CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Hobby / Photography /
5 Situs untuk Download Gambar Gratis Tanpa Copyright
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6995ba9a972e03306bccc0/5-situs-untuk-download-gambar-gratis-tanpa-copyright

5 Situs untuk Download Gambar Gratis Tanpa Copyright

5 Situs untuk Download Gambar Gratis Tanpa Copyright
Visual yang memukau memang selalu lebih bisa menarik pandangan orang yang melihat. Khusus untuk kamu, berikut ini kami berikan rekomendasi situs gambar gratis supaya konten yang kamu buat semakin menarik. Penggunaan gambar-gambar berkualitas tinggi dapat menjadi pilihan yang tepat untuk membuat konten kamu jadi lebih menarik.


Dengan kemajuan teknologi, kamu bisa dengan mudah mendapatkan gambar yang kamu inginkan dari internet. Namun, penggunaan gambar-gambar yang diambil dari internet seringkali terkendala dengan masalah Hak Cipta atau copyright.

Buat yang belum paham apa itu copyright, kamu bisa menengok pembahasan lengkapnya di artikel kami sebelumnya. Untuk itulah, supaya konten yang kamu buat tetap terlihat kece dengan gambar-gambar paripurna, tapi terhindar dari risiko copyright, kamu wajib memakai yang namanya gambar gratis bebas copyright. Berbagai gambar terbaik berkualitas tinggi untuk segala kondisi dan mood, bisa kamu peroleh lewat situs download gambar gratis berikut ini. Silakan disimak! 

Kenapa Kamu Harus Menggunakan Gambar Gratis? 
5 Situs untuk Download Gambar Gratis Tanpa Copyright
Tanda free (nihaoindo.com)


Segala hasil karya yang dibuat oleh seseorang dalam bentuk fisik akan secara otomatis mendapatkan Hak Cipta yang melindungi karya tersebut dari penyalahgunaan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Baik itu dalam bentuk karya musik, pentas drama, desain, hingga berupa gambar.

Kamu pasti sering dong melihat gambar yang digunakan dengan bebas di internet. Mulai dari tulisan, foto di poster, cover ebook, hingga ke thumbnail video YouTube sekalipun, tidak sedikit konten yang menggunakan foto bebas tanpa copyright loh.

Penggunaan gambar bebas Hak Cipta ini penting banget untuk diperhatikan karena kaitannya dengan legalitas suatu karya cipta. Konten yang dibuat menggunakan materi yang dilindungi oleh copyright bisa berpotensi untuk mendatangkan masalah di kemudian hari.

Masalah yang paling santer terdengar misalnya pemblokiran video di YouTube yang mengandung materi dengan Hak Cipta. Atau bahkan dalam kegiatan yang lebih resmi, seperti pembuatan poster atau post dengan tujuan komersial yang ditampilkan ke khalayak umum. 

Istilah-istilah yang wajib kamu ketahui 
5 Situs untuk Download Gambar Gratis Tanpa Copyright
Creative Commons (sumber: creativecommons.org)


Nah, agar terhindar dari masalah copyright, kamu mesti memahami terlebih dahulu beberapa istilah yang digunakan untuk menyebut karya bebas Hak Cipta yang umum digunakan di internet: 

- Royalty-Free: Pemanfaatan suatu karya intelektual bisa dilakukan tanpa perlu membayar biaya royalti atau lisensi.
- Creative Commons: Kamu bisa menggunakan gambar dengan gratis karena sang creator sudah melepaskan Hak Cipta karya buatannya. Tapi tetap harus dicek dulu terms and condition-nya sebelum kamu memakai yah!
- Public Domain: Kalau yang ini khusus untuk gambar yang dibuat di Amerika Serikat sebelum tahun 1923. Seluruh gambar tersebut telah menjadi milik publik dan bisa kamu gunakan, gandakan, atau bagikan sebebas-bebasnya.
- Attribution: Pemakaian gambar diperbolehkan selama mencantumkan sumber dan informasi sang pembuat.
- Commercial Law: Penggunaan gambar bebas royalti diperbolehkan untuk berbagai keperluan bisnis.
- Membership: Kamu harus daftar dulu nih untuk menjadi anggota dari situs tersebut untuk bisa mendapatkan gambar royalty-free yang tersedia. Beberapa situs juga biasanya akan menerapkan biaya pendaftaran.

