CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Frederika Alexis Cull, Misi Sederhana Berdampak Luar Biasa!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e69b9725cf6c44c47329f5a/frederika-alexis-cull-misi-sederhana-berdampak-luar-biasa

Frederika Alexis Cull, Misi Sederhana Berdampak Luar Biasa!

Frederika Alexis Cull, Misi Sederhana Berdampak Luar Biasa!



Frederika Alexis Cull
atau yang akrab disapa Fredie atau Erika,  lahir di Gold Coast, Australia pada 5 Oktober 2019 (saat ini berusia 20 tahun), merupakan sosok puteri Indonesia yang menginpirasi melalui misi sederhana namun berdampak luar biasa, yang dapat diikuti oleh perempuan-perempuan era millenial saat ini. 


Frederika Alexis Cull, Misi Sederhana Berdampak Luar Biasa!
Frederika Alexis Cull. Sumber : Disini

Bagi  penikmat beauty pageantIndonesia nama Frederika Alexis Cull tentulah tidak asing,  setelah dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2019 dan berhasil mengharumkan nama bangsa dengan masuk kejajaran 10 besar terbaik di Miss Universe 2019, nama Frederika semakin mencuat, setelah diundang berbagai media baik cetak maupun elektronik untuk menceritakan perjalanan panjangnya di Miss Universe hingga berhasil mengharumkan nama bangsa dan memberikan motivasi bagi perempuan-perempuan era millenial.









Dalam kesempatan ini, izinkan ane membahas mengenai advokasi yang dibawa fredie keajang Miss Universe, advokasi yang sederhana namun dampaknya begitu besar bagi masyarakat.


Frederika Alexis Cull, Misi Sederhana Berdampak Luar Biasa!
Fredrika Alexis Cull. Sumber : Disini

Voice for the Voicelessmerupakan yayasan nonprofit yang didirikan oleh Fredie, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan arti penting sebuah akta kelahiran. Berangkat dari isu 75 juta anak Indonesia yang tidak memiliki akta kelahiran, untuk itu fredie merasa terpanggil dan tergerak hatinya akan tanggung jawab sosial kepada masyarakat, dengan melakukan survey dan pendataan terhadap anak-anak yang belum memiliki akta kelahiran terutama disekitar provinsi yang menjadi domisilinya yaitu Jakarta. Daerah Khusus Ibukota Jakarta (DKI Jakarta), merupakan ibukota negara yang identik dengan gemerlap dan berdiri bangunan-bangunan kokoh dan kehidupan yang begitu modern, namun dibalik gemerlapnya ibukota ada wilayah atau kawasan pinggiran yang termasuk perkampungan kumuh, yang masyarakatnya belum memiliki kesadaran akan arti penting sebuah akta kelahiran untuk itu federika memberikan penyuluhan pendataan dan membantu kepengurusan akta kelahiran tersebut.










Frederika Alexis Cull, Misi Sederhana Berdampak Luar Biasa!
Frederika Alexis Cull saat menajalankan misinya. Sumber : Disini


Arti penting sebuah akte kelahiran bagi seseorang adalah agar diakui dan dijamin perlindungan hak-hak konstitusionalnya secara hukum. Akte kelahiran bagi seseorang ibarat identitas baginya sebagai warga negara untuk mengetahui kewarganegaraanya, silsilahnya yang terjamin oleh hukum. Setiap anak Indonesia memiliki hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang layak, namun salah satu dokumen yang wajib pada saat pendaftaran sekolah adalah akta kelahiran, selain itu bila seorang anak sudah menginjak usia dewasa sesuai hukum yang berlaku di Indonesia juga memiliki hak suara dipemilihan umum, untuk dapat memilih harus memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), untuk memperoleh KTP  dokumen yang harus dilengkapi adalah akte kelahiran, dan masih banyak hal lain yang mengharuskan adanya akte kelahiran, sehingga akte kelahiran adalah sesuatu yang wajib di miliki guna melindungi hak-hak konstitusional kita sebagai warga negara.


Frederika Alexis Cull, Misi Sederhana Berdampak Luar Biasa!
Anak-anak Indonesia. Sumber : Disini

Frederika Alexis Cull, Misi Sederhana Berdampak Luar Biasa!
Harapan Bangsa. Sumber :Disini

Advokasi Frederika tentang akte kelahiran yang nampak begitu sederhana, namun sangat berdampak besar bagi keberlangsungan dan perlindungan hak-hak konstitusional anak-anak Indonesia baik sekarang maupun dimasa depan. Misi sederhana yang dilakukan oleh gadis yang baru berusia 20 tahun ini, tentu saja dapat menginspirasi kita untuk melakukan hal serupa diwilayah masing-masing, bisa dibayangkan bila pemuda-pemudi di 34 provinsi secara kompak melakukan misi mulia ini, maka kita dapat menghapuskan isu 75 juta anak-anak di  Indonesia tidak memiliki akta kelahiran. 





Frederika Speech di top 20 Miss Universe.



Isu akte kelahiran ini tidak hanya hanya terjadi di Indonesia, namun terjadi hampir disetiap negara di dunia, sekalipun itu negara maju takkan luput dari namanya perkampungan/kawasan kumuh yang masyarakatnya kurang memiliki kesadaran akan arti penting sebuah akta kelahiran. Atas suatu misi sederhana yang berdampak besar ini, Frederika berhasil membawa nama Indonesia ke jajaran top 10 terbaik Miss Universe 2019, sekaligus prestasi tertinggi bagi Indonesia diajang kecantikan nomor wahid tersebut. Era Millenial saatnya perempuan dan wanita mengambil lebih banyak bagian dalam kehidupan sosial dan masyarakat, contoh nyata adalah Fredie dengan misi sederhana pencatatan akta kelahiran untuk melindungi hak konstitusional anak-anak Indonesia, SELAMAT HARI PEREMPUAN INTERNASIONAL

Frederika Alexis Cull, Misi Sederhana Berdampak Luar Biasa!


Sumber : Disini

Referensi : Tulisan pribadi sebagai penikmat beauty pageant ditambah data-data yang relevan dengan tulisan , Referensi 1 dan Referensi 2.




GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di