CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Bisnis /
Donat Kentang Empuk Yang Sehat Dan Juga Lezat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e69bc8afacb952e1162cc71/donat-kentang-empuk-yang-sehat-dan-juga-lezat

Donat Kentang Empuk Yang Sehat Dan Juga Lezat

Donat kentang empuk yang cara buatnya cukup mudah. Dan saya mau berbagi cara dan langkah untuk membuatnya, semoga bermanfaat ya. Kami juga menjual mesin es serut.

Donat Kentang Empuk Yang Sehat Dan Juga Lezat

Donat Kentang Empuk

Bahan :

- Tepung terigu protein tinggi - 300 gram
- Kentang, kukus dan haluskan - 150 gram
- Telur - 1 butir
- Margarin - 30 gram
- Gula pasir - 35 gram
- Susu bubuk - 15 gram
- Ragi instan - 6 gram
- Garam - 1 sdt
- Air es - 100 ml
- Minyak untuk menggoreng - secukupnya

Bahan Topping :

- Coklat masak atau bisa juga DCC ( Dark Cooking Chocolate ), lelehkan - 150 gram
- Mises coklat dan warna-warni - secukupnya
- Gula donat - secukupnya

Langkah :

1. Campur tepung terigu, ragi instan, gula pasir, dan susu bubuk, lalu aduk sampai merata.
2. Tambahkan kentang. Aduk rata.
3. Setelah itu, masukkan telur dan air es sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis.
4. Tambahkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis.
5. Diamkan adonan 15 menit.
6. Kempiskan adonan. Bagi adonan menjadi masing-masing 30 gram dan bulatkan.
7. Diamkan 10 menit.
8. Ambil satu bulatan, pipihkan adonan. Lubangi tengahnya. Taruh berjejer (beri jarak untuk mengembang) di atas loyang yang sudah ditabur tepung sebelumnya. Diamkan 45 menit sampai mengembang maksimal.
9. Panaskan banyak minyak dengan api sedang. Goreng donat sampai matang.
10. Tiriskan dan dinginkan, lalu beri topping sesuka selera Anda.

Tips

1. Dan jika Anda kesulitan membulati adonan, bisa menggunakan cetakan donat sehingga hasilnya seragam.

2. Jangan memasukkan donat terlalu banyak saat dalam sekali menggoreng, karena bisa lengket. Pakai panci untuk menggoreng donat karena dapat menghantar panas merata ke seluruh bagian donat sehingga matang dengan sempurna.


Manfaat Kentang Bagi Tubuh

1. Membentuk Tubuh Ideal dan Menghindari Obesitas

Seperti yang sudah dijelaskan, kentang dapat menurunkan berat badan seseorang yang sedang menjalani program diet. Dan tetapi hindari mengolahnya dengan mentega, garam, micin ataupun minyak goreng.

Kentang juga banyak sekali mengandung vitamin, mineral dan zat – zat yang baik lainnya dan untuk pertahanan tubuh dalam melawan penyakit dan berperan pada kesehatan secara keseluruhan, termasuk mencegah obesitas.

Dan sayur juga yang dijuluki Potato ini memiliki serat – serat pangan yang berfungsi sebagai pengganjal, sehingga membuat rasa kenyang bisa bertahan cukup lebih lama. Di sisi lain, kentang dapat melancarkan pencernaan.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Dan dari semua nutrisi yang telah disebutkan, kentang juga rendah kolesterol, baik untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan serat dalam kentang dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Sebuah hasil penelitian dari National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES), menyebutkan kandungan kalium dalam kentang dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung.

3. Mencegah Kanker

Kentang mengandung folat yang berperan dalam sinesis dan perbaikan DNA, sehingga mencegah berbagai jenis sel kanker. Asupan dari sayuran seperti kentang dipercaya dapan mencegah kenker kolorektal.

Vitamin C dan quercetin kentang juga berfungsi sebagai antioksidan, melindungi sel terhadap kerusakan akibat radikan bebas.

4. Mengobati Diabetes dan Cegah Tekanan Darah Tinggi

Dan kebanyakan pasien diabetes disarankan dokter untuk mengonsumsi kentang sebagai pengganti nasi. Hal itu juga dikarenakan kentang dapat menurunkan penyakit diabetes atau mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Kandungan dari pati dalam kentang akan meningkatkan kontrol gula darah. Bisa juga untuk menurunkan diabetes, simpan kentang rebus di lemari es selama satu malam, dan konsumsi keesokan harinya dalam keadaan dingin.

Dan selain itu juga, asuan natrium rendah yang terdapat dalam kentang sangat penting untuk menjaga tekanan darah. Sementara kalium mendorong vasodilatasi atau peleberan pembuluh darah.

5. Baik untuk Otot dan Otak

Kentang mengandung kolin, yaitu nutrisi penting dan serbaguna. Kandungan tersebut dapat membantu gerakan otot, menstabilkan hati, dan meningkatkan daya ingat otak. Satu kentang berukuran besar mengandung 57 miligram kolin.

Pada dasarnya, tubuh pria dewasa membutuhkan sebanyak 550 miligram kolin, dan wanita membutuhkan 425 miligram kolin per hari.

Kolin juga membantu untuk mempertahankan struktur membran sel, mentransmisikan impuls saraf, penyerapan lemak, dan perkembangan otak pada anak.


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di