CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / REGIONAL / All / ... / Sukabumi /
[COC Regional:Makanan Tradisional]Dapros, Imajinasi Pecinta Bunga Ros dalam Kue
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e69b5acfacb957bd739733a/coc-regionalmakanan-tradisionaldapros-imajinasi-pecinta-bunga-ros-dalam-kue

[COC Regional:Makanan Tradisional]Dapros, Imajinasi Pecinta Bunga Ros dalam Kue

Wah, ternyata COC Regional udah mendekati DL! Duh, baru nyadar, padahal masih ada dua kategori lagi yang belum ane tulis. Jadi selama ini kemana aja Ceu? Entahlah, kok, sibuk ae yo? Padahal seharusnya, sibuk rebahan kwkwkw....
Yodah, udahin cuap-cuapnya, langsung cuss ... kebut aja.

Jadi gansist. Kali ini ane mau bahas makanan tradisional khas Sukabumi yang sekarang sudah populer ke berbagai pelosok Indonesia, khususnya Jawa barat.

Sebenarnya, lagi-lagi ane kebingungan untuk menentukan pilihan kue yang mau dibahas. Dikarenakan saking melimpahnya aneka ragam kue khas Sukabumi. Sebagian kue-kue fenomenal yang ada di Sukabumi sebut saja kue Mochi, kue Sagon, kue Noga, Opak, Wajit, kue bugis, Simping, Peuyeum, kue Jipang, Rangginang, Ranggining, Kolontong dan masih banyaaaaakkkk lagi.

Fyi, setelah ditelusuri kue-kue tradisional di berbagai daerah Jawa ternyata memiliki banyak kesamaan guys! Tetapi, selalu saja ada unsur yang menjadi pembeda. Emang orang Indonesia super kreatif bingit.

Setelah menimbang dan memilah, akhirnya ane memutuskan untuk ngebahas kue yang juga terkadang disebut kerupuk berbahan dasar dari tepung beras, yaitu kue Dapros.

[COC Regional:Makanan Tradisional]Dapros, Imajinasi Pecinta Bunga Ros dalam Kue
Shopee

Bahan dasar kue ini memang sangat sederhana. Namun, memiliki tampilan yang mempesona dan prosesnya terbilang unik. Kenapa unik? Karena kue cantik yang menyerupai bentuk kembang ros itu ternyata tidak memiliki cetakan khusus. Melainkan hanya dengan menggunakan jempol alias ibu jari.

Meskipun, dibilang "hanya" dan semua orang memilikinya tetapi, tentu saja tidak semua orang bisa membuatnya. Butuh ketekunan, kesabaran dan insting yang kuat. Kalo ane sendiri mah, lebih baik beli aja lah. Simple. Simple apa malas? Eh,🙈

Sebagai bocoran Gansist, sebenarnya komposisi kue Dapros ini sama persis dengan komposisi untuk kue Ranggining. Hanya berbeda cetakan, sehingga bentuknya pun menjadi berbeda. Maka, dicarilah nama yang berbeda pula. Sekali lagi, urang Sunda itu kreatifitasnya tak diragukan lagi.

Kue ini tercetus dari para pecinta bunga Ros yang doyan ngemil. Biar Gansist, tidak penasaran kali ini ane mau berbagi cara dan bahan-bahan untuk membuat kue Dapros.

Bahan bahan:
1. 300 gr tepung beras
2. 100 gram tepung tapioka
3. Air secukupnya
4. Garam
5. Penyedap rasa
6. Pewarna makanan

Bumbu yang dihaluskan:
1. 1 sendok teh Ketumbar
2. 4 siung Bawang putih
3. 3 butir Kemiri

Cara membuat:
1. Campurkan tepung beras, tepung tapioka, dan semua bumbu yang sudah dihaluskan. Tambahkan garam, penyedap rasa, dan pewarna makanan secukupnya.

2. Aduk rata antara tepung beras, tepung tapioka dan bumbu. Masukkan air hangat sedikit demi sedikit sambil di uleni hingga kalis. Hati-hati jangan kebanyakan air atau benyek, karena hal itu bisa mempersulit dalam proses pembuatan.

3. Setelah adonan kalis, ambil sebesar bulatan bakso berukuran sedang. Geleng-geleng hingga memanjang lalu, mulai dibentuk dengan menggunakan jempol tangan, memutar, hingga menyerupai bentuk bunga mawar.

4. Setelah proses pembentukan selesai, kukus hingga warnanya berubah terang.

5. Setelah matang, angkat, susun ditampah secara berjejer, lalu jemur di bawah sinar matahari hingga kering.

7. Setelah kering, goreng dengan minyak panas dan api sedang.

Siap disajikan.

Nah, gimana Gansist, udah bisa praktik. Kalo masih bingung dan gak sempet sih, ane saranin mendingan beli aja. Selain menghindari kegagalan, membeli juga sama saja membantu melestarikan pengrajin kue Dapros. Ini termasuk ke dalam kategori ngeles gak sih, gansist? Hehehe ....

[COC Regional:Makanan Tradisional]Dapros, Imajinasi Pecinta Bunga Ros dalam Kue


Biar lebih afdol, ane mau share video tutorial membuat kue Dapros di bawah ini👇





Sumber, Oppri
Referensi, di sini
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Setelah nonton tutorialnya, ternyaataaa susaaaaaaahh😭
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
Quote:


Wkwkwk emang iya susah beb. Aku aja gak lulus, padahal emak jago😅😅


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di