CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
[Pengenalan Singkat] Cedera Mental, Kondisi Saat Batinmu Tidak Sedang Baik Baik Saja
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e697da1b84088588b5497ce/pengenalan-singkat-cedera-mental-kondisi-saat-batinmu-tidak-sedang-baik-baik-saja

[Pengenalan Singkat] Cedera Mental, Kondisi Saat Batinmu Tidak Sedang Baik Baik Saja

[Pengenalan Singkat] Cedera Mental, Kondisi Saat Batinmu Tidak Sedang Baik Baik Saja

Cedera tak cuma bisa dialami oleh otot namun juga mental, ya ... cedera mental. Apa itu? Semua orang pasti pernah mengalami kondisi dimana dirinya sedang tidak baik - baik saja. Cedera mental sangat berbeda dengan badmood. Cedera mental adalah kondisi dimana seseorang mengalami luka batin yang sulit hilang.

Faktor penyebabnya adalah kegagalan, hinaan, diremehkan maupun ekspektasi yang tak sesuai dengan kenyataan. Hal yang sangat umum adalah ketika kenyataan berbanding terbalik dengan keinginan, sehingga dia merasa gagal. Menganggap diri sendiri payah dan tidak layak lalu menimbulkan luka batin. Banyak dari kita lebih memilih untuk menyimpan rasa sakit hati di dalam diri, menguburnya dalam - dalam di "gudang jiwa" yang pada akhirnya berdampak buruk untuk diri sendiri. "Gudang jiwa" yang penuh dengan sampah itu bisa meledak dan malah mengacaukan hidup seseorang jika tidak ditangani dengan baik.



Luka batin yang tanpa disadari memancarkan energi negatif untuk orang yang mengalaminya sehingga orang lain disekitarnya ikut merasakan efeknya. Sebagai contoh, seorang gadis yang hampir saja mengalami kekerasan seksual oleh teman prianya, maka dia akan mengalami trauma dan luka batin yang amat dalam terhadap sosok lelaki. Hal ini membuat dia tidak mudah percaya begitu saja dengan pria, menutup diri dari hubungan romantis dengan lelaki serta memperlakukan setiap pria yang akan mendekatinya dengan kasar. Padahal pria yang mendekatinya tersebut tidak punya niat jahat. Disinilah letak dari efek luka batin seseorang yang dapat memberikan feedback buruk bagi orang di sekelilingnya.

Upaya untuk menyembuhkan luka batin sangat beragam mulai dari psikoterapi, curhat hingga latihan kesadaran nafas. Sebetulnya cara pertama yakni curhat juga harus berhati - hati dalam memilih orang yang bisa dicurhati. Jika salah pilih orang, bukannya luka batin itu akan mereda tetapi malah akan semakin parah. Indikator orang yang tepat untuk diajak saling bertukar pikiran dan melimpahkan seluruh uneg - uneg adalah seseorang yang memiliki persamaan pemahaman dengan kita. Karena kalau tidak sepaham, pasti ujung - ujungnya di sesi curhat si pendengar akan menyalahkan kita. Padahal sebetulnya kita hanya ingin didengar. Untuk cara melakukan latihan kesadaran nafas bisa dilihat di dalam video yang telah TS sematkan di atas.

Quote:


Sepertinya itu saja penjelasan singkat tentang cedera mental yang mungkin Agan pernah rasakan. Untuk saran dan kritiknya boleh banget ditulis di kolom komentar ya! Nanti akan ane jadikan masukan untuk pembuatan thread selanjutnya maupun memperbaiki thread yang tidak sempurna ini. Thank you!

Sumber referensi:
youtube.com/menjadi manusia

[Pengenalan Singkat] Cedera Mental, Kondisi Saat Batinmu Tidak Sedang Baik Baik Saja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
arifsyah.ma dan 19 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh adnanami
Halaman 1 dari 6
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan agungdar2494 memberi reputasi
Diubah oleh adnanami
baca juga thread bertema psikologi ane yang lain
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
linknya disini
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Ane bingits nih Sist... Sering cedera mental...
emoticon-Sorry
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Quote:


masak sih om ... ?
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan adolfsbasthian memberi reputasi
ada yang bilang aku insom karena punya luka batin ... tapi aku bingung luka batin yang mana ... aku insom sejak kuliah soalnya
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan masnukho memberi reputasi
orang yang anu itu apa masuk ke dalam cedera mental ya? tapi kok malah berusaha menguasai orang lain 😆
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan iissuwandi memberi reputasi
Quote:


Gegara sering di-bully Sist... emoticon-Frown
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Quote:


Bentar tak cek dulu 🤔
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Quote:

wah lama jg ya insomnya, tp heran lho ama situ. insom tahunan kok gak ngaruh ke wajah ya ? biasanya org kalo kurang tidur itu keliatan tua, ini malah awet muda ... emoticon-Big Grin
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Quote:
yaelah lu inget inget mulu si anu, lama lama jatuh cinta lu ama anu emoticon-Ngakak

Quote:


mmm ... emang pembullyan itu menyakitkan om, tapi buktikan saja kalo om lebih hebat drpd pembully om dulu. emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan adolfsbasthian memberi reputasi
Quote:


Uwiiiw... Ane sukak komeng enih...
emoticon-Kaskus Banget
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan adnanami memberi reputasi
Quote:


Aihhhh pagi2 udah diterbangin emoticon-Ngakak
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Quote:


Apaan yang mau di cek? emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan masnukho memberi reputasi
Quote:


malah sakit hati itu penyemangat terbesar utk berubah ... banyak org sukses krn awalnya dihina dan diremehkan
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
iam fine emoticon-thumbsup
profile-picture
adnanami memberi reputasi
Quote:


Kamu ga suka komen aku om adolf? emoticon-Turut Berdukaemoticon-Turut Berduka
Quote:


Luka batinnya emoticon-Cool
"Upaya untuk menyembuhkan luka batin sangat beragam mulai dari psikoterapi, curhat hingga latihan kesadaran nafas. Sebetulnya cara pertama yakni curhat juga harus berhati - hati dalam memilih orang yang bisa dicurhati. Jika salah pilih orang, bukannya luka batin itu akan mereda tetapi malah akan semakin parah".

jadi inget psikolog cabul yg viral kemarin.. emoticon-Matabelo
profile-picture
Smriwiing memberi reputasi
Lihat 1 balasan
semoga tdk terkena penyakit ini
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di