Oke, setelah kamu mengetahui beragam istilah di atas, berikut kami berikan rewards berupa situs gambar gratis terbaik untuk dicoba. Mari disimak!


1. Pexels
5 Situs untuk Download Gambar Gratis Tanpa Copyright
Pexels (sumber: pexels.com)



Rekomendasi situs pertama untuk download gambar gratis adalah Pexels. Situs ini memiliki koleksi foto yang lengkap dengan berbagai pilihan kategori yang bisa kamu sesuaikan dengan keinginanmu. Kamu bisa mencari foto berdasarkan sesuatu yang spesifik seperti tema tertentu, emosi, dan lokasi. Hasil foto yang ditampilkan bukan hanya berasal dari situs Pexels sendiri, tapi juga dari beberapa situs gambar gratis lainnya. Nah, kerennya lagi, kamu juga bisa memasukan foto buatanmu ke Pexels, yang nantinya akan dipilih oleh kurator situs untuk ditampilkan di halaman pencarian berdasarkan kategori yang kamu kaitkan dengan fotomu. 



2. Pikwizard


5 Situs untuk Download Gambar Gratis Tanpa Copyright
Pikwizard (sumber: robingood.com)


Masih dalam daftar situs download gambar gratis, kami merekomendasikan Pikwizard. Di situs ini, kamu tidak akan menemukan foto orang dengan pose yang terkesan awkward atau aneh layaknya di beberapa situs penyedia gambar sejenis. Yang ada hanyalah koleksi foto terbaik dengan pose natural yang pastinya oke untuk kontenmu. Apalagi kalau kamu ingin mencari materi visual di kategori urban photography, Pikwizard adalah tempat yang paling tepat. Ada bagian yang ingin kamu ubah dari gambar? Tidak perlu ribet, Pikwizard sudah menyediakan link yang akan langsung mengantarmu menuju platform editing online. Asyik kan?


3. Unsplash 

5 Situs untuk Download Gambar Gratis Tanpa Copyright
Unsplash (sumber: dsgn.link)


Situs berikutnya yang selalu menjadi rujukan para pencari gambar gratis dengan kualitas profesional, Unsplash. Berbagai mahakarya fotografer terbaik bisa kamu peroleh secara gratis saat mengunjungi situs ini. Mencari gambar untuk kontenmu bisa dilakukan dengan mudah melalui search tool yang tersedia. Kalau kamu tidak waktu banyak untuk mengecek satu per satu gambar yang sesuai, cukup lihat bagian “Collections”. Seluruh foto telah dikelompokan oleh pengguna lain dalam kategori-kategori yang sesuai dengan tema tertentu seperti Light and Shadows, Street Life, atau Into The Wild.

4. Pixabay 

5 Situs untuk Download Gambar Gratis Tanpa Copyright
Pixabay (sumber: zapier.com)


Butuh materi visual ciamik untuk keperluan desain grafismu? Tapi maunya yang gratis dan tidak berbayar? Langsung saja berkunjung ke Pixabay. Situs ini punya semua yang kamu butuhkan untuk membuat konten-konten ciptaanmu tampil lebih okeTidak hanya foto semata, kamu bisa menemukan banyak pilihan ilustrasi, vektor grafis, bahkan video juga tersedia di sini. Khususnya jika kamu adalah seorang penggemar alam, koleksi fotografi landscape Pixabay pasti akan memanjakan matamu.


5. Gratisography 

5 Situs untuk Download Gambar Gratis Tanpa Copyright
Gratisography (sumber: probloghindi.com)


Bosan dengan foto gratis yang itu-itu saja? Orang-orang berjabat tangan di kantor, atau foto orang yang sedang berkumpul di alam terbuka, semuanya sudah sering muncul di internet. Mungkin kamu bisa mencoba sesuatu yang baru dengan koleksi karya Ryan McGuire di Gratisography. Ryan McGuire merupakan seorang fotografer sekaligus desainer grafis yang memiliki banyak hasil karya unik dan anti-mainstream yang bisa langsung kamu miliki secara cuma-cuma lewat Gratisography. Jadi gak ada yang namanya istilah bosan saat memakai gambar dari situs ini.

Menampilkan visual cantik yang berkualitas tinggi pastinya akan membuat setiap kontenmu jadi lebih menarik. Tanpa perlu merogoh dompet, cukup pilih dari koleksi gambar gratis di situs-situs rekomendasi kami di atas. Praktis kan?




Ikutan Pollingnya Disini Yuk


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di