CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / REGIONAL / All / ... / Bengkulu /
[ COC Regional : Tempat WIsata ] Sensasi Arung Jeram & Villa Dayang Rengginang
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6937d4c8208428e84f5630/coc-regional--tempat-wisata--sensasi-arung-jeram--amp-villa-dayang-rengginang

[ COC Regional : Lokasi WIsata ] Sensasi Arung Jeram & Villa Dayang Rengginang

[ COC Regional : Tempat WIsata ] Sensasi Arung Jeram & Villa Dayang Rengginang GIF

Arung jeram merupakan kegiatan mengarungi jeram-jeram sungai yang sangat menantang. Rafting memiliki sejarah yang cukup panjang sejak abad ke-19 yang di pelopori John Macgregor seorang pramuka asal Amerika yang waktu itu memimpin sebuah ekspedisi di sungai Colorado. Perkembangan seiring waktu membawa olahraga arungj jeram ke Indonesia dan berkembang sampai saat ini.
Meskipun wisata Arung Jeram masuk olahraga ekstrem. Namun, agan diyakini mampu melawan tantangan aliran Sungai Ketahun, dengan jarak tempuh sejauh 14 km.
 [ COC Regional : Tempat WIsata ] Sensasi Arung Jeram & Villa Dayang Rengginang
Di Indonesia sendiri memiliki beberapa kota sebagai tempat arung jeram terbaik termasuk sungai, juga sungai Arus Ketahun yang terletak di Desa Talang Ratu Kabupaten Lebong. Sepanjang rute yang dilalui di wisata ini menawarkan keindahan panorama alam. Ada dua spot yang berkesan: Nangai Silai atau yang kini disebut green canyon-nya Lebong dan lintasan gua. Lintasan gua ini sebenarnya lintasan dengan pemandangan dimana pohon-pohon di puncak dinding tebing saling bertemu sehingga menutup langit.
 
Arung jeram menjadi magnet wisata baru di kabupaten Lebong yang bernuansa olahraga dan outbond cukup ramai dikunjungi para wisatawan baik lokal maupun nasional bahkan internasional. Selain itu, sering dikunjungi dan dijadikan salah satu pelatihan mental keberanian dan kebersamaan untuk para pekerja atau karyawan baik di sektor swasta maupun pemerintah.
 
Dilokasi start Arung Jeram. Para wisatawan bisa menginap dengan menyewa villa bernuansa rumah panggung khas suku Rejang. Disediakan sekitar 10 unit rumah panggung berukuran kecil cukup untuk satu keluarga. Disamping itu juga ditempat ini juga disediakan aula dan ruang rapat bagi yang akan mengadakan kegiatan atau acara bersifat formal seperti pelantikan atau rapat-rapat, maupun kegiatan informal seperti acara pesta perkimpoian atau lainnya. Nah seru kan, ada rencana agan melangsungkan resepsi nikahnya disini hehehe …..
 [ COC Regional : Tempat WIsata ] Sensasi Arung Jeram & Villa Dayang Rengginang
Menurut pemerhati Jeram, Sungai Ketahun dikategorikan grade 3 atau dengan kesulitan rendah, dengan kata lain sungai ini sangat aman untuk liburan keluarga  dan juga menawarkan pemandangan indah.
 
Ingat ya gan karena potensi kecelakaan sangat memungkinkan jadi wisata ini tidak berlaku untuk anak dibawah umur atau kurang dari usia 15 tahun.
 
Dari 36 daerah aliran sungai yang ada, Sungai Ketahun menjadi salah satu lokasi yang sudah disurvei oleh penggiat arung jeram. Pengarungan dilakukan pada sekira bulan Februari tahun 2015 lalu. Dimulai dari Desa Talang Donok, Kecamatan Topos dan finish di Desa Talang Ratu, Kecamatan Rimbo Pengadang. Rombongan lalu melanjutkan pengarungan yang melalui Kecamatan Lebong Selatan sampai Bingin Kuning. Durasi perjalanan mencapai lebih 2 jam atau lebih.
 [ COC Regional : Tempat WIsata ] Sensasi Arung Jeram & Villa Dayang Rengginang
Selain itu, agan bisa manfaatkan tempat wisata ini secara rombongan.  Seperti bersama keluarga, teman hingga rekan kerja kantor. Sebab,  satu perahu karet akan diisi oleh 6 orang penumpang serta satu orang Skipper (pemandu) yang telah bersertifikasi.
 
