CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pakar Hukum: OJK yang Bikin PT Hanson dan Jiwasraya Merugi!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e69ae58dbf76465eb4c4db1/pakar-hukum-ojk-yang-bikin-pt-hanson-dan-jiwasraya-merugi

Pakar Hukum: OJK yang Bikin PT Hanson dan Jiwasraya Merugi!

Pakar Hukum: OJK yang Bikin PT Hanson dan Jiwasraya Merugi!
Jakarta, IDN Times - Komisaris PT. Hanson International Tbk (MYRX), Benny Tjokrosaputro, ikut terjerat dalam kasus dugaan skandal korupsi PT Asuransi Jiwasraya. Benny sebelumnya sempat mengklaim, Jiwasraya hanya menginvestasikan dua persen saham ke perusahaannya.

Menurut pakar hukum Ricky Vinando, kasus Jiwasraya bukan termasuk kasus korupsi. Dia menilai, kasus ini termasuk tindak pidana penggelapan penipuan dan pencucian uang oleh korporasi Jiwasraya dan direksi sebelumnya.

"Inilah yang harus dipidanakan. Bukan justru Benny Tjokrosaputro," katanya saat dihubungi IDN Times di Jakarta, Senin (9/3).

1. Saham PT Hanson semakin menurun akibat teguran OJK
Pakar Hukum: OJK yang Bikin PT Hanson dan Jiwasraya Merugi!
Ricky menerangkan, salah satu saham yang dibeli oleh Jiwasraya adalah saham milik PT Hanson. Pada tahun 2018, pergerakan saham Hanson sekitar Rp188-190 per lembar. Tahun 2016, saham Hanson turun sekitar Rp164 per lembar saham.

Selanjutnya, sepanjang September 2019, saham Hanson menetap diangka Rp98-100 per lembar. Kemudian pada Oktober 2019, sekitar Rp90 rupiah per lembar saham.

"Tiba-tiba turun menjadi hanya seharga Rp50 lembar per saham tak lama setelah ditegur OJK akibat Hanson kumpulkan MTN (medium term note). Itu faktanya," kata Ricky.

2. Ricky menilai, Jiwasraya tidak direncanakan untuk dibobol
Kejaksaan Agung (Kejagung) sempat menyatakan kasus Jiwasraya sudah direncanakan. Bahkan, Jiwasraya direncanakan untuk dibobol. Ricky pun membantah pernyataan tersebut. Menurut dia, tidak benar jika ada skenario membobol Jiwasraya melalui penggorengan saham atau manipulasi pasar.

"Saham gorengan itu misalnya harga Rp8.000 jadi Rp1.000 dalam tempo singkat. Misal, terus turun dalam kurun 2-3 minggu. Dan faktanya jadi Rp50 tak lama setelah OJK menegur Hanson," katanya.

"Semua terjadi karena OJK. OJK menegur Hanson yang mengumpulkan MTN dari masyarakat. Akibat teguran, saham jatuh. Nah, di sana kebetulan ada saham Jiwasraya pada Hanson," sambungnya.

3. Mengapa OJK mempersoalkan MTN Hanson ?
Ricky pun mempertanyakan mengapa OJK mempersoalkan MTN PT Hanson. Buntut teguran OJK pula, saham Hanson jatuh hingga disetop perdagangannya di Bursa Efek Indonesia (BEI).

OJK, kata Ricky, mempersoalkan MTN Hanson dengan alasan bukan bank. Padahal, semua perusahaan di Indonesia bahkan dunia, pernah menerbitkan MTN sebagai sarana menambah modal perusahaan.



4. Kasus Jiwasraya terkesan dipaksakan jadi kasus korupsi
Pakar Hukum: OJK yang Bikin PT Hanson dan Jiwasraya Merugi!
Ricky mengungkapkan, kasus Jiwasraya terkesan dipaksakan jadi kasus korupsi. Menurut calon pengacara ini, tidak ada konteks negara dirugikan.

"Di mana ceritanya negara bisa merugi? Itu saham yang dibeli Perusahaan Jiwasraya. Bukan pemegang saham Jiwasraya (dari negara) yang beli saham pada Hanson itu," katanya.

"Rusak kalau BUMN kita mengelola begini malah kesannya dibenarkan dan digiring jadi tipikor. Padahal itu tindak pidana penggelapan," katanya lagi.

Indikasi penipuan kuat dilakukan Jiwasraya selaku korporasi terlihat dari produk JS Saving Plan. Produk itu, kata dia, menjanjikan imbal hasil 9-13 persen. Namun, kini telah dihentikan atau tidak dijual lagi dengan alasan tidak ada dana untuk membayar imbal hasil yang jatuh tempo setiap tahun.

Hal itu menandakan bahwa Jiwasraya tidak kuat dari segi likuiditas dan solvabilitas. Seharusnya, ada kajian matang yang dilakukan.

"Jiwasraya selama ini melalui Dirut-nya Hexana Trisasongko sudah jujur. Likuiditas dan solvabilitas sangat bobrok, tapi kenapa berani menjual produk JS Saving Plan dengan imbal hasil setinggi tadi? Mana OJK? Kenapa sekarang seolah-olah lepas tangan? Nah inilah indikasi kuat tindak pidana penipuannya," ungkap dia.

