CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Tech / Electronics /
Hati-Hati Buat Pengguna AC, Sedikit Manfaatnya Banyak Ruginya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e69a10068cc950db72cf954/hati-hati-buat-pengguna-ac-sedikit-manfaatnya-banyak-ruginya

Hati-Hati Buat Pengguna AC, Sedikit Manfaatnya Banyak Ruginya

Sejuk Ditubuh Tak Sejuk Dikesehatan
Jika di tahun 1980-an AC merupakan sebuah barang mewah, kini AC sudah dianggap sebagai barang elektronik yang wajib dimiliki. Tanpa AC, kita akan kegerahan saat melakukan aktivitas. Bahkan, ada yang tidak bisa tidur jika di kamarnya tidak dipasang AC.
Saat ini, keberadaan Air Conditioner (AC) telah menjadi kebutuhan yang tidak bisa ditawar lagi. Penggunaan AC pun tidak lagi hanya di satu tempat, tetapi hampir di seluruh tempat setiap orang melakukan aktivitasnya sehari-hari. Mulai dari ruang keluarga, kamar tidur, ruang kantor, hingga di dalam mobil.

Pengatur suhu udara ini dibutuhkan agar ruangan menjadi dingin serta memberikan kenyamanan saat berada dalam ruangan. Namun pada kenyataannya, seharian terkena pendingin ruangan bisa menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan.
Ditulisan ini, ItuPintar! akan membahas seputar bahaya penggunaan AC, apa saja? Simak ulasannya berikut.
1. Mudah Lelah

Dampak AC bagi kesehatan yang perlu diketahui adalah membuat tubuh lebih gampang mengalami lelah. Sadar atau tidak, hal ini seringkali terjadi karena kurangnya udara segar alami yang masuk ke dalam paru-paru. Bukan hanya kelelahan yang akan dirasakan, tapi juga beragam gangguan akan muncul seperti gangguan syaraf serta gejala mual yang disertai sakit kepala.

2. Leher Kaku dan Pegal

Jangan heran ketika terbangun di pagi hari setelah semalaman tidur di dalam kamar ber-AC, kamu mengalami leher tengeng. Lehermu akan terasa nyeri serta sulit untuk menoleh. Gangguan kesehatan yang juga disebut tortikolis ini salah satu dampak negatif penggunaan AC.  

3. Kulit Kering
Jika seharian berada di ruangan ber-AC, maka perlahan-lahan akan mengurangi kelembapan kulit. Selain itu, tubuh akan mengalami dehidrasi, sehingga dua hal ini akan memicu kekeringan pada kulit. Jika kulit telah mengalami kekeringan, produksi selaput lendir pun otomatis akan berkurang.

4. Menurunnya Sistem Imun
Kurangnya sirkulasi udara segar di dalam ruangan karena terus menerus menggunakan AC membuat  potensi penularan sumber-sumber infeksi seperti kuman, bakteri, dan virus menjadi lebih tinggi. Apabila di dalam sebuah ruangan ada yang mengalami sakit, besar kemungkinan orang lain akan tertular.
Hal ini berdampak pula terhadap sistem kekebalan tubuh yang mengalami penurunan karena kondisi udara sekitar yang terbilang lembap. Flu dan pilek merupakan salah satu contoh gangguan kesehatan yang bisa menyebar di dalam ruangan ber-AC akibat menurunnya sistem imun.
5. Meningkatkan Risiko Gangguan Saraf Wajah
Kelumpuhan wajah sebenarnya bukan karena udara dingin AC, melainkan infeksi virus dari udara yang dikeluarkan dari AC yang kotor. Gejala dari penyakit yang memiliki nama lain Bell’s Palsy ini antara lain adalah mulut miring, bicara pelo, fungsi pengecapan berkurang, dan mata terasa pedit saat terkena air.
Kasus tersebut memang jarang terjadi, namun meski hanya beberapa orang yang mengalaminya tetap saja kita harus berwaspada terhadap penggunaan AC yangn berlebihan.



#airconditioner #kesehatan #dampak #buruk
https://itupintar.blogspot.com/2020/...-sedikit.html


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di