Perjalanan menggunakan perahu karet untuk Sungai Ketahun dimulai di kawasan Desa Talang Donok, Kecamatan Topos, dengan lokasi finish sesuai paket harga yang dipilih wisatawan.
 
Menikmati sejumlah jeram dan rintangan air level terendah sudah cukup untuk memacu adrenalin dan melepas penat. Bagaimana tidak, saat melintasi aliran sungai itu, agan akan disuguhi Air Puding dan bandrek dengan cangkir yang terbuat dari bambu. Tentu, akan menambahkan kenikmatan saat berwisata arung jeram ini kan.
 
Sepanjang rute yang dilalui, suguhan utama pengarungan ini adalah keindahan panorama alam. Ada dua spot yang berkesan: Nangai Silai atau yang kini disebut green canyon-nya Lebong dan lintasan gua. Lintasan gua ini sebenarnya lintasan dengan pemandangan dimana pohon-pohon di puncak dinding tebing saling bertemu sehingga menutup langit.
 [ COC Regional : Tempat WIsata ] Sensasi Arung Jeram & Villa Dayang Rengginang
Kedua spot tadi menjadi lokasi dimana pengarung menyempatkan diri foto bersama atau selfie-selfie. Bahkan karena jumlah peserta yang ramai, di antaranya malah menjadikan lokasi itu tempat saling siram sehingga suasana menjadi hingar dan gaduh. Kegirangan yang tiada tara melawan rasa dingin dan mungkin lapar yang menyertai agan nantinya.

Sepanjang rute yang dilalui, suguhan utama pengarungan ini adalah keindahan panorama alam. Ada dua spot yang berkesan: Nangai Silai atau yang kini disebut green canyon-nya Lebong dan lintasan gua. Lintasan gua ini sebenarnya lintasan dengan pemandangan dimana pohon-pohon di puncak dinding tebing saling bertemu sehingga menutup langit.
 
spot tadi menjadi lokasi dimana pengarung menyempatkan diri foto bersama. Bahkan karena jumlah peserta yang ramai, di antaranya malah menjadikan lokasi itu tempat saling siram sehingga suasana menjadi hingar dan gaduh. Kegirangan yang tiada tara melawan rasa dingin dan mungkin lapar yang menyertai mereka.
 
Pada jarak ratusan meter pertama wisatawan akan di sambut arus tenang dan pemandangan alam hingga aktivitas warga di sepanjang aliran sungai. Sedangkan, pada jarak 4 Km, agan akan mendapati pemandangan batu-batuan yang menyerupai Go’a serta menikmati kucuran Air Terjun. Tempat inilah yang menjadi pusat lokasi yang dimanfaatkan para wisatawan untuk mengabadikan sebuah gambar.
 
Tak hanya itu aja gan, di setiap penumpang berpeluang melihat jenis hewan yang datang dengan tiba-tiba dari dipinggiran sungai, ekstrim kan?. Seperti jenis hewan biawak, burung-burung hingga jenis hewan lainnya.
 
Menariknya lagi, setiap penumpang akan merasakan sensasi digoyang diatas perahu karet dengan tinggi jeram mencapai 30 cm hingga 1,5 meter. Bahkan setiap penumpang yang jatuh, akan menjadi bahan tertawaan dengan suasana cukup menyenangkan. Disinilah teriakan kencang dari para penumpang seolah-olah menunjukkan keseruan berwisata Arung Jeram.
 
Sebelum bertualang, agan juga akan diberikan asuransi (Jaminan) kecelakaan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Termasuk pelatihan gerakan aba-aba dari skipper, seperti gerakan mendayung hingga mengarahkan perahu selama mengarugi Sungai Ketahun.
 
ini merupakan Penggiat wisata Arung Jeram Lebong, setelah menikmati Jeram, para wisatawan juga diperkenankan untuk menikmati produk unggulan lainya, yakni memetik langsung Jeruk Gerga dari batang pohon disekitar lokasi finish, seru kan hehehe


- Sumber Referensi dan Google serta pemikiran pribadi

Terimakasih kiranya sudi mampir


 emoticon-Salaman

Diubah oleh pasarrakyat299


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di