Ricky kembali menegaskan, OJK lah penyebab turunnya harga saham di Hanson. Dia menuturkan, Benny Tjokro mau pun pihak swasta lainnya, tidak bisa diseret terkait kasus ini.

"Dan yang rugi semua pemegang saham Hanson. Jadi gak benar Hanson diuntungkan atau Benny diuntungkan," ucapnya.

5. Kejagung telah tetapkan enam tersangka terkait Jiwasraya
Kejagung telah menetapkan enam orang tersangka terkait kasus Jiwasraya. Mereka adalah eks Direktur Utama Jiwasraya Hendrisman Rahim, eks Kepala Divisi Investasi Jiwasraya Syahmirwan, dan Komisaris PT. Trada Alam Minera (TRAM) Heru Hidayat.

Kemudian, Komisaris PT Hanson International Tbk (MYRX) Benny Tjokrosaputro, dan eks Direktur Keuangan PT Jiwasraya Hary Prasetyo dan Direktur PT Maxima Integra Investama, Joko Hartono Tirto.

Untuk Benny Tjokro ditahan di Rutan KPK. Hendrisman Rahim di Rutan Guntur Pongdam Jaya, Heru Hidayat dan Joko Hartono di Rutan Salemba Cabang Kejagung. Lalu, Hary Prasetyo di Rutan Salemba Cabang Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Selatan, dan Syahmirwan di Rutan Cipinang.

Keenamnya ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan alat bukti yang mengacu pada Pasal 184 KUHAP. Mereka juga dijerat Pasal 2 ayat 1 dan Pasal 3 Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.



Sumber :
https://www.idntimes.com/news/indone...a-merugi/full
------------------------------------------------------------------------------------------------------
Analisa yang out of the box, tapi cukup masuk akal dan point yang cukup menggelitik adalah : 
kasus ini termasuk tindak pidana penggelapan penipuan dan pencucian uang oleh korporasi Jiwasraya dan direksi sebelumnya. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
apaadanya2000 dan 2 lainnya memberi reputasi
Tolong dijabarin ini mksdnye gimane ya, gwe ga ngerti.
Lihat 1 balasan
Oalaah..
selain itu yeh, coba di liat berapa tuh gaji n tunjangan karyawan n petinggi jiwasraya.

jangan2 udahlah kebobolan, gaji malah naik tiap tahun.
di gerogotin dari dalem kan bisa juga
Diubah oleh chisaa
ojk perlu dievaluasi kinerjanya
Sejak awal gw udah menduga bahwa yang paling bermasalah itu di OJK dan Direksi lama Jiwasraya..

Harusnya sesuai aturan dari BI dan AAJI produk asuransi berbasis unit link yang menawarkan fix income itu dilarang untuk dijual...
tapi entah mengapa ada beberapa perusahaan yang tadinya bukan perusahaan asuransi tiba-tiba menjadi perusahaan asuransi dan menjual varian produk bermasalah tersebut dan disetujui oleh OJK..

dan sekarang OJK hanya mampu plonga-plongo melihat perusahaan-perusahaan tersebut gagal bayar ke nasabah..



Siap2 bagi nasabah di perusahaan tersebut gigit jari dan nangis
profile-picture
chisaa memberi reputasi
Apakah ada yang menikmati keuntungan dari bobolnya jiwasraya?
Lha itu perusahaan nya Bentjok malah kepemilikan saham masyarakat sampai diatas 80 persen itu gimana? Emang nya ini perusahaan apa acara kerja bakti perayaan 17an Agustus? Wkwk
Lihat 1 balasan
Kemarin aset tersangka udh disita, nilai nya trilyunan. Mau korupsi atau pencucian uang, intinya tetap merugikan
Diubah oleh geo.hazard01
OJK ini sebenarnya lapor ke siapa ya? ke presiden? ke menkeu? kok ini badan mirip MUI, datang sendiri, notok duit ke semua perusahaan keuangan, lalu kerjanya juga gak ngapa2in. ada kasus gak ada yang berani negur.
Lihat 1 balasan
sengsarakan semua koruptor tanpa kecualiemoticon-I Love Indonesia
Itu sitaan dari direksi plus si tjokro ampe 11T denger dengeremoticon-Leh Uga
Orang OJK nggak ada yg tersangka?
Lihat 2 balasan
Quote:

definisi sebenernya dari "merugikan negara" tu ya itulah wkwk
Quote:

ojk itu mengawasi, trs ojk diawasi, entar yg ngawasin ojk ada yg ngawasin lagi, gak ada habisnya emoticon-Ngakak (S)
Quote:

Padahal gaji org OJK gilak, lebih tinggi dari BI
Quote:

Pasti ada lah
Quote:

mungkin krn tbk
Quote:


OJK kan mitra kerja dari DPR RI juga
Ricky Vinando?? Pakar Hukum??

emoticon-Wkwkwk

lah baru lulus dari FH Universitas Jayabaya Tahun 2018 kok dibilang pakar hukum....

emoticon-Wkwkwk

linkedin ricky vinando
buka gembok gocap baru fair, ngapain d tahan(d tutupin) klo emang saham jelek y jelek,


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di