CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Ketika Virus Corona Mewabah, TNI Ada Digarda Terdepan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e69b7bff0bdb24e695b7ad5/ketika-virus-corona-mewabah-tni-ada-digarda-terdepan

Ketika Virus Corona Mewabah, TNI Ada Digarda Terdepan


Ketika Virus Corona Mewabah, TNI Ada Digarda Terdepan

Ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan dua warga Indonesia positif Corona. Warga Indonesia panik dan paranoid soal virus Corona yang belum ada obatnya, secara resminya. 

 

Tapi, rakyat Indonesia harus berfikir positif, Presiden umumkan itu. Tujuan bagus kok, agar rakyat Indonesia tahu bagaimana mengantisipasi dan tidak tertular virus Corona. Kalau tidak disampaikan, nanti akan menjadi banyak rakyat Indonesia yang tertular virus Corona.

 

Selain itu, TNI, Polri, Kemenkes RI, dan masyarakat pun sudah bergerak untuk antisipasi virus Corona agar tidak menyebar secara luas.

 

Seperti, membuat informasi bagaimana cara antisipasi virus Corona sampai pemerintah membangun RS khusus virus Corona di Pulau Galang, Batam.

 

Berbagai upaya dan langkah saat ini pun dilakukan. Karena ini menyangkut acaman kesehatan. Jadi tidak hanya Kemenkes RI yang melakukan penanganan virus itu.

 

Termasuk TNI. Iya TNI ini kan sebagai ujung tombak pertahanan negara. Tentu, tidak hanya perang dan acaman saja TNI untuk turun.

 

Soal acaman kesehatan pun TNI hadir untuk penanganannya. Bahkan di garda terdepan. Sejak awal pemulangan WNI dari Wuhan ke Indonesia. TNI hadir untuk menyiapkan berbagai fasilitas.

 

Sekarang ini TNI Angkatan Udara (AU) mempersiapkan kontainer isolasi medik udara yang khusus dikembangkan dan digunakan untuk mengisolasi pasien yang terkena virus, termasuk virus corona jenis baru, Covid-19.

 

Kontainer Isolasi Medik Udara (KIMU) milik TNI AU itu sendiri terpasang pada pesawat Hercules C-130 A-1327.

 

Dikutip Beritasatu.com, Kadiskesau Marsma dr Isdwiranto Iskanto, menjelaskan, kontainer medis udara merupakan ruangan bertekanan negatif dan dilengkapi sinar ultraviolet (UV), sehingga virus yang ada di dalam itu diharapkan sudah terbunuh karena terkena sinar UV.

 

Dijelaskan Isdwiranto, kontainer Isolasi Mesin Udara buatan Inggris itu merupakan hasil modifikasi yang dilakukan Dinas Kesehatan TNI AU yang sudah tidak terpakai.

 

Di dalamnya dibuat High Efficiency Particulate Air (HEPA) untuk menyaring partikel virus yang ada. Kemudian, terkena sinar UV dengan tekanan negatif dan dikeluarkan sudah dalam keadaan bersih.

 

Saat ini TNI AU baru memiliki satu kontainer yang berisi delapan tempat duduk untuk delapan pasien dan bisa diisi oleh dua petugas kesehatan. Kontainer yang dikembangkan diharapkan bisa digunakan untuk memindahkan pasien terdampak virus corona dari satu daerah ke rumah sakit.

Semangat dan tetap jaga kesehatan yaa..



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di