkurang, aspal dr plastik jg awet jd gak ada tuh maen tambal2 jalan segala pas musim ujan ato mudik lebaran
Quote:


bener nih gan,lagian dilarang pun jg susah. Klo masya udh memulai minim sampah plastik tp cm bbrp doang jg yg sadar. Belom lg kesadaran produsen produk jg msh minim, buktinya msh banyak pake bungkus dr plastik
bisa mulai diteliti dan dikembangan lebih lanjut nih... lumayan sampah jadi kepake
Quote:


hooh.. kalo kantok plastik dilarang bener2 emang susah sih.. cuma bisa diminimalisir dan diperbaiki sistem daur ulangnya
wah, mantep ini, sampah jadi gak sampah emoticon-Sundul Upemoticon-Sundul Up
ini kalau di indo kayaknya cocok banget deh diterapin. buset indo kan termasuk penghasil sampah yang banyak kan. yang plastiknya udah gak bermanfaat bisa dimanfaatkan ulang dan bisa dipake bersama, maksudnya buat kepentingan umum gitu loh. kan bagus banget nih inovasinya
ane dah tau dr lama sih kalo sampah plastik bisa jd campuran aspal.. yaa perlu dimanfaatin sih cara macam ini, pasti sangat membantu dlm mengurangi jumlah sampah plastik
Wah ide keren nih, gimana mendaur ulang sampah plastik menjadi sesuatu yang berguna.
@delia.adel keren kaga?
profile-picture
delia.adel memberi reputasi
Quote:


Ya keren. Bahkan sekarang sudah banyak dimodifikasi untuk sebuah batako anti air dan anti banjir. Batako yang bisa mengangkat rumah mengikuti arus air. Namun tidak sampai hanyut akibat atusnya. Indonesia mulai maju emang kok
profile-picture
phyu.03 memberi reputasi
Quote:

Ide buat jalan juga keren kan?
profile-picture
delia.adel memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di